Cara Belajar agar Lulus UN (Ujian Nasional)

Apakah tahun 2017 tetap ada UN? Entahlah. Memang ada kabar kalau pelaksanaan UN akan dihapus. Usulan penghapusan UN ini telah diajukan, dan akan diganti dengan UASBN. Tapi, ini belum ada kejelasan apakah nanti tahun 2017 ada ujian nasional atau tidak.

Tapi, meskipun begitu, bagi adik-adik SMP maupun SMA, ada UN ataupun tidak, seharusnya tetap belajar. Masa sekolah tiga tahun, mau belajar kalau cuma mau UN doang?

Ujian Nasional telah lama diterapkan sebagai penentu kelulusan para murid. Kebijakan tentang UN berubah-ubah, nilai minimumnya juga berubah. Sampai akhirnya UN tak lagi dijadikan sebagai patokan kelulusan. Sampai tahun 2016 kebijakan ini masih diberlakukan.

Penghapusan UN 2017 belum pasti. Apapun itu, tetaplah belajar untuk memahami materi-materi yang diajarkan guru-guru kalian di sekolah.

Cara  Belajar agar Lulus UN (Ujian Nasional)
Berikut ini ada beberapa tips belajar untuk mempersiapkan ujian nasional.

1. Memperbanyak berlatih soal UN
Menjelang ujian nasional, kalian perlu memperbanyak mengerjakan latihan soal, terutama soal-soal tipe UN. Pelajari dan pahami soal UN yang sudah ada jawaban dan pembahasannya. Coba kerjakan berbagai tipe soal UN. Dulu pernah ada kebijakan dalam satu mapel ada 20 paket soal, pada tahun 2013. Nah, soal-soal itu bisa buat latihan.

Dari tahun ke tahun, soal-soal UN sebenarnya tak jauh beda. Jadi, untuk mempersiakan UN, kalian sebaiknya memperbanyak mengerjakan soal-soal tipe UN, baik soal prediksi, soal try out, maupun soal UN tahun-tahun sebelumnya.

2. Mengikuti pengayaan
Jelang UN, biasanya sekolah-sekolah mengadakan kegiatan pengayaan, berupa jam pelajaran tambahan yang khusus mempelajari materi dan soal seputar UN. Untuk itu, manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi biasanya murid diharuskan membayar biaya pengayaan.

3. Perhatikan saat jam pelajaran
Ketika pelajaran sedang berlangsung, usahakan untuk konsentrasi dan memperhatikan apa yang guru kalian ajarkan. Soal UN itu menyeluruh, bukan cuma satu tau dua bab saja, tetapi bab-bab yang sudah diajarkan di sekolah. Jika ada materi yang belum paham, tak ada salahnya untuk bertanya kepada guru kalian.

4. Belajar jauh-jauh hari
Baru belajar padahal UN tinggal menunggu besok adalah bukan cara yang efektif untuk mempersiapkan UN. Bagaimana bisa materi pelajaran selama tiga tahun dipelajari cuma semalaman?

Beberapa bulan sebelum UN seharusnya sudah bersiap diri berupa mempelajari materi baik yang belum paham maupun sudah paham, untuk memantapkan diri. Lebih bagus lagi kalau sudah dari semeter 1 kelas 3, atau bahkan mulai dari kelas 2, atau kelas 1 sudah mempersiapkan diri dengan rajin belajar, berusaha menguasai materi yang diajarkan oleh guru-guru kalian berbagai mata pelajaran.

5. Berdiskusi dengan teman
Teman-teman juga ingin lulus tentunya. Supaya lebih menyenangkan, coba belajar dengan teman-teman. Berlatih mengerjakan soal UN bersama teman-teman. Daripada berkumpul dengan teman cuma asyik dengan ponsel masing-masing, bukanlah lebih baik dimanfaatkan untuk belajar bersama?

Demikian beberapa tips agar lulus UN. Selain kelima tips di atas, yang tak kalah penting adalah berdoa. Tak lupa pula meminta dukungan dan doa dari kedua orang tua supaya kalian dipermudah dalam mengerjakan soal-soal UN.