Rumus Luas Bangun Datar

Sebelumnya Admin telah membahas berbagai rumus luas bangun datar, seperti segitiga, persegi panjang, lingkaran, dan sebagainya. Kali ini Admin sediakan rangkuman rumus luas bangun datar, mulai dari persegi sampai lingkaran.

Bangun datar merupakan bangun yang dibatasi oleh garis yang disebut sisi, baik berupa garis lurus maupun lengkungan. Jumlah minimal sisi pada bangun ruang adalah 1 sisi, misalnya pada bangun lingkaran.

Rumus Luas Bangun Datar

1. Persegi
Persegi atau diebut juga bujur sangkar memiliki sisi-sisi yang sama panjang. Luas persegi merupakan kuadrat dari sisinya.

Luas = sisi x sisi

2. Persegi Panjang
Pembahasan tentang persegi panjang lebih detail silakan baca di http://laelitm.com/rumus-keliling-dan-rumus-luas-persegi-panjang/.

Luas = panjang x lebar

3. Segitiga
Segitiga merupakan bangun datar tiga sisi, ada yang ketiga sisinya sama panjang, ada yang hanya kedua sisinya, ada yang memiliki dua sisi yang tegak lurus, ada juga yang tak teratur. Luas segitiga bisa dihitung dengan perkalian antara luas dan tingginya dibagi dua.

Luas = 1/2 x alas x tinggi

4. Trapesium (trapezoid)
Untuk menghitung luas trapesium, kita perlu tahu tingginya. Pada trapesium, tinggi merupakan jarak antara kedua sisi yang sejajar.

Luas = 1/2 x jumlah sisi sejajar x tinggi

5. Jajar genjang
Jajar genjang merupakan bangun segi empat dengan dua pasang sisi yang sejajar.

Luas = alas x tinggi

6. Belah ketupat
Belah ketupat merupakan jajar genjang yang keempat sisinya sama panjang. Luas belah ketupat bisa dicari dengan mengalikan diagonal-diagonalnya kemudian membaginya dengan 2.

Luas = 1/2 x diagonal1 x diagonal2

7. Layang-layang
Layang-layang meski bentuknya berbeda dengan belah ketupat, tapi memiliki rumus yang sama, seperti berikut.

Luas = 1/2 x diagonal 1 x diagonal 2

8. Lingkaran
Lingkaran merupakan jenis bangun datar yang sisinya terdiri dari lengkungan. Luas lingkaran merupakan perkalian antara kuadrat jari-jari dengan π.

Luas = πr²

Latihan soal tentang bangun datar
1. Sebuah ruangan memiliki ukuran 5 x 5 m. Jika kamar tersebut akan dipasangi ubin dengan ukuran 10 x 10 cm, berapa banyak ubin yang diperlukan?

2. Kamar Pak Tara berukuran 4 x 6 meter. Jika kamar tersebut akan dipasangi keramik 40 x 40 cm dan biaya pemasangan per 5 keramik adalaha Rp15.000, berapakah biaya yang diperlukan Pak Tara untuk pemasangan keramik di kamarnya?

3. Suatu segitiga sama kaki panjang alasnya 12 cm, sedangkan panjang sisi miringnya 10 cm. Hitunglah luas segitiga tersebut!

4. Sebuah jajar genjang memiliki alas 72 cm dan tinggi 47 cm. Hitunglah luasnya dalam meter persegi!

5. Diketahui keliling 1/8 lingkaran adalah 19,5 cm. Hitunglah luasnya!

Demikian rangkuman tentang rumus bangun ruang beserta latihan soalnya. Silakan kerjakan soal tersebut semampu kalian.