Contoh Resensi – Non Fiksi, Pengetahuan, Filem, Cerpen dan Pendidikan

Posted on

Contoh Resensi – Hanya memahami dan mengerti arti dari resensi saja pastinya masih kurang. Untuk itu kamu pun harus tahu contoh contoh dari resensi mulai dari resensi buku non fiksi, pengetahuan, filem, cerpen hingga pendidikan.

Seperti yang sudah kamu tahu, resensi tidak terbatas pada buku saja namun juga film dan musik. Ini dia contoh lengkap dari resensi yang sudah kami sediakan khusus untuk kamu.

1.) Contoh Resensi Non Fiksi

Judul BukuCewek Smart
Pengarang BukuRia Fariana
Penerbit BukuGema Insani
Kota TerbitJakarta
Tahun Terbit2008
Tebal Buku200 halaman

 

Sinopsis

Sesuai dengan judulnya, buku ini memang dibuat khusus untuk remaja perempuan. Buku ini bisa menjadi wadah untuk mencari tahu bagaimana cara bersikap dan menghadapi setiap permasalahn yang ada di sekitar. Buku ini pun memberikan ulasan lengkap dan cara untuk menjadi seorang perempuan remaja yang memiliki kepribadian baik serta cerdas. Dan tak meninggalkan syariat Islam.

Karena menjadi perempuan yang cerdas tidak hanya memanfaatkan otaknya saja, namun juga mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah tanpa meninggalkan adab agamanya. Sehingga perempuan tak hanya harus cerdas, namun juga beradab dan bertanggung jawab.

Dari buku ini, pembaca akan belajar bagaimana menjadi muslimah yang cerdas, bertanggung jawab dan juga sholeha.

Kelebihan Buku

Sebagai seorang remaja muslimah, kamu wajib membaca buku ini untuk memberikan kamu pandangan yang luas bukan hanya melalui padangan umum, namun juga agama. Dari buku ini kita akan mengetahui bahwa menjadi remaja muslimah yang gaul pun bisa tanpa harus meninggalkan adab dan syariat agama Islam.

Kekurangan Buku

Meski isi buku ini sangat menarik namun kemasannya yang biasa saja bahkan terkesan malas. Karena masih menggunakan gambar ilustrasi hitam putih, membuat buku ini tak mampu diterima kalangan remaja perempuan. Sebab remaja zaman milenial akan lebih menyukai hal hal yang sifatnya fun, menarik dan unik. Termasuk dalam hal mencari ilmu dan belajar.

 

2.) Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Judul BukuSatwa Terancam Bahaya
Penulis BukuJen Green
Penerbit BukuPakar Raya
CetakanTahun 2006
Tebal32 Halaman

 

Sinopsis

Tak bisa dipungkiri, selain alam, manusia menjadi salah satu alasan satwa liar dan langka menjadi terancam punah. Di buku ini kita akan diajak untuk lebih mengenal satwa liar terutama yang langka dan mengajak kita untuk lebih peduli terhadap keberadaan mereka.

Di buku ini pun kamu juga akan diajak untuk mencari tahu alasan apa saja yang membuat mereka punah dan bagaimana cara menanggulanginya.

Kelebihan Buku

Buku ini memberikan penyampaian yang lebih lengkap mengenai satwa liar. Pembahasannya pun menggunakan bahasa yang lebih menarik dan unik sehingga tidak bosan.

Kekurangan Buku

Buku ini adalah buku pengetahuan yang tujuannya adalah memberikan pengetahuan bagi pembaca. Namun sangat disayangkan karena buku ini masih banyak menggunakan istilah atau bahasa asing. Ditambah lagi tanpa adanya keterangan mau pun penjelasan bai pembaca yang masih awam.

 

3.) Contoh Resensi Film

Judul FilmPerahu kertas 1
SutradaraHanung Bramantyo
Penulis NaskahDewi “Dee” Lestari
ProduserChand Parwez Servia dan Putut Widjanarko
MusikAndhika Triyadi
SinematografiFaozan Rizal
PenyuntingCesa david Lickmansyah
Tanggal Rilis16 Agustus 2012
Durasi107 Menit
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
ProduksiStarvision Plus, Bentang Pictures, Dapur Film Indonesia

 

Sinopsis

Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Dewi Dee Lestari yang menceritakan mengenai dua anak manusia Kugy dan Keenan, Kugy sendiri adalah seorang gadis yang periang dan tomboy serta percaya bahwa dirinya adalah agen dari Dewa Neptunus. Tak hanya itu saja, Kugy pun mempunyai kebiasaan yang cukup unik. Yakni membuat surat dan menghanyutkan perahu kertas ke sungai kecil. Agar menuju ke lautan, menuju ke Dewa Neptunus.

Sementara itu Keenan sendiri merupakan seorang mahasiswa yang memiliki minat di bidang seni lukis. Bahkan Keenan sangat ingin menjadi seorang pelukis. Namun hal ini ditentang oleh orang tuanya.

Awalnya Kugy dan Keenan menjadi persahatan, namun kemudian timbulah rasa di antara mereka berdua. Hanya saja keadaan membuat mereka tak bisa bersatu dalam beberapa waktu. Hingga akhirnya mereka bertemu kembali di lain waktu dan perasaan mereka tumbuh kembali hingga akhirnya mereka bisa bersama.

Kelebihan Film

Film ini menyajikan cerita cinta anak mudah yang masih segar. Dengan pemeran utama aktor aktor muda yang berbakat seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Apalagi film ini disutradari oleh penerima Piala Citra, Hanung Bramantyo.

Kekurangan Film

Dengan kisah yang cukup sederhana, sayangnya film ini harus dibagi dua part yang membuat penonton harus menunggu untuk part terakhir untuk mengetahui akhir kisah cinta Kugy dan Keenan.

 

4.) Contoh Resensi Cerpen

Judul CerpenAku Mencintaimu dengan Bismillah
PengarangBenny Can
Penerbit
Tebal Buku192 Halaman
CetakanTahun 2013
Penerjemah

 

Sinopsis

Cerpen ini menceritakan Rendi yang merupakan pemuda romantis. Dia memiliki perasaan pada seorang gadis bernama Shekar. Pada suatu hari Rendi mengajak Shekar ke pantai saat senja. Di sini Rendi menyatakan cinta pada Shekar.

Akan tetapi Yuli yang merupakan sahabat Rendi tiba tiba datang membawa kabar, apabila Shekar sedang sakit. Dan mengidap penyakit berbahaya yakni Tumor Rahim.

Kelebihan

Makna dari cerpen ini sungguh mendalam, mengenai sebuah penerimaan dan keikhlasan. Cerpen ini pun mengemas kisah cinta keduanya dengan bahasa yang sangat puitis dan membuat pembaca terbawa suasana.

Kekurangan

Hanya saja yang mengganjal dari cerpen ini adalah endingnya yang tidak jelas atau menggantung. Karena meskipun Rendi mau menerima Shekar yang tidak akan bisa memberinya keturunan namun kita tidak tahu apakah akhirnya mereka bisa menikah.

 

Demikian contoh resensi yang sudah kami ulas lengkap mulai dari resensi non fiksi, pengetahuan, filem, cerita pendek hingga pendidikan. Sampai jumpa di ulasan berikutnya.

 

Artikel Lainnya: