Cara Menghitung Skala Peta, Rumus Jarak Sebenarnya

Posted on

Menghitung Skala Peta

Cara Menghitung Skala Peta

LaeliTM.com – Cara Menghitung Skala Peta, Rumus Jarak Sebenarnya – Berkembangan ilmu pengetahuan begitu pesat. Dulu orang memanfaatkan peta untuk menjelajah ke suatu wilayah.

Kini sudah ada peta digital seperti Google Maps yang lebih canggih, yang membuat kita bisa mengetahui jarak suatu wilayah tanpa harus mengetahui skala peta terlebih dulu.

Meskipun begitu, keberadaan peta konvensional masih diperlukan. Peta berguna untuk melihat gambaran permukaan bumi. Jarak antara suatu wilayah ke wilayah lain pada peta mewakili jarak yang sesungguhnya dengan perbandingan tertentu. Perbandingan inilah yang disebut skala.

Untuk mengetahui jarak dari titik satu ke titik lainnya melalui peta, kita harus tahu skala peta. Misal, suatu peta memiliki skala 1 : 300.000, ini berarti jarak 1 cm pada peta mewakili jarak 300.000 cm (3 km).

 

Jarak Sebenarnya

Jarak sebenarnya atau jarak aktual merupakan jarak di dalam peta yang ada pada suatu lokasi dan ada di antara negara dengan negara lain. Daerah dengan wilayah lain atau kota satu dengan kot lain dalam lokasi yang berbeda.

Contohnya, seperti Negara Indonesia yang berada di Benua Asia dan memiliki jarak dari negara Amerika yang ada di Benua Eropa. Seperti Kota Denpasar yang ada di Provinsi Bali, memiliki jarak yang cukup lumayan dari kota Surabaya yang ada di Jawa Timur.

 

Skala Peta

Skala peta merupakan rasio atau pun sejumlah perbandingan di antara jarak pada suatu negara ke negara lain. Atau bisa juga dari suatu daerah ke daerah lain dan dari satu kota ke kota lain yang ada di permukaan bumi.

 

Jarak Pada Peta

Jarak antara satu wilayah ke wilayah lain, dari satu daerah ke daerah lain atau dari satu kota ke kota lain bisa ditunjukkan dengan menggunakan peta. Sebagai perwakilan dari suatu jarak aktual yang ada di atas permukaan bumi.

 

Rumus Menentukan Jarak Sebenarnya

Untuk rumus menentukan jarak aktual pada saat skala dan jarak dapat diketahui pada peta. Akan tetapi jarak yang sebenarnya adalah sebuah unit standar “KM” mau pun kilometer.

Rumus menentukan jarak sebenarnya adalah di bawah ini :

JB = JP : S

 

Penjelasan :

JB Jarak Sebenarnya
JP Jarak Peta
S Skala

 

 

Menentukan Skala Peta

Untuk menentukan sebuah jarak aktual pada saat skala dan juga jaraknya diketahui di dalam peta. Namun jarak sebenarnya adalah sebuah unit standar KM atau kilometer.

Cara menghitung skala peta bisa menggunakan rumus di bawah ini :

S = JP : JB

 

Penjelasan :

S Skala
JP Jarak Peta
JB Jarak Sebenarnya

 

 

Menentukan Jarak Peta

Untuk menentukan jarak pada tema jika diketahui jarak aktual dan skala aktualnya, harus diingat kembali jika satuan standar untuk jarak ialah KM. Dan jika jarak sebenarnya ialah dalam bentuk CM. Kecuali jika jarak pada peta ditentukan oleh unit lainnya seperti MM.

Cara menghitung jarak pada sebuah peta bisa menggunakan rumus di bawah ini :

JP = S x JB

 

Penjelasan :

JP Jarak Peta
S Skala
JB Jarak Sebenarnya

 

 

Contoh Soal Skala Peta

Untuk lebih jelasnya kami juga sudah menyediakan contoh soal menghitung skala peta di bawah ini :

Contoh Soal 1

Jika jarak kota Denpasar ke Kota Banyuwangi di dalam sebuah peta ialah 15 cm. Sementara skala peta yang digunakan adalah 1 : 2.500.000 cm. Maka hitungah berpa km jarak antara kota Denpasar dan kota Banyuwangi yang sebenarnya!

Jika jarak sebenarnya = 15 : 1/2.500.000

Maka = 15 x 2.500.000

= 37.500.000 cm

= 375 km

Jadi jarak antara kota Denpasar dan kota Banyuwangi adalah sekitar 375 km.

 

Contoh Soal 2

Terdapat sebuah Kota yang biasa disebut dengan kota M dan kota N memiliki jarak sekitar 100 km. Apabila jarak yang ada di peta ialah 10 cm, maka coba hitung berapa skala peta tersebut?

Jika diketahui:

JS = 100 km

= 10.000.000 cm

JP = 10 cm

 

Jawaban :

S = JP : JS

= 10 : 10.000.000

= 1 : 1.000.000

Maka bisa diketahui jika skala peta nya adalah 1 : 1.000.000

 

Contoh Soal 3

Terdapat sebuah kota yakni kota Y dan kota Z, kedua kota ini memiliki jarak sekitar 250 km. Coba hitung berpakah jarang di antara kota Y dan kota Z jika dibuat di dalam peta dengan skala 1 : 10.000.000?

Jawaban :

JS = 250 km = 25.000.000 cm

S = 1 : 10.000.000

Maka JS = … ?

 

S = JP : JS

JP = S x JS

JP = 1/10.000.000 x 25.000.000

JP = 2,5 cm

Dari sini dapat dilihat jika jarak kota Y dan kota Z jika dibuat di dalam peta berskala 1 : 10.000.000 ialah sebesar 2,5 cm.

 

Contoh soal di atas mengakhiri pembahasan kali ini mengenai Cara Menghitung Skala Peta, Rumus Jarak Sebenarnya yang pastinya cukup mudah untuk dipelajari. Apalagi setelah membaca ulasan ini, semoga bermanfaat bagi sahabat belajar semua ya. Sampai jumpa.

Baca Artikel lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *