Contoh Paragraf Deskripsi – Penjelasan Secara Lengkap

Posted on

Contoh Paragraf Deskripsi – Penjelasan Secara Lengkap

Laelitm.com – Sebelum memberikan contoh paragraf deskripsi, tentunya kamu sudah tahu dong, apa itu Paragraf Deskripsi. Jika kamu belum tahu, kamu juga tak perlu bingung ya, karena kita akan membahas mengenai Paragraf Deskripsi ini mulai dari pengertian, jenis jenis Paragraf Deskripsi hingga contohnya lengkap untuk kamu semua.

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi merupakan sebuah karangan yang dibuat oleh penulis dengan tujuan untuk menjelaskan suatu objek yang tersusun di bagian tulisan yang dapat dirasakan oleh panca indra dari manusia sehingga bisa dirasakan oleh pembaca seolah apa yang diceritakan adalah nyata dan bisa dirasakan.

Pada saat menuliskan Paragraf Deskripsi penulis akan memberikan penjelasan pada objek atau pun pengamatan yang telah dilihatnya secara jelas, biasanya penulis akan memberikan gambaran secara rinci mengenai apa yang sedang dirasakan, dialami atau dilalui oleh penulis sehingga pembaca akan bisa merasakan apa yang sedang penulis atau tokoh di dalam Paragraf Deskripsi ini sedang rasakan.

Paragraf Deskripsi sendiri memiliki tujuan untuk membuat pembaca menjadi yakin dan seolah olah sedang menemukan objek yang tengah diceritakan oleh penulis pada saat membaca Paragraf Deskripsi yang dibuatnya.

Jenis – Jenis Paragraf Deskripsi

Mungkin selam ini masih belum banyak yang tahu jika Paragraf Deskripsi memiliki beberapa jenis, dan apa saja jenisnya? Berikut ini adalah jenis jenis dari Paragraf Deskripsi lengkap dengan penjelasannya :

  1. Deskripsi Objektif

Merupakan sebuah Paragraf Deskripsi yang diambil dari kisah nyata yang benar benar terjadi, di mana penulis yang menyampaikannya tidak akan memberikan kesan mau pun nasihat pada pembaca.

  1. Deskripsi Subjektif

Merupakan Paragraf Deskripsi yang dicuplik dari hasil yang diperoleh oleh pikiran si pengarang dan Paragraf Deskripsi jenis ini akan memberikan kesan kesan atau nasihat yang sudah dirangkum oleh penulis bagi pembacanya.

  1. Deskripsi Spasial

Merupakan sebuah Paragraf Deskripsi yang dibuat dengan tujuan tersendiri. Paragraf Deskripsi jenis ini biasanya diterangkan secara merinci oleh pengarangnya dan juga di isi dengan beberapa kesan dan nasihat dari pengarang bagi pembaca.

Cara Membuat Paragraf Deskripsi

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat Paragraf Deskripsi, sebenarnya caranya sendiri cukup sederhana dan mudah, nah berikut ini adalah cara membuat Paragraf Deskripsi bagi kamu yang masih kesulitan dalam membuat Paragraf Deskripsi.

  1. Menentukan objek atau sasaran yang akan dijelaskan dalam Paragraf Deskripsi yang akan kamu buat.
  2. Menentukan jenis Paragraf Deskripsi apa yang akan kamu buat.
  3. Membuat judul yang menarik.
  4. Menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dipahami.
  5. Membuat Paragraf Deskripsi yang sangat penting sehingga mudah untuk dimengerti oleh pembaca.

Contoh Paragraf Deskripsi

Musim panas sudah tiba, beberapa pantai dan wisata khas musim panas lainnya menjadi salah satu tujuan utama banyak warga. Salah satunya seperti pantai Pulau Merah. Namanya unik seunik pantainya. Dinamakan pantai Pulau Merah karena warna pasir dari pantai ini yang benar benar merah, terutama pada musim panas seperti sekarang ini. Teriknya matahari akan menyinari lautan pasir yang membentang luas sehingga seolah bercahaya kemerah – merahan yang akan mencolok mata.

Selain itu daun daun di sekitar pantai yang mulai mengering menambah efek menjadi lebih indah karena di sekeliling pantai yang terlihat hanya warna merah, warna khas musim panas.

Keunikan lainnya juga terletak pada sebuah bukit yang hanya bisa didatangi pada saat air laut sedang surut. Karena bukit dengan tanah yang juga memiliki warna merah itu akan tenggelam pada saat laut pasang dan terlihat seolah seperti sebuah pulau yang terpisah dari pantai. Namun ketika air mulai surut, akan muncul jalan menuju bukit tersebut. Maka dari itu pantai ini dikenal dengan pantai Pulau Merah.

Tak hanya keindahan panoramanya yang serba merah saja yang indah tapi juga ombak dari pantai ini sudah dikenal oleh peselancar dari seluruh dunia maka tak heran setiap musim panas pasti diadakan festival selancar internasional yang diikuti oleh peselancara dari seluruh Indonesia dan seluruh dunia.

 

Sebenarnya mudah loh, membuat Paragraf Deskripsi asalkan kamu tahu bagaimana caranya. Nah, sekarang jadi tahu kan?

Artikel Lainnya :