1 Hektar Berapa Meter Persegi

Posted on

Berbicara mengenai satuan luas, pastinya sudah tak asing lagi dengan satuan hektar, karena satuan ini merupakan satuan yang cukup populer dan paling sering digunakan di Indonesia. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai satuan hektar dan menghitung 1 hektar berapa meter persegi ya?

Nah, mari kita simak penjelasan lebih lanjutnya.

Tapi sebelum berlanjut ke pembahasan berikutnya mengenai bagaimana cara mengubah 1 hektar ke satuan meter persegi dan sebaliknya, serta contoh soal yang disertai dengan jawabannya, mari simak dulu pengertiannya terlebih dahulu, agar lebih memudahkan anda untuk memahami materi yang dibahas kali ini.

 

Pengertian

Untuk menyatakan luas suatu wilayah atau bidang tanah, kita biasanya sering menggunakan satuan meter atau hektar untuk mengukurnya atau pun untuk menyatakan luasnya.

Misalnya saja jika kamu ingin mengukur sebidang tanah maka kamu bisa menggunakan satuan hektar. Meskipun sudah tak asing lagi dengan istilah hektar tapi masih banyak yang belum tahu jika hektar merupakan singkatan dari hekto are.

Satuan dasar dari hektare adalah are, satuan luas yang didefinisikan sebagai 100 meter persegi sementara hekto mempunyai arti 100 kali hingga konversi satu hektare ke dalam SI atau sistem internasional adalah:

1 ha = 1 hm² = 10.000 m²

 

Sementara itu masih banyak sekali yang belum mengetahui satu hektar itu ada berapa meter persegi, 1 hektar atau biasa disingkat dengan ha itu sebenarnya sama dengan 10.000 meter persegi atau biasa disingkat dengan m2.

Oleh sebab itu, untuk menyebutkan luas dari apapun yang bisa diukur luasnya, misalnya seperti tanah, luas bangunan, kolam hingga lapangan. Akan menggunakan satuan m2. Misalnya kamu bisa melihat jika ada sebidang tanah yang memiliki luas sekitar 10.000 m2. Luas tanah ini pun setara dengan 1 hektar.

Hektar sendiri juga menjadi salah satu ukuran besaran panjang yang juga biasa digunakan. Atau bahkan paling banyak digunakan untuk menyatakan luas bidang tanah. Misalnya saja adalah kebakaran hutan kemarin telah melahap sekitar 12 hektar lahan perkebunan kelapa sawit.

 

Satuan Are

Jadi kira-kira sudah tahu belum 1 are berapa meter atau m2? 1 are sendiri nilainya sama dengan 100 m2 loh. Biasanya satuan ini ditulis dengan menggunakan huruf a saja. Sehingga kamu bisa menulis 10 are menjadi 10 a. satuan are ini sendiri biasanya digunakan untuk menyatakan ukuran luas lahan atau bisa juga digunakan untuk menyatakan ukuran luas tanah.

 

Satuan Hektar

Sedangkan untuk satu hektar sendiri apakah kamu sudah tahu berapa nilainya jika diubah menjadi meter m2? Untuk satu hektar sendiri biasanya ditulis dengan menggunakan lambang ha.

Jadi 10 hektar dapat kamu tulis juga dengan cara 10 ha.

 

Bagaimana Cara Mencari Tahu 1 Hektar Berapa Are?

Untuk lebih mudahnya, 1 hektar memiliki nilai yang sama dengan 100 are.

1 hektar nilainya setara dengan 100 are.

 

Satuan Luas Berbasis Are

Hektar sendiri adalah sebuah satuan yang terdapat pada are.

Satuan Luas Yang Berbasis Are

 

ka  (kiloare)

ha  (ektaare)

daa (dekaare)

a  (are)

da  (desiare)

ca  (centiare)

ma  (miliare)

 

Nah, setelah mengetahui pengertian mengenai satuan hektar dan juga satuan meter persegi, kini anda bisa melihat contoh soal yang menghitung satuan hektar dan satuan meter persegi di bawah ini yang juga sudah dilengkapi dengan jawaban dan cara menyelesaikannya. Simak contoh soalnya di bawah ini.

 

Contoh Soal

1.) Paman memiliki sebuah kebun di belakang rumahnya. Kebun Paman ini memiliki tanah dengan luas luas kurang lebih sekitar 2,5 are. Coba kamu hitung berapa meter persegi (m2) luas kebun yang ada di belakang rumah Paman?

Jawab

 

Jika :1 are = 100 m2.

 

Penyelesaiannya

2,5 are = 2,5 x 100 m2

= 250 m2

 

Jadi luas kebun di belakang rumah paman adalah sekitar 250 m2.

 

2.) Jika ada sebuah sawah yang mempunyai bentuk persegi panjang dan memiliki panjang sekitar 400 meter dan juga lebar 200 meter.

Coba carilah berapa are luas dari sawah yang ada di atas!

Jawab

 

Jika : 1 are = 100 m2.

 

Penyelesaiannya

400 m x 200 m = 80.000 meter persegi

dikonversi ke are = 80.000:100 = 800 are.

 

Sehingga diketahui jika luas sawah tersebut jika di dalam satuan are adalah 800 are.

 

3.) Jika ada sebuah kebun mempunyai luas sekitar 2,5 hektar, jadi berapa meter persegi luas kebun tersebut?

Jawaban

Diketahui

1 hektar = 10.000 meter persegi

Penyelesaian

2,5 x 10.000 meter persegi = 25.000 meter persegi.

 

Sehingga diketahui luas kebun tersebut jika diubah menjadi satuan meter persegi adalah 25.000 meter persegi.

 

4.) Apabila ada sebuah lapangan basket yang mempunyai ukuran sekitar 100 m x 50 m maka berapakah luas lapangan basket tersebut?

Jawaban :

 

Jika : 1 hektar = 10.000 meter persegi.

 

Penyelesaiannya

Luas lapangan basket = 100 m x 50 m = 5000 meter persegi.

Di Konversi ke hektar = 5000:10.000 = 0,5 hektar.

 

Sehingga diketahui luas lapangan basket itu pada satuan hektar adalah 0,5 hektar.

 

Sudah tahu kan, berapa dan bagaimana penjelasan untuk mencari 1 hektar berapa meter persegi? Semoga dari penjelasan di atas bisa menambah ilmu pengetahuan kamu semua.

Artikel Lainnya: