Bacaan Doa Sebelum Belajar, Arab, Latin, dan Terjemahan

Tugas seorang pelajar adalah belajar. Namun, kegiatan belajar tak hanya dilakukan oleh pelajar saja. Dengan belajar, kita bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Dengan belajar, kita bisa memahami suatu hal. Dengan belajar pula, kita bisa melakukan suatu hal.

Bagi seorang muslim, belajar adalah sesuatu yang wajib, terutama belajar agama. Ilmu yang dipelajari tentu haruslah ilmu yang bermanfaat dan berisi kebaikan. Namun, terkadang ada ilmu yang sebenarnya baik tetapi disalahgunakan.

Umat Islam harus belajar agar mendapatkan ilmu. Agama tak cukup dengan iman, tapi juga ilmu. Tidak benar kalau saking giatnya ibadah, seseorang sholat Shubuh sampai empat rakaat, padahal dalam tuntunan sholat Shubuh hanya dua rakaat. Itu contoh kecil saja dari pentingnya belajar ilmu.

Doa Sebelum Belajar
Apa sih doa yang manjur yang dibaca sebelum belajar agar cepat paham? Apa sih doa yang ampuh dalam belajar untuk menghadapi UN supaya lulus?

Sebenarnya doa sebelum belajar bisa dengan bahasa Indonesia, karena Allah juga Maha Mengetahui. Lagipula pada hakekatnya doa adalah permohonan. Tinggal sebutkan keinginan apa yang ingin didapat dalam belajar, misalnya, agar tidak lupa materi, mudah paham, dan sebagainya. Menghafal doa dalam bahasa Arab bagus, tapi lebih bagus lagi jika tahu artinya.

Berikut lafadz doa sebelum belajar.

رَضِيْتُ باللّه رَبَّاً
RODLIITU BILLAAHIROBBAA
Aku ridho Allah sebagai Tuhanku,

وَبالإِسْلامِ دِيْناً
WABIL ISLAAMIDIINA
dan Islam sebagai agamaku

وبِمُحَمَّدٍ نَبِيَّاً وَرَسُوْلاً
WABIMUKHAMMADIN NABIYYAWWAROSUULAA
dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Utusan Allah.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
ROBBII ZIDNII ‘ILMAA
Ya Allah tambahkanlah aku ilmu

وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا
WARZUQNII FAHMAA
Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya

Doa sebelum belajar bukan cuma itu saja. Untuk lebih banyak lagi, silakan buka http://bukudoaku.blogspot.co.id/2008/06/doa-sebelum-belajar.html.

Demikian pembahasan tentang doa sebelum belajar. Dengan belajar, kita bisa tahu dan menguasai banyak hal. Alangkah indahnya jika menjadi orang yang beriman sekaligus berilmu. Agama harus didasari dengan ilmu. Dengan menguasai banyak ilmu, kita tahu berbagai hal. Tentunya ilmu yang berguna.