Rumus Keliling dan Rumus Luas Persegi Panjang

Keliling dan luas bangun datar merupakan materi matematika yang sudah diajarkan di tingkat sekolah dasar. Siswa diajarkan berbagai macam bangun datar. Salah satu bangun datar yaitu persegi panjang. Kali ini kita bahas rumus keliling dan luas bangun persegi panjang.

Sebelum membahas rumus, ada baiknya kalian tahu terlebih dulu apa itu persegi panjang. Pada bangun datar ada yang disebut sisi. Sisi pada bangun datar bisa berupa garis lurus atau lingkungan. Pada persegi panjang, ada 4 sisi yang berupa garis lurus. Sisi-sisi persegi panjang terdiri dari dua pasang sisi yang sama panjang dan sejajar. Pasangan sisi yang lebih panjang dari sisi yang lainnya disebut panjang (p), sedangkan pasangan sisi yang lebih pendek disbut lebar (l).

Berikut ini gambar persegi panjang
persegi-panjang

Rumus Keliling Persegi Panjang
Setelah kalian mengetahui bangun persegi panjang, sekarang kita bahas cara mencari keliling persegi panjang. Konsep keliling adalah penjumlahan sisi-sisi bangun ruang. Pada persegi panjang, ada dua sisi panjang dan dua sisi lebar, sehingga keliling persegi panjang bisa dirumuskan sebagai berikut.

Keliling = panjang + panjang + lebar + lebar

Atau dapat disederhanakan menjadi:

Keliling = 2 x panjang + 2 x lebar

Dalam bentuk yang lebih sederhana lagi, berikut rumus keliling persegi panjang.

Keliling = 2 x (p + l)

Contoh:
Hitunglah keliling persegi panjang dengan panjang 12 cm dan lebar 8 cm!

Keliling = 2 x (12 + 8) = 2 x 20 = 40 cm

Rumus Luas Persegi Panjang
Berikutnya kita bahas cara mencari luas persegi panjang. Rumusnya sangat sederhana dan mudah dihafal. Luas persegi panjang dapat dihitung dengan mengalikan panjang dengan lebarnya.

Luas = panjang x lebar
L = p x l

Contoh:
Diketahui panjang sisi terpanjang persegi panjang adalah 16 cm, sedangkan panjang sisi terpendeknya adalah 9 cm. Hitunglah luas bangun tersebut?

L = 16 x 9 = 144 cm²

Contoh soal cerita tentang keliling dan luas persegi panjang
1. Sawah Pak Ru=i berbentuk persegi panjang. Tiap meter persegi pada sawah tersebut terdapat 25 tanaman padi. Jika panjang sawah Pak Ru=i 20 m dan lebarnya 12 m, berapa banyak tanaman padi yang ada di sawah tersebut?

Pada soal tersebut diketahui bahwa tiap meter persegi ada 25 tanaman padi. Yang ditanyakan adalah jumlah tanaman padi di sawah tersebut. Cara menghitungnya yaitu dengan mengalikan jumlah tanaman padi per meter persegi dikalikan dengan luas sawah. Untuk itu, kita hitung dulu luas sawah tersebut.

L = 20 x 15 = 300 m²

Jumlah tanaman padi = 25 x 300 = 7.500 tanaman

2. Taman Pak Hasan berbentuk persegi panjang. Setelah dihitung kelilingnya, ternyata keliling taman tersebut adalah 64 m. Jika panjang taman tersebut adalah 17 m, berapakah luasnya?

Untuk mencari luasnya, kita harus cari lebarnya terlebih dahulu. Pada soal, panjang dan keliling taman sudah diketahui, sehingga kita bisa cari lebar taman tersebut.

Kita gunakan rumus keliling persegi panjang terlebih dahulu.

Kel. = 2 x (p + l)
Kel./2 = p + l
64/2 = 17 + l
32 = 17 + l
l = 32 – 17 = 15 m

L = 17 x 15 = 255 m²

Demikian pembahasan tentang rumus keliling dan rumus luas persegi panjang.