Contoh Kalimat Homonim – Pengertian dan Penjelasannya

Posted on

Contoh Kalimat Homonim – Pada kesempatan kali ini kami akan menerangakan mengenai materi pengertian dan penjelasan kalimat homonim, untuk lebih jelasnya mari kita simak sebagai berikut

Pengertian Kalimat Homonim

Kalimat Homonim
Kalimat Homonim

Kalimat Homonim Dalam perbincangan sehari-hari, Sering kita mendengar kata yang bisa saja diartikan berbeda dan keluar dari konteks perbincangan. Contohnya kata “bisa”, kemungkinan dari kita akan berasumsi apakah ini berarti sebuah kata kerja dengan makna mampu ataukah racun berbahaya yang ada pada hewan.

Tak hanya dalam percakapan saja, tak jarang kita mendapati tulisan dengan ejaan serta penulisan yang sama tetapi maknanya berbeda. Yang terjadi pada kata-kata tersebut termasuk dalam Homonim.

Apa itu Kalimat Homonim?

Selain halnya homonim, masih beragam jenis varian kata yang diantaranya homograf dan homofon. Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah homonim yang mana dalam rumus bahasa Indonesia, homonim dapat di terjemahkan sebagai kumpulan kata yang memunyai arti yang berbeda namun dituliskan serta dilafalkan dengan cara yang sama.

Sedangkan arti dalam suatu kata homonim akan sangat bergantung pada kalimat atau konteksnya. Maka oleh sebab itu, kita tidak bisa sembarang memaknai kata homonim itu sebelum mengetahui satu kalimat utuh atau mengetahui konteks komunikasinya.

Contoh Kalimat Homonim

Untuk mempermudah dalam mengerti kata homonim, sebagai berikut ada beberapa contoh penggunaannya dalam 1 kalimat sekaligus disertai penjelasan singkat;

Genting

Dalam keadaan yang tengah genting itu, banyak genting rumah warga yang rusak oleh lemparan massa.

Kata genting yang pertama memiliki makna suatu keadaan yang sangat krusial sedangkan kata genting yang kedua berarti bagian atap rumah yang berbahan tanah liat.

Bulan

Bulan akan mengambil posisi sejajar terhadap matahari dan bumi di bulan April.

Kata bulan yang pertama adalah benda langit yang memiliki orbit bumi sebagai porosnya, sedangkan bulan yang kedua adalah nama satuan waktu.

Hak

Tiap wanita punya hak yang setara untuk mengenakan sepatu hak tinggi.

Kata hak yang pertama memiliki pengertian suatu hal dimiliki oleh seseorang sementara hak kedua berarti sebuah bagian dari sepatu.

Bisa

Bisa kalajengking itu bisa membuat seseorang hilang kesadaran penuh hingga dapat meregang nyawa.

Yang dimaksud kata bisa yang pertama adalah cairan beracun yang berasal dari hewan, sedangkan kata bisa yang kedua artinya kemampuan melakukan suatu hal.

Rapat

Sebelum rapat itu akan dimulai, mereka menutup semua pintu aula dengan rapat.

Kata rapat yang pertama memiliki arti suatu pertemuan sedangkan kata rapat yang kedua artinya suatu keadaan tanpa celah.

kali

Sebenarnya semua tim sudah menelusurii kali itu hingga berulang-kali, akan tetapi jasad bocah malang itu belum juga ditemukan.

Kata kali dapat di artikan sebuah sungai kecil sementara kata kali berikutnya dalam berulang-kali bermakna suatu perbuatan yang diulang-ulang. Selain itu ada juga kali yang dapat di artikan suatu operasi bilangan dalam ilmu matematika.

Salam

Ia mendengar seseorang yang mengucapkan salam saat sedang memilih daun salam di dapur.

Kata salam berarti suatu sapaan oleh seseorang, kata salam berikutnya ialah jenis bumbu dapur.

Gelar

Tikar ia gelar demi menyambut tamu yang memiliki gelar jawara kampung itu.

Kata gelar pada kalimat di atas yang berarti membuka gulungan sedangkan kata gelar berikutnya bermakna status yang diberikan pada seseorang.

Jarak

Demi mendapat hasil panen yang maksimal, penanaman jarak perlu di sesuaikan dengan jarak kurang lebih 1 meter diantara tiap pohon.

Kata jarak pertama dimaknai sebagai jenis pohon yang dapat menghasilkan minyak, dan kata jarak selanjutnya bermakan sebuah spasi atau jeda pemisah.

Buku

Dalam buku yang sudah saya baca, di terangkan bahwa tubuh serangga terdiri atas sejumlah buku.

Sejumlah kertas yang kemudian dijilid adalah makna dari kata buku yang pertama, sedangkan kata buku yang kedua bermakna pertemuan antara 2 ruas.

Muka

Muka Andri terkena bola kaki hingga memar

Nanda berpidato muka umum

Kali

Agus menyeberang kali menggunakan sampan, dan hampir beberapa kali ia terpeleset.

Selang

Beberapa waktu lalu ayah telah membeli 5 selang sebagai saluran air di rumah, selang beberapa hari, selang tersebut sudah bocor kembali.

Palu

Pak tukang membeli palu di kota Palu.

Contoh Kalimat Homonim Lainnya

Dibawah ini ada beberapa contoh kalimat homonim lainnya yang dapat anda pelajari:

  1. Alas (Dasar & Hutan)
    Kita harus menggunakan alas kaki sebelum kita memaasuki hutan (alas) yang sangat lebat.
  2. Salam (Bumbu Masakan & Ucapan)
    Salam adalah salah satu bumbu masakan yang sangat khas, sementara salam dapat merupakan suatu sapaan terhadap seseorang keteika mereka saling bertemu atau saling berhadapan.
  3. Layar (Tampilan & Bagian dari perahu tradisional)
    Layar yang terdapat di peragu tradisional merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah prahu, begitupun layar pada HP Android yang merupakan bagian vital dari sebuah smartphone.
  4. Training (Latihan & Celana Panjang)
    Ketika sedang menjalani training tentang pelatihan mengemudi, kami diharuskan untuk mengenakan celana training.
  5. Kompleks (Perumahan & Rumit)
    Menyusuri jalanan kompleks perumahan daerah memang sangat membingungkan, hal ini dikarenakan jalanan yang ada begitu kompleks dan banyak tikungan.
  6. Garing (Kering & Tidak lucu)
    Sambil makan kerupuk yang garing, ada salah satu teman yang mengeluarkan sebuah lelucon namun terkesan garing karena tidak ada yang tertawa
  7. Busa (Gelembung dari air & Bahan Kasur)
    Busa yang terdapat di dalam kasur akan mengeluarkan banyak busa ketika sedang di cuci.
  8. Semi (Tumbuh kembali & hampir/setengah)
    Tumbuhan itu telah kembali semi ketika musim menginjak semi penghujan.
  9. Kursi (Jabatan & Tempat duduk)
    Para pejabat negara memperebutkan kursi jabatan, seperti halnya murid TK yang berebut kursi duduk.

Demikian penjelasan materi mengenai kalimat homonim ini kami rangkum semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya

Artikel Lainnya: