Cara Cepat Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Disertai Contoh Soal

Posted on

Cara Cepat Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Disertai Contoh Soal

Laelit.com – Setiap orang pasti pernah menghitung persen yang biasa disebut dengan persentase, baik pada saat masih di bangku sekolah atau pun setelah sudah tidak lagi bersekolah. Ya, karena memang persentase ini sangat dekat dengan kehidupan sehari – hari kita. Nah, apakah anda sudah tahu jika ada cara cepat menghitung persen tanpa kalkulator?

Memang untuk menghitung persen bisa menggunakan kalkulator, akan tetapi penggunaan kalkulator ini sendiri tidak diperbolehkan di sekolah sehingga para siswa harus tetap menghitungnya dengan menggunakan cara biasa atau cara manual. Karena sebenarnya cara untuk menghitung persentase cukup mudah akan tetapi memang masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana caranya, untuk itulah artikel ini akan memberikan cara untuk menghitung persen tanpa menggunakan kalkulator. Selain juga akan diberikan contoh soal yang bisa dijadikan untuk latihan.

Menghitung persen dengan menggunakan kalkulator memang akan lebih mudah tapi alangkah lebih baik jika kita mengetahui bagaimana cara menghitung persentase dengan benar tanpa membutuhkan bantuan kalkuloator. Terutama bagi para pelajar yang memang harus menguasai materi ini agar dapat menyelesaikan materi pembelajaran dengan mudah.

Selain itu dibanding menggunakan kalkulator jika mengetahui bagaimana cara menghitung persentase secara manual bisa membantu untuk mengasah kemampuan anda dalam menyelesaikan masalah dan mengasah otak anda agar terus aktif dan berpikir. Apalagi anda tak akan selalu membawa kalkulator kemana saja, bagaimana jika anda sedang berada di sebuah mall dan melihat barang idaman anda sedang memberikan diskon sebanyak 30%, maka anda tak perlu lagi bingung mencari kalkulator bukan, karena anda bisa langsung menghitungnya sendiri.

Persentase sendiri ditandai dengan menggunakan simbol % yang secara umum digunakan baik di dalam komputer atau ditulis secara langsung. Bahkan simbol ini bisa ditemukan dengan mudah di keyboard komputer, smartphone dan lain sebagainya.

Persen sendiri memiliki beberapa variasi dalam perhitungannya mulai dari bagaimana cara mencari diskon dari sebuah benda dan mengetahui jumlah asli dari barang tersebut sehingga hingga saat masih masih saja banyak orang yang tidak tahu bahka kebingungan pada saat menghitung persen.

Maka dari itu kami telah menyiapkan cara cepat untuk menghitung persen tanpa menggunakan bantuan dari kalkulator dengan memberikan contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal

Ayah memiliki bebek sebanyak 9000 dan telah dia jual pada bulan ini sebanyak 25% dari jumlah bebeknya. Maka berapakah jumlah bebek yang sudah Ayah jual?

Penyelesaian

Untuk mengetahui jumlah dari persentasenya adalah dengan mengubah 25% menjadi 25/100.

Atau bisa bisa dengan cara mengalikan 25/100 dengan jumlah yang diinginkan.

Maka penyelesainnya adalah sebagai berikut :

25% dari 9000

9000*25/100 =

225000/100=2250

Sehingga bisa diketahui jika jumlah bebek yang sudah Ayah jual adalah sebanyak 2250 ekor bebek.

Akan tetapi pada saat menyelesaikan soal ini kita mengalami masalah dengan jumlah yang terlalu besar sehingga sangat tidak mungkin jika kita bisa menghitungnya secara mudah tanpa menggunakan kalkulator, seperti judul artikel ini yang akan memberikan cara menghitung persentase tanpa bantuan kalkulator, maka dari itu untuk menghitungnya ada sebuah tips yang bisa anda gunakan, yakni dengan cara mengubah 25% menjadi ¼ sehingga anda bisa lebih mudah untuk menghitungya. Berikut ini caranya.

Coba tentukan 25% dari 9000

Maka 9000/4 = 2250

Sama kan hasilnya dengan menggunakan cara yang di atas. jika diskonnya diubah pun misalnya menjadi 50% maka anda bisa mengubah 50% menjadi ½. Maka bisa dihitung dengan cara seperti berikut ini.

Coba tentukan tentukan 50% dari 9000

Maka 9000/2=4500

Sehingga hasilnya adalah 4500

 

Ternyata cukup mudah kan, menghitung persentase tanpa menggunaka kalkulator. Jika selama ini kita bergantung pada keberadaan kalkulator sekarang sudah saatnya bagi anda untuk mencoba cara cepat menghitung persen tanpa kalkulator yang caranya sangat lah mudah untuk diingat serta dipraktekkan di rumah. Maka mulai sekarang tinggalkan kalkulator dan gunakan cara di atas untuk menghitung persentase khususnya bagi anda yang masih merupakan seorang pejajar.

Artikel Lainnya :