Biodata Diri – Pengertian Beserta Contoh Yang Menarik

Posted on

Biodata Diri – Pengertian Beserta Contoh Yang Menarik

Biodata diri adalah dokumen pribadi yang memberikan keterangan mengenai data pribadi yang akurat. Biodata diri di butuhkan dalam berbagai hal biasanya dalam hal melamar pekerjaan. Dengan adanya biodata diri sendiri perusahaan akan mampu mengenali identitas asli kita dan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan agar kita  bisa diterima di perusahaan yang kita lamar.

Akan tetapi contoh biodata sendiri sebenarnya bukan hanya digunakan untuk kepentingan pekerjaan saja tapi juga bisa digunakan untuk para siswa seperti contoh biodata diri juga sangat penting bagi siswa untuk menunjukkan dirinya, karena biasanya biodata ini juga diletakkan pada formulir pendaftaran tertentu yang memiliki tujuan untuk dapat memperjelas identitas para pendaftar yang datang untuk mendaftar, seperti pendaftaran sekolah, kuliah atau pendaftaran untuk masuk sebuah organisasi.

Maka dari itu dalam menyusun biodata diri ini sendiri ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan agar dapat memberikan identitas diri yang benar dan akurat sehingga tidak dibuat secara sembarangan karena biodata memang tak bisa dibuat dengan sembarangan atau diisi seenak hati. Untuk itu ada cara sendiri yang harus dilakukan pada saat mengisis biodata diri agar identitas yang diberikan asli sehingga bisa memuluskan langkah dalam mendaftarkan diri untuk berbagai kepentingan.

Untuk itu apabila anda masih belum tahu bagaimana cara membuat biodata ada baiknya anda mempelajari dan melihat beberapa contoh dari biodata yang telah disediakan oleh artikel ini. Hal ini bisa meminimalisir kesalahan pada saat pengisian atau penulisan bidata.

Akan tetapi sebelum berlanjut ke contoh biodata yang ada di bawah, sebelumnya anda harus mengetahui apa saja yang harus diperhatikan pada saat penulisan biodata atau pun pengisian formulir biodata. Karena di dalam menulis biodata sendiri ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan karena ada beberapa cara yang harus anda penuhi dalam pembuatan biodata. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib anda perhatikan pada saat menulis biodata.

  1. Pemakaian Bahasa

Ketika sedang membuat biodata diri pertama yang perlu di perhatikan ialah pemakaian  bahasa atau pemilihan kata. Karena umumnya biodata diri di gunakan untuk kegiatan yang formal dan nasional karna yang membaca nantinya bukan hanya dari daerah kita sendiri tapi dari luar kota ataupun luar pulau  oleh karena itu bahasa atau kata-kata yang dipakai pun harus baku dan mudah di pahami seperti menggunakan bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa nasional.

  1. Pemilihan Font

Untuk membuat biodata diri sebaiknya pilih jenis font yang tidak berlebihan sehingga bisa menampilkan biodata ini terlihat lebih berlebihan. Hal ini dikarenakan ada beberapa macam jenis font yang akan bisa membuat biodata anda terlihat dan terkesan tidak formal. Ada beberapa tipe font yang pas dalam pembuatan biodata diri. Apa saja jenis-jenis font yang cocok kalian pakai itu? Diantaranya ialah arial, calibri, cambria dan masih ada beberapa jenis lainnya. Sementara jenis-jenis font yang tidak pas atau tidak cocok untuk kalian pakai dalam pembuatan biodata diri ini ialah seperti monotype corsiva, ravie, comic dan masih banyak jenis-jenis font lainnya. Ketika hendak membuat data biodata diri ini kalian cukup menggunakan ukuran font sedang yakni 11-12, Karan dengan ukuran 11-12 sudah cukup bagus untuk dibaca oleh orang lain.

  1. Susunan/Struktur Biodata Diri

Kenapa susunan atau struktur biodata juga harus sangat diperhatikan sekali karena nantinya supaya biodata diri yang kita buat akan benar sesuai susunan. Selain itu pastikan juga  untuk mengurutkan susunan-susunan atau pun struktur dari data diri yang bisa dimulai dari hal yang sangat penting hingga menunjuk ke data-data yang lebih luas lagi. Selain dari itu, kerapihan  pada tulisan juga harus di perhatikan. Misalkan dimulai dari garis pinggir, penggunaan tab ataupun penggunaan titik dan juga koma.

Berikut dibawah ini susunan  atau struktur untuk membuat biodata diri yang baik :

1.Nama

  1. Tempat dan tanggal lahir
  2. Alamat
  3. Jenis kelamin
  4. Agama
  5. Kewarganegaraan
  6. Pendidikan
  7. No telfon

 

Contoh biodata diri :

Biodata Diri Data Pribadi

Nama                           : Faranggi Eva Lutvika

Jenis Kelamin              :Perempuan

Tempat/ Tgl Lahir      : Banyuwangi, 1 April 1995

Status                            : Single

Alamat                          : Jalan Melati No 05

No. Telp                       : 085224670914

Agama                          : Islam

Pendidikan

1999-2000  : TK Pertiwi Banyuwangi

2000-2006 : SDN Polisi 5 Banyuwangi

2006-2009 : SMPN 2 Rogojampi

2009-2012 : SMA N Giri Banyuwangi

2012-2017 : Universitas PGRI Banyuwangi

Kualifikasi

Kemampuan    : Mengerti MS Word,Ms Excel,dan mengenai komputer.

Mengerti          : Akuntasi

Kemampuan    : Mengelola Data Keuangan

Pengalaman Kerja

Agustus 2017 – November 2017        : Perusahaan Pengiriman Jasa Internasional

Desember 2017 – April 2018              : Perusahaan Jasa Perjalanan

Juni 2018 – 2019                                  : Asisten Penulis Profesional

Personality

Seseorang yang: Mau belajar, penyuka tantangan, suka mempelajari sesuatu yang baru, pekerja keras, pendiam, tidak suka bergaul dan keramaian, lebih suka menghabiskan waktu dengan menulis atau membaca buku.

Data Keluarga

Nama Ayah               : Achmad Ansori

Nama Ibu                  : Karmita

Pekerjaan Ayah        : Pengusaha Jasa Pengiriman

Pekerjaan Ibu            : Ibu Rumah Tangga

Alamat                       : Jln kebon sari RT 8 RW 2 Banyuwangi

 

Itulah tadi pengertian tentang biodata diri, semoga bisa menjadi referensi bagi yang mau membuat biodata diri, terutama bagi yang mau membuat biodata diri untuk melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di materi pembelajaran yang selanjutnya.

 

Artikel Lainnya: