Ekonomi Makro

Posted on

Ekonomi Makro

Ekonomi Makro adalah sebuah cabang ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari mengenai perekonomian dari suatu Negara secara menyeluruh yang biasa disebut dengan agregatif yang menggunakan variable variable ekonomi.

Beberapa aspek yang berasal dari sebuah analisis yang terjadi di dalam ekonomi makro ini meliputi : Pendapatan nasional, Kesempatan kerja, Tingkat inflasi, Investasi dan juga Neraca pembayaran.

Tujuan untuk mempelajari sebuah ekonomi makro ini adalah untuk dapat memahami berbagai macam peristiwa yang terjadi di dalam perekonomian pada suatu Negara dan juga meningkatkan sebuah kebijakan ekonomi di Negara itu.

Tujuan Ekonomi Makro

Sama halnya dengan ekonomi mikro, ekonomi makro ini juga memiliki tujuan untuk membantu memahami dan juga menyelesaikan masalah yang terkait dengan perekonomian serta sebagai suatu alat yang digunakan untuk menentukan arah mau pun kebijakan yang akan diambil.

Tujuan ekonomi makro ini meliputi untuk membantu meningkatkan kapasitas produksi barang, bertujuan untuk meningkatkan kesempatan kerja pada masyarakat, mengendalikan sebuah laju insfalsi yang terjadi pada suatu Negara, bertujuan untuk menjaga kestabilan perekonomian di suatu Negara dan membantu untuk meningkatkan pendapatan nasional.

Ekonomi makro juga bertujuan untuk menyeimbangkan sebuah neraca pembayaran luar negeri, untuk membantu sebuah pemerataan distribusi pendapatan dan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu Negara.

Ruang Lingkup Ekonomi Makro

Secara umum berikut ini adalah ruang lingkup ekonomi makro yakni :

  1. Penentuan Tingkat Kegiatan Perekonomian Suatu Negara

Di dalam teori ini sudah dijelaskan mengenai sejauh mana perekonomian yang bisa menghasilkan sebuah produk dan jasa, analisis ekonomi makro akan memberikan rincian yang ada pada pengeluaran secara keseluruhan contohnya seperti : Pengeluaran dari rumah tangga, Pengeluaran dari Pemerintah, Pengeluaran dari perusahaan atau investasi dan Pengeluaran Eksport dan import.

  1. Kebijakan Pemerintah

Perekonomian di suatu Negara tak akan dapat lepas dari yang namanya pengangguran dan juga inflasi sehingga pemerintah harus dapat melakukan banyak sekali upaya untuk bisa mengatasi berbagai macam masalah tersebut dan dengan adanya sebuah kebijakan contohnya seperti kebijakan moneter mau pun kebijakan  fisikal.

Kebijakan moneter adalah salah satu dari kebijakan yang bisa dilakukan oleh pemerintah di dalam usaha untuk mempengaruhi jumlah uang yang telah beredar di dalam lingkungan masyarakatnya atau yang biasa disebut dengan money suplay di dalam sebuah perekonomia.

Kebijakan fiscal adalah salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengubah struktur, jumlah pajak dan juga pengeluaran yang memiliki tujuan di dalam pengaruh kegiatan perekonomian.

Kebijakan segi penawaran merupakan sebuah usaha untuk meningkatkan efisiensi pada suatu kegiatan di sebuah perusahaan sehingga mereka bisa menawarkan produk yang mereka produksi dengan menggunakan harga yang bersaing dan juga dengan kualitas yang jauh lebih baik.

  1. Pengeluaran Agregat Atau Menyeluruh

Pada suatu pengeluaran secara keseluruhan yang tidak bisa mencapai tingkat yang ideal, maka dengan hal ini akan dapat menimbulkan sebuah masalah yang terjadi di dalam perekonomian.

Untuk bisa mewujudkan sebuah kesempatan kerja yang jauh lebih maju dan bisa mengontrol sebuah laju inflasi maka secara ideal pada suatu pengeluaran harus berada di tingkat yang dibutuhkan.

Apa yang dimaksud dengan Ekonomi Makro?

Ekonomi makro merupakan sebuah cabang ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari mengenai perekonomian dari suatu Negara secara keseluruhan atau dapat disebut dengan agregatif dengan menggunakan variabel variabel ekonomi.

Permasalahan yang sering terjadi di dalam ekonomi makro antara lain adalah peningkatan angka pengangguran dan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi suatu negara yang semakin lambat, inflasi dan defisit APBN dan juga hutang negara pada luar negeri semakin meningkat.

Tujuan dari mempelajari ilmu Ekonomi Makro

Tujuan dari mempelajari ilmu ekonomi makro ini sendiri adalah untuk dapat memahami berbagai macam peristiwa yang terjadi di dalam perekonomian yang ada pada suatu Negara.

 

Jadi sudah tahu kan, apa itu ekonomi makro, mulai dari pengertian, manfaat, tujuan dan ruang lingkupnya. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi kamu khususnya untuk materi ekonomi makro, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya mengenai pembahasan materi lainnya.

Artikel Lainnya :