Alat Ukur Panjang

Alat Ukur Panjang – Apa alat yang kalian gunakan untuk mengukur panjang suatu benda? Untuk mengukur benda dengan ketelitian sampai milimeter, kita bisa gunakan penggaris. Bagaimana cara mengukur ketebalan selembar kertas?

Penggunaan alat ukur panjang disesuaikan dengan benda yang hendak diukur panjangnya. Misal, untuk mengukur tinggi badan, kalian bisa gunakan meteran gulung. Sedangkan untuk mengukur ketebalan plastik, tentu sangat sulit kalau menggunakan mistar / penggaris, apalagi meteran gulung.

Berikut ini macam-macam alat ukur besaran panjang.

1. Meteran gulung (Rollmeter)
Sesuai namanya, meteran gulung. Panjangnya antara 25-50 meter, bahkan ada yang mencapai 50 meter. Meteran ini biasa digunakan oleh tukang bangunan, untuk mengukur panjang kayu, lebar jalan, dan sebagainya. Meteran ini dapat digunakan untuk mengukur panjang benda dengan ketelitian hingga 0,5 mm.

2. Penggaris (mistar)
Penggaris atau mistar merupakan alat ukur panjang dengan skala terkecil 1 mm dan ketelitian 0,5 mm. Penggaris biasa digunakan anak sekolah untuk membuat garis atau bangun ruang.

Dalam pengukuran menggunakan penggaris, ada hal yang perlu dilakukan supaya terhindar dari kesalahan penglihatan. Kedudukan mata yang tidak tepat dapat menyebabkan kesalahan pengukuran. Saat mengukur menggunakan pengaris, usahakan mata tegak lurus dengan skala yang hendak diukur.

3. Jangka sorong
Jangka sorong merupakan alat ukur panjang dengan ketelitian hingga 0,1 mm. Jangka sorong berguna untuk mengukur diameter, tebal, dan panjang suatu benda serta kedalaman lubang. Pada jangka sorong, ada yang disebut dengan rahang tetap dan rahang sorong.

4. Mikrometer sekrup
Untuk mengukur ketebalan benda yang tipis seperti seng, kertas, dan sebagainya, kita bisa gunakan mikrometer sekrup. Alat ukur ini memiliki ketelitian hingga 0,01 mm.

Ada dua jenis skala yang terdapat pada mikrometer sekrup, yaitu skala utama dan skala putar (skala nonius).

Itulah macam-macam alat ukur panjang yang digunakan untuk mengukur panjang, ketinggian, lebar, maupun ketebalan suatu benda. Alat ukur panjang dapat membantu manusia untuk melakukan pengukuran secara teliti.

referensi: BSE Fisika untuk SMA/MA Kelas X oleh Joko Sumarsono

Pertanyaan Tentang Alat Ukur Panjang
1. Rani ingin mengukur ketebalan kertas. Apa alat ukur yang tepat untuk Rani gunakan?
2. Sebutkan fungsi jangka sorong?
3. Apa yang dimaksud dengan kesalahan paralaks pada pengukuran menggunakan mistar?
4. Berapa panjang skala nonius pada jangka sorong?
5. Berapa ketelitian mikrometer sekrup?