1 Ton Berapa Kg Dan Berapa Kwintal

Posted on

1 Ton Berapa Kg Dan Berapa Kwintal

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai satuan berat, ton, kilogram dan kwintal. 1 ton berapa kg? 1 ton berapa kwintal? Dan sebaliknya. Pastinya anda sering sekali mendapatkan pertanyaan ini. Baik pada saat masih sekolah atau pun sekarang setelah tidak sekolah. Materi satuan berat memang telah dipelajari sejak duduk di banku sekolah dasar hingga perguruan tinggi, akan tetapi pengetahuan ini juga akan berguna setelah tidak bersekolah lagi. Satuan berat akan tetap anda temukan di kehidupan sehari – hari, baik secara langsung atau pun secara tidak langsung.

Untuk itu artikel ini akan memberikan penjelasan mengai pengertian, gambar dan juga contoh soal beserta dengan cara untuk menghitung ton ke kg dan kwintal untuk mempermudah pehamanan anda dan memberikan ilmu pengetahuan baru yang tentunya berguna untuk kehidupan anda sehari – hari.

Namun sebelum kita memulai untuk membahas materi ini lebih lanjut, sebaiknya kita ketahui dulu pengertian satuan kilogram yang sangat mudah anda temukan di kehidupan sehari – hari.

Satuan kilogram sendiri digunakan dalam menghitung berbagai macam benda yang biasa dihitung satuan beratnya, sebut saja seperti beras, gula dan bahan pokok lainnya hingga barang lain yang juga bisa diukur dengan satuan berat seperti kain dan baju. Berikut ini adalah pengertian dari satuan kilogram.

Pengertian Kilogram

Kilogram atau yang biasa disebut dengan kg dalam penyebutan dan penulisannya adalah satuan unit SI atau satuan internasional untuk massa atau berat suatu benda yang bisa dihitung beratnya. 1 gram didefinisikan sebagai 1/1000 kilogram dan kilogram sendiri biasanya didefinisikan sama pada massa dari sebuah kilogram standar yang bisanya disimpan di Sevres, Perancis. Massa kilogram atau kg ini sendiri secara standar nyaris mirip dengan massa 1 liter air.

Di dalam penggunaan sehari – hari, massa dari sebuah benda akan disamakan dengan berat meski pun sebenarnya pada kenyataannya keduanya merupakan hal yang berbeda sama sekali, apabila dilihat dari nilai dan juga konsepnya. Di dalam konteks sains, massa merujuk pada banyaknya jumlah atau pun partikel yang ada di dalam suatu objek akan tetapi berat merujuk pada gaya yang dialami oleh suatu benda dikarenakan adanya gaya gravitasi. Sebuah objek yang memiliki massa 1 kilogram atau 1 kg maka akan mempunyai berat sekitar 9.78 newton dan 9.83 newton. Hal ini tergantung dari gravitasi yang ada pada tempat tersebut.

Itulah penjelasan mengenai pengertian kilogram, lalu bagaimana cara menghitung 1  ton ke kilogram atau kwintal dan sebaliknya? Untuk menghitungnya tentu saja kita membutuhkan sebuah rumus. Maka dari itu kami telah menyiapkan rumus kilogram yang bisa digunakan untuk menghitung 1 Ton Berapa Kg Dan Berapa Kwintal dan sebalinya. Berikut ini adalah penjelasan rumusnya.

Rumus Kilogram

Satuan berat pada Sistem Internasional atau yang biasa disingkat dengan SI yang begitu amat sangat populer adalah gram dan kilogram atau biasa disebut dengan kg. satuan gram dan kilogram ini sendiri biasanya digunakan untuk menyatakan bobot sebuah benda yang relatif tak terlalu berat.

Sementara untuk benda – benda yang lebih berat biasanya sering menggunakan satuan berat ton atau juga bisa menggunakans satuan berat kwintal. Satuan berat ton sendiri adalah satuan resmi untuk berat yang digunakan secara SI atau satuan Internasional sementara satuan kwintal ini sendiri hanya populer dipergunakan di Negara Indonesia.

Untuk barang – barang yang menggunakan satuan berat atau bisa dinyatakan beratnya dalam satuan kwintal adalah:

  1. Produk pertanian seperti gabah, jagung, kedelai, buah dan produk pertanian yang lainnya.
  2. Barang yang berada di dalam kemasan untuk mempermudah diangkut seperti contohnya karton, peti, karung, galong, kaleng dan tong.
  3. Barang – barang yang biasa dijual dalam satuan berat seperti pupuk, pakan ternak, garam, semen, cat dan gula.
  4. Hewan ternak seperti kambing, sapi, kerbau dan juga kuda.
  5. Bahan – bahan yang memiliki densitas atau massa jenis yang tinggi misalnya saja baja, batu dan juga besi.

Sementara untuk beberapa barang yang biasa dinyatakan sebagai berat dalam ton antara lain sebagai berikut:

  1. Alat – alat bermesin seperti mobil, pesawat, kapal dan alat berat lainnya seperti mesin.
  2. Wadah atau pun kemasan besar seperti peti kemas, tangki kontainer dan tongkang.
  3. Benda yang bisanya diangkut dalam jumlah besar seperti pasir, batubara, tanah, sampah, air dan kerikil.
  4. Bahan – bahan yang memiliki densitas atau massa jenis yang tinggi seperti batu, baja dan juga besi.

Contoh Soal :

1. Apabila berat sebuah benda adalah 2,45 ton, lalu bagaimana jika diubah menjadi kg?

Jawaban:

Jika diketahui bahwa 1 ton = 1.000 kg

Jadi 2,45 ton = 2,45 x 1.000 kg = 2.450 kg

2.Apabila pasir yang dimuat pada mobil dengan berat sekitar 7.250 kg. Lalu berapa ton kah pasir tersebut?

Jawaban :

Jika diketahui bahwa 1 kg = 0,001 ton

Jadi 7250 kg = 7250 x 0,001 ton = 7,250 ton

Artikel Lainnya: