1 Tahun Berapa Detik? Cara Menghitung Cepatnya

Posted on

1 Tahun Berapa Detik? Cara Menghitung Cepatnya

Laelitm.com – Jika ada yang bertanya 1 tahun ada berapa bulan? Atau 1 tahun ada berapa hari? Pastinya akan dengan mudah kamu bisa menjawab pertanyaan ini ya. Lalu bagaimana jika kamu diberikan pertanyaan 1 tahun berapa detik? Nah, kira – kira kamu bisa menjawab tidak ya! Karena untuk menjawabnya tentu kamu harus menghitungnya terlebih dahulu dan tentu saja butuh cara yang tidak mudah karena jumlah detik dalam satu tahun tentunya tidak sedikit.

Semua hal yang bisa diukur di dalam matematika bisa dinyatakan di dalam satuan, ada beberapa macam satuan yang salah satunya adalah satuan waktu. Di dalam pengkuran sebuah satuan waktu  ada beberapa alat yang bisa digunakan, contohnya saja seperti stopwatch yang dapat digunakan untuk mengukur waktu hingga kelipatan milidetik.

Selain itu pengukur waktu yang biasa digunakan sehari – hari adalah jam, pastinya kamu semua memiliki jam di rumah kan, baik jam dinding, jam tangan mau pun jam yang ada di ponsel kamu. Pada jam yang menggunakan penunjuk jarum jam, memiliki batas angka 12 padahal kenyataannya dala 1 hari ada 24 jam.

Di dalam skala yang lebih luas lagi terdapat kalender yang merupakan sebuah penanggalan di dalam setahun yang tak hanya memuat daftar bulan namun juga memuat daftar hari di dalam satu tahun. Sebelum beranjak ke pertanyaan utama yakni ada 1 tahun berapa detik? Ada baiknya jika kita membahas satuan yang lainnya yang dikonversi ke satuan tahun terlebih dahulu, penjelasannya ada di bawah ini.

1 Tahun Ada Berapa Minggu?

Di dalam satu tahun ada 12 bulan, walaupun di dalam matematika biasanya diasumsikan jika dalam satu bulan ada 30 hari namun pada kenyataannya tidak sepenuhnya benar, hal ini dikarenakan ada bulan yang memiliki jumlah hari 31, jumlah hari 28 dan bahkan ada yang hanya 29 hri di dalam tahun kabisat.

Lalu bagaimana cara untuk bisa menghitung jumlah minggu di dalam 1 tahun? Apabila did ala 1 bulan ada 4 minggu maka di dalam satu tahun ada 12 bulan sehingga bisa diartikan jika di dalam satu tahun ada 48 minggu. Caranya menghitungnya adalah dengan 4 x 12 = 48.

Meski hitungan tersebut dinyatakan benar tapi sebenarnya belum bisa dikatakan tepat, karena jumlah minggu dalam satu tahun dihitung berdasarkan jumlah hari yang ada di dalam satu tahun yakni 365 hari kecuali pada tahun kabisat yakni 366 hari. Maka 365 dibagi 7 yang merupakan jumlah hari dalam satu minggu dan hasilnya adalah 52 minggu lebih 1 hari.

Maka bisa dikatakan jika 1 tahun ada 52 minggu.

1 Tahun Ada Berapa Hari?

Di dalam kalender masehi 1 tahun terdapat 365 ¼ hari akan tetapi di dalam kalender hanya ada 365 hari saja lalu pada tahun kabisat ditambakan 1 hari pada bulan februari.

Maka dari itu dalam 1 tahun ada 365 hari.

1 Tahun Ada Berapa Jam?

Untuk menghitung berapa jam dalam 1 tahun bisa menggunakan perhitungan 1 tahun ada 365 hari yang kemudian akan dihitung dengan cara seperti ini :

1 hari = 24 jam

Maka 1 tahun = 24 x 365 = 8.760 jam

Sehingga bisa ditentukan jika dalam  1 tahun ada 8.760 jam.

1 tahun Ada Berapa Menit?

Nah, lalu dalam 1 tahun ada berapa menit ya jika dalam 1 tahun sudah ditentukan ada 8.760 jam, sehingga untuk menghitung ada berapa menit dalam satu tahun bisa menggunakan perhitungan di bawah ini :

1 tahun = 60 x 8.760 = 525.600 menit

Maka bisa ditentukan jika dalam 1 tahun ada 525.600 menit

1 Tahun Ada Berapa Detik?

Setelah dapat menghitung jumlah menit di dalam satu tahun maka kita akan dengan sangat mudah mencari tahu 1 tahun ada berapa detik dengan menggunakan cara sebagai berikut ini :

Maka 1 tahun = 60 x 525.600 = 31.536.000 detik

Sehingga bisa ditentukan jika  di dalam 1 tahun ada 31.536.000 detik.

Maka 1 tahun ada 31.536.000 detik.

Apabila sudah mengetahui caranya maka akan sangat mudah bukan untuk menghitung 1 tahun ada berapa detik? Nah, dengan mudah – mudahan bisa memberikan ilmu pengetahuan baru bagi anda semua.

Artikel Lainnya :