Contoh Teks Deskripsi Sugesti

Posted on

Contoh Teks Deskripsi Sugesti

Laelitm.com – Jika pada sebelumnya kita telah mempelajari mengenai kalimat deskripsi, jenis – jenis hingga contohnya, kali ini kita akan memberikan contoh teks deskripsi sugesti beserta dengan penjelasannya.

Teks deskripsi sendiri adalah sebuah karangan yang dibuat untuk menjelaskan suatu objek yang disusun di bagian tulisan sehingga bisa dirasakan oleh panca indra manusia, dan membuat pembaca seolah – olah sedang merasakan apa yang sedang dijelakan oleh penulis sehingga membuat apa yang diceritakan oleh penulis menjadi seolah – olah nyata berada di depan mereka dan bisa mereka rasakan.

Maka dari itu untuk membuat teks deskripsi penulis harus mampu menjelaskan pada pembaca mengenai objek atau pun yang sesuatu yang sedang dilihatnya atau dijelaskan dengan rinci dan jelas sehingga dapat diterima dengan mudah oleh pembaca. Untuk itu penulis akan memberikan gambaran secara rinci mengenai apa yang penulis rasakan dan apa yang sedang penulis lihat dari sebuah ojek, subjek atau suasana yang sedang diceritakan di dalam teks deskripsi.

Tujuan dari dibuatnya teks deskripsi sendiri adalah untuk membuat pembaca menjadi yakin dan seolah olah sedang mengalami apa yang dialami oleh penulis, mulai dari melihat objek yang ditulis oleh penulis secara nyata di depannya, hingga merasakan suasana yang sama seperti yang sedang dirasakan oleh penulis. Maka tujuan utama dari teks deskripsi ini adalah untuk memberikan hiburan bagi pembaca agar pembaca dapat seolah merasakan semua yang penulis rasakan dan tuangkan ke dalam teks deskripsi.

Selain memberikan hiburan teks deskripsi tentu saja juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi bagi pembaca terutama untuk memberikan informasi mengenai objek yang sedang diceritakan di dalam teks deskripsi tersebut oleh pembaca.

Teks deskripsi sendiri dibagi menjadi 3 jenis yakni teks desripsi subjektif, deskripsi objektif dan deskripsi spasial. Akan tetapi teks deskripsi juga bisa dibagi lagi menjadi dua bagian jika dilihat dari cara menggambarkan atau mendeskripsikan objek yang diceritakan di di dalam teks deskripsi.

Jika berdasarkan dari cara menggambarkan objeknya atau mendeskripsikan objeknya maka teks deskripsi dibagi menjadi dua bagian yakni deskripsi sugesti dan deskripsi eksplanatori.

Deskripsi eksplanatori sendiri dilakukan dengan berdasarkan fakta, atau apa yang dilihat secara langsung oleh penulis mau pun pembicara di dalam teks deskripsi tersebut, sehingga deskripsi eksplanatori akan berusaha untuk menghindari hal hal yang bersifat sibjekti dan juga imajinatif. Sehingga bisa dibilang jenis teks ini berdasarkan dengan fakta atau kenyataan yang dilihat oleh penulisnya.

Sementara itu deskripsi sugesti dilakukan berdasarkan dengan kecan yang muncul dan kesan yang muncul ini dapat berasal melalaui ekspresi wajah, gerak gerik mau pun gaya bicara dan lain sebagainya sehingga deskripsi sugestif biasanya memiliki sifat yang lebih imajinatif karena muncul begitu saja dari penafsiran penulisnya untuk kemudian dituangkan ke dalam teks deskripsi sugesti.

Jadi dari sini bisa diambil kesimpulan jika teks deskripsi eksplanatori merupakan teks deskripsi yang ditulis dengan cara menggambarkan apa yang ada di depan penulis secara nyata sehingga sifatnya non fiksi. Sedangkan itu untuk teks deskripsi sugestif merupakan teks deskripsi yang dibuat dengan cara menggambarkan apa yang ditafsirkan oleh penulis, apa saja yang muncul pada imajinasi penulis ke dalam teks deskripsi sehingga membuat teks deskripsi sugesti bersifat fiksi atau khayalan semata.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai teks deskripsi sugesti dan contoh teksnya, agar membuat kamu lebih mengerti lagi mengenai jenis teks deskripsi yang satu ini.

Contoh Teks Deskripsi Sugesti

Hari ini adalah hari pertamaku masuk ke sekolah, saat sampai di sekolah aku diperkenalkan dengan Wali Kelasku oleh Kepala Sekolah yang memiliki kumis setebal rumput ilalang, kemudian Wali Kelasku yang tersenyum dengan bersahaja ke arah ku membuatku merasa sedikit tenang dan hangat di tengah lingkungan baru. Meski pada saat masuk ke dalam kelas mata mata liar sedang mengamatiku seolah ingin mengorek semua informasi yang ada. Aku harus berusaha untuk bertahan di sekolah baru.

 

Nah itu dia perbedaan dari contoh teks deskripsi sugesti dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.