Contoh Narasi – Penjelasan Secara Lengkap

Posted on

Contoh Narasi – Penjelasan Secara Lengkap

Contoh Narasi – Pastinya kamu pernah kan, mendengar istilah narasi atau bahkan sering dibuat kesulitan pada saat diminta untuk membuat kalimat narasi pada saat di sekolah. Tak perlu bingung, karena kali ini kita akan membahas mengenai kalimat narasi dan bagaimana cara membuatnya khusus untuk kamu semuan. Tapi sebelum itu, kita cari tahu dulu yuh, apa itu narasi?

Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf atau kalimat narasi adalah paragraf yang menceritakan mengenai terjadinya sebuah peristiwa yang sedang berlangsung berdasarkan kronologi mau pun urutan waktu.

Kejadian yang disampaikan di dalam paragraf ini dapat berupa cerita nyata atau pun non fiksi dan bisa juga hanya merupakan kisah khayalan atau pun fiksi.

Paragraf narasi dibuat untuk membuat pembaca agar seolah – olah bisa mengalami sendiri peristiwa yang tengah di bahas di dalam kalimat tersebut. Karangan narasi sendiri sering sekali muncul dalam beberapa bentuk karangan seperti cerpen, novel, biografi dan roman.

Selain itu tujuan pembuatan kalimat narasi adalah untuk memberikan informasi dan memperluas pengetahuan serta memberikan pengalaman estetis pada pembaca.

Ciri-Ciri Paragraf Narasi

Secara umum karangan narasi memiliki ciri ciri seperti di bawah ini :

  1. Memiliki unsur unsur utama yang terdapat di dalamnya seperti alur atau plot, konflik dan latar.
  2. Biasanya menggunakan sudut pandang penulis.
  3. Sering membahas mengenai pengalaman dari penulis.
  4. Memiliki unsur rangkaian waktu dan informasi di dalamnya.
  5. Menonjolkan unsur tindakan dan juga perbuatan.
  6. Memiliki latar belakang suasana dan juga waktu.
  7. Memiliki tokoh dan juga perwatakan yang tergambar dengan jelas.
  8. Menggunakan urutan waktu serta tempat yang saling berhubungan.

Jenis Paragraf Narasi

Karangan narasi sendiri dibagi menjadi dua jenis yakni narasi sugestif dan narasi ekspositoris. Berikut ini jenis jenis karangan narasi dan penjelasannya :

  1. Paragraf Narasi Sugestif

Adalah sebuah karangan yang menggambarkan mengenai rangkaian peristiwa yang tersusun sedemikian rupa untuk dapat merangsang khayalan pembaca mengenai peristiwa yang disajikan tersebut.

Tujuan utama dari karangan ini adalah untuk memberikan makna dari sebuah kejadian sebagai suatu pengalaman. Karangan jenis ini bisanya digunakan pula untuk menjelaskan sebuah proses atau rangkaian peristiwa.

Contoh paragraf narasi sugestif :

Aku sedang menunggu di pinggir jalan ketika dia datang dari arah utara sambil lari tergesa – gesa, aku tahu dia risau karena telat menjemputku yang seharusnya sudah datang 10 menit yang lalu. Begitu sampai dia tak langsung mengatakan sesuatu akan tetapi dia tak mampu membuka suara karena nafasnya habis karena lari. Aku memperhatikan bajunya basah karena keringat bahkan dia tak berhenti mengusap peluh di dahinya.

  1. Paragraf Narasi Ekspositoris

Adalah sebuah karangan yang berisi rangkaian tindakan guna disampaikan secara informative agar dapat membuat pembaca dapat memahami peristiwa yang terjadi secara tepat.

Tujuan dari karangan ini adalah untuk menyampaikan sebuah informasi tentang kejadian yang sedang terjadi sehingga membuat pengetahuan pembaca menjadi semakin bertambah.

Contoh paragraf narasi ekspositoris :

Beternak bebek ternyata tak sesulit yang dibayangkan terutama oleh oleh peternak yang baru saja berniat untuk berternak bebek, langkah pertama yang dilakukan untuk beternak bebek adalah dengan membuat kandang ayam yang sesuai, kemudian membeli bebek yang masih kecil untuk kemudian diletakkan di dalam kandang dan memberi makan bebek bebek dengan pakan yang sesuai lalu merawatnya agar tidak terkena penyakit berbahaya.

Contoh Singkat Paragraf Narasi

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah contoh dari karangan narasi yang bersifat fiksi.

Warga kampung sini sangat menyukai olahraga, mulai dari anak anak, remaja, dewasa hingga orang tua akan berkumpul di lapangan untuk berolahraga bersama setiap minggu pagi. Ada yang jogging bersama, naik sepeda, senam, bermain bola, bermain tenis meja hingga bermain catur bersama. Namun di antara semua orang tersebut ada salah satu pemuda yang tak terlalu suka berolahraga dan hanya memilih untuk duduk duduk saja di pinggir lapangan sambil bermain bersama rumput yang bergoyang. Sejak pagi hingga tengah hari hanya rumput saya yang menemani.

 

Semoga dengan contoh narasi yang ada di atas bisa memberikan pengetahuan lebih bagi kamu yang masih bingung bagaimana caranya membuat kalimat narasi.

Artikel Lainnya :