Contoh Kalimat Past Continuous Tense Disertai Rumusnya

Posted on

Contoh Kalimat Past Continuous Tense Disertai Rumusnya

Past Continuous Tense – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai past continous tense, mulai dari pengertian lengkapnya, rumus hingga contoh kalimat yang disertai dengan artinya. Tidak usah berlama lagi, mari kita bahas apa itu past continous tense di bawah ini.

Pengertian Past Continuous Tense

Past continous tense atau bisa juga disebut dengan pas progressive tense merupakan suatu bentuk kata kerja yang bisa digunakan untuk dapat menyatakan jika suatu aksi atau aktivitas tengah berlangsung pada waktu tertentu di masa lampau. Aksi tersebut sudah dimulai akan tetapi masih belum diselesaikan hingga saat ini.

Rumus Past Continuous Tense

Past continous tense sendiri dibentuk dengan menggunakan auxiliary verb “be”, berupa was atau bisa juga menggunakan were, hal ini dikarenakan past tense atau yang terjadi di masa lampau dan juga present participle. Was ini sendiri digunakan untuk singular subject berupa singular noun seperti contohnya: Andi, book dan cart serta singular pronoun seperti contohnya I, she, he dan juga it. Akan tetapi you tidak termasuk. Sebaliknya were yang adalah plural verb ini bisa digunakan pada plural subject seperti plural noun, contohnya cats, people, book dan juga plural pronoun seperti you, they, we dan juga cats dan you.

Tense ini sendiri umumnya hanya bisa terjadi pada aksi berupa dynamic verb atau tidak stativ verb, hal ini dikarenakan secara umum hanya dynamic verb yang mempunyai bentuk continous.

Tense ini umumnya hanya terjadi pada aksi berupa dynamic verb, tidak stative verb karena secara umum hanya dynamic verb yang memiliki bentuk continuous.

 

Rumus Past Continous Tense

Berikut ini merupakan rumus dari past continous tense untuk sebuah kalimat positif, negtif dan juga interogatif.

Rumus Past Continuous Tense

Kalimat positif (+)

S + be (was/were) + present participle (-ing)

Contoh Kalimat:

He was sleeping

The people were waiting

 

Kalimat negatif (-):

S + be (was/were) + not + present participle (-ing)

Contoh kalimat:

He wasn’t sleeping

The people weren’t waiting

 

Kalimat interogatif (?):

be (was/were) + S + present participle (-ing)?

Contoh kalimat

Was he sleeping

Were the people waiting

 

Fungsi Kalimat Past Continuous Tense

  1. Past continous tense memiliki fungsi untuk mengindikasikan suatu aksi yang terjadi selama momen tertentu pada masa lampau, time expression atau keterangan waktu yang bisa digunakan adalah: at this time, at 5 am this morning, all day yesterday, in February.
  2. Fungsi yang kedua adalah untuk menunjukkan jika ada aksi berdurasi pendek (simple past tense) yang terjadi pada saat suatu aksi berdurasi panjang (past continous tense) tengah berlangsung. Subordinate conjunction while dan when bisa digunakan dengan formulasi seperti di bawah ini:

“simple past tense + while + past continuous tense”

  1. Fungsi ketiga past continous tense digunakan untuk membicarakan sesuatu yang tengah terjadi secara berulang-ulang. Interval kejadiannya acak akan tetapi sesungguhnya merupakan kebiasaan alami. Tense ini sendiri terkadang bisa digunakan untuk mengkritik suatu aksi yang tengah dilakukan.
  2. Past continous tense digunakan dengan menggunakan verb yang menunjukkan perubahan atau change atau bisa juga untuk menunjukkan perkembangan growth seperti: grow (up), improve, go, change

 

Contoh Kalimat Past Continous Tense Beserta Dengan Artinya:

I was shopping at this time yesterday, (Saya sedang belanja pada jam ini kemarin.)

What was she doing at 5 am this morning? (Apa yang sedang dia lakukan jam 5 pagi ini?)

They were roasting corn at this time last night (Mereka sedang membakar jagung pada jam ini kemarin malam.)

I was doing physically exercises all day yesterday (Saya sedang melakukan latihan-latihan fisik sepanjang hari kemarin.)

In February she was working as a waitress in a well-known restaurant (Di bulan Februari dia bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran terkenal.)

The door was knocked while I was reading a book (Pintu diketuk ketika saya sedang membaca buku.)

My mother was cleaning the carpet when I got home (Ibu saya sedang membersihkan karpet ketika saya tiba di rumah.)

She was sleeping when you called her (Dia sedang tidur ketika kamu meneleponnya.)

I was repeatedly checking things (Saya dulu berulang kali memeriksa sesuatu.)

The girl was always yelling out loud (Anak itu selalu menjerit keras-keras.)

My neighbor was always chasing stray cats off with his broom (Tetangga saya selalu mengusir kucing-kucing liar dengan sapunya.)

His hair was going so thin (Rambutnya menjadi sangat tipis.)

My life was changing rapidly (Hidup saya berubah dengan cepat.)

 

Demikian ulasan mengenai past continous tense yang membahas mulai dari pengertiannya, rumusnya hingga contoh kalimat yang disertai dengan artinya secara lengkap. Semoga dari materi ini bisa menambah ilmu pengetahuan anda dan pemahaman anda dalam berbahasa inggris. Sampai jumpa di pembahasan yang berikutnya.

 

Artikel Lainnya: