Daftar Pustaka – Teknik, Cara Menulis Yang Baik dan Benar

Posted on

Daftar Pustaka adalah salah satu materi dasar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang satu ini acapkali membuat banyak orang bingung dalam menerapkannya. Sehingga kurang memahami bagaimana cara menuliskan sebuah daftar pustaka yang baik dan benar.

Biasanya tanda baca dan urutan selama penulisannya menjadi salah satu kesalahan yang sering terjadi sehingga malas untuk mencantumkan berbagai referensi sumber dari tulisannya.

Padahal wajib untuk diketahui jika hal ini dilakukan untuk menghindari anda dianggap sebagai penjiplak karya tulis orang lain.

Untuk itu kami akan memberikan contoh daftar pustaka dan cara menulisnya dengan benar.

 

Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Dalam penulisa daftar pustaka ada beberapa hal yang wajib untuk anda perhatikan, seperti berikut ini :

1.) Nama

Bagian ini harus kamu tulis di awal, namun anda harus ingat format penulisnnya. Yakni nama penulis haruslah ditulis di awal baru diberi tanda koma (,) dan lanjutkan dengan nama depan penulisnya.

Apabila buku tersebut adalah karya dari dua orang penulis atau pun lebih, hanya penulis pertama yang disebutkan yang namanya dibalik, sementara penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesaui dengan nama aslinya.

Selain itu yang wajib anda ingat adalah, jika nama penulis juga disertai dengan gelar pendidikan. Atau pun gelar yang lainnya. Gelar-gelar ini tidak usah dituliskan juga.

2.) Tahun Terbit

Setelah nama sudah anda cantumkan, maka berikutnya adalah tahun terbit dari buku yang anda gunakan sebagai refrensi, sehingga jangan terkecoh pada angka tahun cetakan awal karena bsisa saja buku tersebut yang anda gunakan adalah cetakan kedua, ketiga mau pun terakhir.

3.) Judul Buku

Untuk menuliskan judul, tulislah judul buku anda secara lengkap dan jangan lupa penulisan judul dibuat dengan menggunakan font italic atau cetak miring.

4.) Nama dan Juga Nama Penerbit

Untuk bagian paling akhir pada penulisan daftar pustaka. Diberikan keterangan nama kota penerbit. Serta cantumkan juga nama dari penerbit dari buku tersebut. Nama kota dituliskan lebih dulu baru kamu tambahkan nama penerbit. Yang mana nama kota terlebih dahulu dituliskan. Kemudian ditambahkan dengan nama penerbit dan keduanya dibatasi dengan tanda titik dua ( : ).

 

Selain itu dalam penulisan daftar pustaka, yang harus anda perhatikan adalah tanda batas dari tiap urutan. Anda harus menggunakan tanda titik ( . ). Yang digunakan untuk memberikan batasan pada urutan setiap urutan.

 

Contoh                                                                          

Data Buku
Judul BukuJelajah 3 Negara Eksotis
PenulisNanny Budiman
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Kota PenerbitJakarta
Tahun Penerbit2011

 

Cara Penulisan Daftar Pustaka

Budiman, Nanny. 2011. Jelajah 3 Negara Eksotis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

 

Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel dalam Jurnal, Koran, atau Majalah

Untuk penulisan daftar pustaka yang sumbernya diambil dari jurnal, Koran maupun majalah sebenarnya tak terlalu berbeda jauh dengan penulisan dari sumber yang berupa buku, anda harus mencantumkan penulisan, tahun terbit, judul artikel dan nama kota serta nama penerbit, hanya saja kali ini penulisannya berbeda untuk beberapa urutan yakni sebagai berikut:

1.) Nama

Nama yang dicantumkan adalah nama penulis bukanlah nama editor dari sumber refrensi yang anda gunakan.

2.) Judul

Judul artikel ditulis terlebuh dahulu dengan menggunakan font tegak lurus dan menggunakan kata kutip (“) pada pembuka dan penutup, dilanjutkan dengan penulisan sumber jurnal, majalah, atau Koran ya

Dahulukan penulisan judul artikel yang menjadi sumber referensi. Font yang digunakan adalah tegak lurus bukan italic dengan diberikan tanda kutip (“) pada bagian pembuka dan penutup.

Lalu lanjutkan dengan menuliskan sumber jurnal. Atau nama majalah yang menerbitkan artikel yang kamu buat daftar pustakanya. Untuk penulisan nama jurnal, majalah mau pun koran akan ditulis dengan italic atau cetak miring.

Selain itu kamu harus menyertakan pada halaman ke berapa artikel tersebut berada. Dengan menggunakan tanda kurung seperti [(…)].

Contoh :

Data Artikel
Nama MajalahMajalah Ummi
Judul ArtikelHarmoni di Singkawang
PenulisRandy Mulyanto
PenerbitEramas 2000
Kota TerbitJakarta
Tahun Terbit2015

 

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Majalah :

Mulyanto, Randy . 2015. “Harmomi di Singkawang” dalam Majalah Ummi (hlm. 52-54). Jakarta: Eramas 2000.

 

Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Tak hanya dari artikel cetak saja, tak jarang banyak orang mengambil sumber tulisan mereka dari internet, untuk itu dalam penulisan daftar pustakanya pun berbeda dengan jurnal, surat kabar, majalah apalagi buku. Berikut ini urutannya:

1.) Nama

Cara penulisan nama untuk daftar pustaka yang sumbernya diambil dari internet tidak jauh berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku atau pun artikel yang diterbitkan di Koran dan majalah.

2.) Tahun Penayangan

Urutan kedua, anda harus menuliskan tahun penayangan dari artikel tersebut.

3.) Judul

Untuk penulisan judul artikel yang diambil di internet tak perlu ditulis secara italic cukup diapit dengan dua tanda kutip saja (“).

4.) URL

Karena sumber artikel didapatkan dari internet jangan lupa untuk menyertakan juga alamat URL agar artikel tersebut bisa dibuktikan keberannya dengan cara mengakses alamat artikelnya.

5.) Waktu Pengambilan

Pada bagian akhir jangan lupa juga untuk mencantumkan waktu pengambilan artikel yang anda ambil di internet tersebut secara lengkap mulai dari tanggal dan juga jam pada saat anda mengunduh maupun menjadikan artikel tersebut sebagai refrensi.

Sebagai tambahan, untuk masalah tanda batas di dalam daftar pustaka artikel internet sedikit berbeda dengan penulisan dari sumber cetak, tanda titik (.) hanya digunakan untuk mengakhiri nama penulis.

Atau hanya digunakan untuk menjadi pembatas dari tahun penayangan tulisan tersebut. Sementara untuk pembatasan dari judul ke URL. Atau pun dari URL ke waktu pengambilan datanya, bisa menggunakan tanda koma (,) ya.

Contoh

Data Artikel
JudulKegiatan yang Perlu Kamu Hindari Setelah Makan
PenulisIstiana Fitriani
Tanggal Tayang3 Maret 2019
Waktu Akses5 Juni 2020, 21:57 WIB
URLhttp://mbakcupid.blogspot.com/2019/03/kegiatan-yang-perlu-kamu-hindari.html

 

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet :

Fitriani, Istiana. 2019. “Kegiatan yang Perlu Kamu Hindari Setelah Makan”, http://mbakcupid.blogspot.com/2019/03/kegiatan-yang-perlu-kamu-hindari.html, diakses pada 5 Juni 2020, 21:57 WIB.

 

Sekarang sudah tahu kan, contoh daftar pustaka beserta dengan teknik dan cara penulisannya yang benar setelah kami menyajikan ulasannya di atas. Semoga bermanfaat, sampai jumpa pada materi pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya: