Contoh Procedure Text Tentang Benda

Posted on

Contoh Procedure Text Tentang Benda

Contoh Procedur Text Tentang Benda sendiri pastinya sering sekali kamu lihat di dalam kehidupan sehari – hari akan tetapi kamu tidak menyadarinya. Karena procedur text sendiri sebenarnya sudah sering kamu baca dan lihat serta dipraktikkan apa yang ada di dalam procedur text tersebut hanya saja kamu tidak menyadarinya secara langsung. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai procedur text secara lengkap dan disertai dengan contohnya.

Procedur text sendiri adalah salah satu hal yang cukup familiar karena jenis teks berbahasa Inggris yang satu ini adalah salah satu teks yang sangat sering kamu temukan dan dekat dengan kehidupan kamu sehari – hari. Procedur text ini merupakan sebuah teks yang dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan sesuatu atau prosedur atau sebuah instruksi di dalam melakukan sesuatu.

Seperti yang sudah disinggung tadi jika tujuan dari procedur text ini adalah untuk memberikan instruksi, cara atau tahapan yang harus dilakukan untuk menggunakan sebuah benda. Jika kamu sering membeli benda yang diproduksi di luar negeri dan dipasarkan di Indonesia maka kamu akan sering melihat procedur text ini. contohnya pada saat kamu membeli smartphone yang dibuat dan diproduksi di luar negeri namun dipasarkan di Indonesia maka kamu akan mendapati bagaimana cara dan panduan untuk menggunakan smartphone tersebut.

Procedur text ini sendiri memiliki tujuan dan ada dua jenis tujuannya yakni untuk menunjukkan proses di dalam upaya membuat pembaca agar bisa mengerti mengenai bagaimana prosedur mengenai sesuatu hal, sementara tujuan keduanya adalah untuk memberitahukan pada pembaca bagaimana untuk bisa melakukan sesuatu seuai dengan urutan langkahnya agar tidak terjadi kesalahan yang tak diinginkan.

Secara umum terdapat 3 jenis procedur text yang memiliki fungsi guna menjelaskan bagaimana cara mengoperasikan sesuatu yang biasanya disebut juga dengan manual procedur text.

Berikut ini adalah jenis jenis procedur text dan penjelasannya :

  1. Yang pertama adalah procedur text yang memiliki fungsi untuk menjelaskan mengenai bagaimana mengoperasikan sesuatu yang biasa disebut juga dengan manual procedur text. Jenis procedur text yang ini bisa dengan mudah kamu temukan di kemasan benda atau barang yang membutuhkan petunjuk penggunaan. Sebut saja seperti smartphone, laptop, kulkas dan alat – alat lainnya.
  2. Jenis procedur text yang kedua adalah jenis teks yang dibuat guna menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat sesuatu sebagai making procedur text. Jenis procedur text ini biasanya akan kamu temukan pada kemasan bahan makanan yang memberikan penjelasan mengenai cara membuat suatu makanan, atau bahkan majalah dan koran yang memberikan penjelasan mengenai cara membuat resep dengan bahasa Inggris atau petunjuk mengenai cara membuat sesuatu contohnya seperti kerajinan tangan dan lain sebagainya.
  3. Jenis procedur text yang terakhir adalah procedur text yang menjelaskan mengenai bagaimana menjadi sesuatu yang memiliki hubungan dengan perilaku manusia yang disebut dengan how to procedure text. Jenis procedur text ini juga biasanya berisikan mengenai beberapa tips yang diberikan yang berhubungan dengan perilaku manusia dan sebagainya.

Kira – kira itu lah pengertian dari procedur text dan juga jenis jenisnya yang tentu sangat wajib untuk kamu ketahui agar lebih memahami apa itu procedur text dan bagaimana cara membuatnya dengan benar.

Berbicara mengenai cara membuat procedur text dengan benar maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat procedur text, maka dari itu kami juga sudah menyediakan contoh procedur text yang bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam pembuatan procedur text.

Berikut ini adalah contoh procedur text yang memberikan penjelasan mengenai cara menggunakan suatu alat dengan benar :

Contoh Procedure Text

How To Operate A Vacuum Cleaner

  1. First, make sure that all part of the equipment are fixed correctly. Then plug in the socket.
  2. After that, press the power button.
  3. Next, move the vacuum cleaner on the floor from the front, part of the house to the back part.
  4. When you have finished cleaning the floor turn off the power.
  5. Press the red button to release the dust bag.
  6. Empty the dust bag and fix it again on the machine.

 

Mudah – mudahan dengan contoh procedur text tentang benda di atas bisa menambah ilmu pengetahuan kamu ya, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :