Rumus Luas Belah Ketupat dan Layang-layang

Masih tentang bangun ruang, kali ini Admin akan bahas rumus luas belah ketupat dan layang-layang. Bangunnya berbeda, tapi rumusnya sama, kok bisa?

Ketupat. Jadi ingat lebaran. Makan ketupat dengan opor ayam, mantap jiwa. Lho kok malah jadi bahas makanan. Padahal ini tentang bangun ruang ketupat.

Rumus Luas Belah Ketupat dan Layang-layang
Tentu kalian tahu dong apa itu ketupat. Ketupat biasanya dibuka dengan mengiris bagian tengahnya, baik secara vertikal maupun diagonal. Ada bangun datar yang dinamakan belah ketupat karena bentuknya mirip seperti itu.

Belah ketupat merupakan bangun segiempat dengan keempat sisi sama panjang. Belah ketupat berbeda dengan persegi. Pada belah ketupat, diagonalnya berpotongan dan tegak lurus. Sedangkan pada persegi, jika dibuat garis diagonal, maka diagonalnya miring dan menyilang.

Berikut ini gambar bangun datar belah ketupat.
bangun-datar-belah-ketupat

Sekarang kita bahas layang-layang. Kalian juga sudah tahu dong apa itu layang-layang. Pada layang-layang terdapat kerangka yang biasanya dibuat dari bambu. Pada bangun datar layang-layang, bentuk seperti kerangka layang-layang disebut diagonal.

Perbedaan antara layang-layang dengan belah ketupat adalah pada belah ketupat panjang keempat sisinya sama panjang, sedangkan panjang keempat sisi layang-layang tidak sama panjang.

Berikut ini gambar bangun datar layang-layang.
layang-layang

Rumus Luas Belah Ketupat

Luas = 1/2 x diagonal1 x diagonal2

Contoh soal
Hitunglah luas belah ketupat

Rumus Luas Layang-layang

L = 1/2 x diagonal1 x diagonal2

Contoh soal
Sebuah layang-layang panjang diagonal-diagonalnya adalah 24 cm dan 8 cm. Hitunglah luas layan-layang tersebut!

L = 1/2 x 24 x 8 = 96 cm²

Pembuktian rumus luas belah ketupat dan layang-layang bisa dilakukan dengan memotong bangun itu menjadi dua bagian, sehingga menjadi segitiga. Kalian tinggal hitung potongan bangun tadi menggunakan rumus segitiga, lalu cocokkan hasilnya dengan rumus di atas.

Untuk mencari panjang sisi, baik sisi belah ketupat maupun layang-layang, kalian bisa gunakan dalil Pythagoras. Dengan mengetahui sisi-sisinya, kalian bisa cari keliling belah ketupat dan layang-layang.

Demikian pembahasan tentang rumus luas belah ketupat dan rumus luas lingkaran. Jadi, bangun datar ini memiliki rumus luas yang sama, meski bentuknya berbeda.