Fungsi Bahasa Indonesia – Penjelasan dan Contohnya

Posted on

Fungsi Bahasa Indonesia – Penjelasan dan Contohnya

Laelitm.com – Fungsi Bahasa Indonesia jika dilihat secara umum adalah digunakan sebagai alat komunikai baik dalam bentuk lisan atau pun dalam bentuk tulisan, bahasa Indonesia juga digunakan untuk mengekspresikan diri dan juga sebagai alat untuk berintegrasi dan beradaptasi sosial dan digunakan sebagai alat kontrol sosial.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang digunakan sebagai bahasa resmi dan juga sebagai bahasa persatuan Republik Indonesia yang telah diresmikan penggunaannya setelah peristiwa proklamasi Kemerdaan Indonesia bersamaan dengan berlakukan konstitusi.

Fungsi Bahasa Indonesia Secara Khusus

Secara khusus Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Berfungsi untuk mewujudkan hubungan di dalam berinteraksi di kehidupan sehari – hari dengan menggunakan komunikasi secara formal tau pun non formal.
  2. Memiliki fungsi untuk mewudujkan seni atau sastra karena Bahasa Indonesia bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaan melalui media seni yang secara khusus di dalam seni sastra. Bahasa yang digunakan terkadang mempunyai makna denotasi atau makna yang tersirat.
  3. Memiliki fungsi untuk digunakan dalam mepelajari bahasa kuno sehingga bisa mengetahui peristiwa atau pun kejadian yang terjadi di masa lalu.

Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah fungsi Bahasa Indonesia dan penjelasannya :

1.Fungsi Ekspresi

Fungsi dari Bahasa Indonesia yang pertama adalah digunakan untuk menyatakan sesuatu yang hendak disampaikan oleh penulis mau pun pembicara sebagai eksistensi diri dengan beberapa maksud seperti di bawah ini :

– Untuk menarik perhatian orang lain seperti kalimat persuasif dan provokatif.

– Untuk membebaskan diri dari semua tekanan di dalam diri contohnya seperti meluapkan emosi.

– Digunakan untuk melatih diri menyampaikan suatu ide dnegan cara yang lebih baik.

– Digunakan untuk menunjukkan keberanian dalam menyampaikan ide.

Fungsi dari ekspresi yang sudah dijelaskan di atas, saling terikat satu sama lain antara aktivitas dan interaktif dalam keseharian setiap individu yang prosesnya berkembang dari masa masih anak – anak, remaja, mahasiswa hingga dewasa.

2.Fungsi Komunikasi

Komunikasi tidak akan pernah bisa terwujud jika tidak ada ekspresi diri, dan komunikasi adalah salah satu akibat yang lebih jauh dari ekspresi yakni komunikasi. Dan komunikasi pun tak akan pernah tercapai dengan baik jika ekspresi yang diterima dengan menggunakan sebuah bahasa, sehingga di sinilah fungsi Bahasa Indonesia bagi komunikasi.

3.Fungsi Integrasi dan Adaptasi Sosial

Bahasa Indonesia juga memiliki fungsi di dalam peningkatan integrasi dan penyesuaian atau adaptasi diri di dalam suatu lingkungan yang merupakan salah satu syarat dalam bersosialisasi dengan baik di dalam lingkungan sendiri atau di dalam lingkungan baru yang masih asing. hal tersebut menunjukkan jika Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai sarana dapat menyatakan hidup bersama di dalam suatu ikatan atau masyarakat.

Dengan begitu Bahasa Indonesia adalah suatu kekuatan yang berkolerasi dengan kekuatan orang lain di dalam integritas sosial dan kolerasi melalui bahasa itu sendiri memanfaatkan beberapa aturan bahasa yang disepakati oleh manusia sehingga bisa membaurkan diri dan juga menyesuaikan sebagai anggota baru di suatu masyarakat.

4. Fungsi Kontrol Sosial

Fungsi Bahasa Indonesia yang lainnya adalah sebagai kontrol sosial yang memiliki fungsi untuk bermaksud dalam mempengaruhi perilaku serta tindaka orang yang ada di dalam masyarakat sehingga seorang itu terlibat di dalam komunikasi yang bisa saling memahami satu sama lain.

Perilaku serta tindakan itu sendiri berkembang ke arah yang lebih positif di dalam masyarakat, hal positif tersebut terlihat melalui kontribusi dan sebagai masukan yang positif. Bahkan dengan mengontrol bahasa yang digunakan kritikan yang tajam pun bisa diterima dengan hati yang lapang.

Dengan peran kontrol sosial, bahasa memiliki relasi dengan proses sosial atau pun suatu masyarakat seperti keahlian dalam berbicara, penerus tradisi mau pun kebudayaan, pengidentifikasi diri serta untuk menanamkan rasa keterlibatan atau sense  of belonging terhadap masyarakat di sekitarnya.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai fungsi bahasa Indonesia beserta dengan penjelasannya. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :