Gambar Seri – Pengertian, Jenis, Dilengkapi Contohnya

Posted on

Laelitm.com – Dalam setiap pembelajaran kamu pasti pernah menemukan gambar seri yang dijadikan sebagai pelengkap dari materi pembelajaran tersebut, gambar seri ini sendiri memiliki tujuan untuk membuat kamu lebih mudah mengerti mengenai materi pembelajaran yang kamu pelajari. Lalu apa sih, gambar seri sebenarnya?

Pengertin Gambar Seri

Gambar seri secara umum juga dapat diartikan sebagai media visual yang bisa diamati oleh setiap orang yang melihanya sebagai wujud perpindahan dari keadaan yang sebenarnya, gambar seri ini juga bisa meliputi pemandangan, barang – barang, benda mau pun suasana kehidupan yang ada di sekitar kamu.

Berdasarkan pengertian yang di atas, bisa disimpulkan jika gambar seri adalah media gambar yang tidak diproyeksikan dan bisa dinikmati oleh semua orang sebagai pindahan dari keadaan yang sebenarnya yang ada di sekeliling kita, misalnya saja seperti penggambaran mengenai orang, suasana, tempat, barang, pemandangan mau pun benda – benda yang lain yang ada di sekitar kita.

Gambar seri adalah salah satu komponen dari media gambar yang digunakan sebagai alat bantu penyampaian materi pelajaran dan juga bisa untuk membantu mempercepat pemahaman mau pun pengertian siswa sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Dengan kondisi keterbatasan yang ada mengingat kemampuan serta sifat – sifat khas dari media pembelajaran yang ada saat ini.

Fungsi Gambar Seri

Gambar seri sendiri memiliki fungsi sebagai pencipta suasana sugestif dan juga sekaligus jembatan untuk semua siswa agar dapar membayangkan mau pun menciptakan gambaran serta kejadian mau pun peristiwa penting berdasarkan dengan sebuah tema mau pun gambar seri yang diperlihatkan.

Gambar seri menampilkan sebuah gambar yang saling berhubungan antara satu sama lain dan merupakan sebuah rangkaian peristiwa atau cerita, pada setiap gambar akan diberikan nomor urut yang sesuai dengan urut urutan ceritanya. Media ini sendiri sangat sesuai untuk digunakan melatih keterampilan ekspresi tulis mau pun mengarang dengan cara mengamati gambar seri yang disediakan pada saat proses belajar mengajar dengan menggunakan konsep tertentu yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari.

Kelebihan dan Kelemahan  Gambar Seri

Sebagai sebuah media pembelajaran, media gambar ini terdiri atas gambar, diagram, grafik dan juga poster serta media dan komik. Di antara media grafis yang ada, gambar merupakan media yang paling sering dan umum digunakan. Maka dari itu media gambar ini sendiri tentunya memiliki kelebihan dan tak menutup kemungkinan juga media gambar ini juga memiliki kekurangan.

Lalu apa saja ya, kelebihan dan juga kekurangan dari media gambar seri yang digunakan dalam proses belajar mengajar, berikut ini adalah penjelasannya.

 

Kelebihan Media Gambar Seri

1.) Bisa digunakan untuk menerjemahkan ide ide abstrak ke dalam bentuk yang jauh lebih nyata.

2.) Tersedia di banyak media seperti buku, majalah, koran, dan kalender.

3.) Gambar seri sangat mudah untuk digunakan karena tak memerlukan peralatan.

4.) Gambar seri relatif tidak mahal.

5.) Bisa digunakan pada semua tingkat pembelajaran mau pun bidang studi.

 

Kelemahan Gambar Seri

Gambar seri memang memiliki kelebihan namun juga memiliki kelemahan, nah berikut ini adalah kelemahan yang dimiliki oleh gambar seri :

terlalu kecil apabila digunakan di dalam kelas yang memiliki ruangan besar sehingga menjadi kurang jelas.

1.) Gambar seri merupakan gambar mati dua dimensi yang digunakan untuk menunjukkan dimensi yang ketiga ke dalam benda sehingga harus digunakan satu seri gambar dari objek yang sama namun dari sisi yang cukup berbeda.

2.) Gambar seri tidak menunjukkan gerak.

 

Cara Membuat Media Gambar Seri

Sudah tahu kan, apa saja kelebihan dan kelemahan dari gambar seri, untuk lebih lengkapnya kami juga menyediakan bagaimana cara membuat gambar seri sendiri dengan mudah. Berikut ini caranya :

  1. Menyiapkan tema yang akan digunakan dan harus sesuai dengan materi pembelajarannya.
  2. Mencari refrensi gambar yang berasal dari media cetak, contohnya seperti majalah, koran, brosur dan juga artikel yang terdapat di dalam gambar.
  3. Guntinglah gambar yang sesuai dengan tema.
  4. Tampilkan gambar yang telah siap dan jangan lupa untuk memberikan nomor urut sehingga gambar seri tersebut telah siap untuk digunakan.

Contoh Gambar Seri

Untuk lebih jelasnya, sahabat belajar bisa melihat contoh gambar seri yang sudah kami sediakan di bawah ini :

1.) Bermain di Akhir Pekan

Tema gambar seri yang pertama adalah bermain di akhir pekan, di sini diperlihatkan seorang anak laki-laki yang baru saja keluar rumah sambil membawa bola. Kegiatan ini adalah kegiatan yang biasa dilakukan pada saat akhir pekan. Anak tersbeut lalu pergi ke lapangan untuk bermain bersama dengan temannya.

Anak itu terlihat terlihat sangat senang ketika sedang bermain, meski beberapa kali terjatuh sehingga membuat bajunya kotor.

Begitu pulang ke rumah anak itu pun, membersihkan diri dan baju yang digunakannya.

 

2.) Aktivitas Rutin Setiap Hari

 

Gambar kedua memperlihatkan rutinitas harian yang dilakukan setiap hari. Dimulai saat baru bangun tidur, mandi, sarapan hingga berangkat ke sekolah. Semuanya dilakukan secara tepat waktu.

 

3.) Akibat Bangun Kesiangan

Jika di gambar ini kita diperlihatkan akibat bangun kesiangan yang membuat seorang anak berangkat terburu-buru. Bahkan hal ini membuatnya harus terjatuh karena dia berangkat ke sekolah dengan berlari.

 

4.) Saling Bergotong Royong

Pada gambar ini, kita diperlihatkan sebuah keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu, Kakak dan Adik dan mereka saling bergotong royong. Kakak membantu Ibu mengepel lantai, adik membantu Ayah mencuci motor. Kakak dan adik membantu Ibu memasak hingga akhirnya mereka duduk bersama di meja makan.

 

Nah, itulah contoh gambar seri yang bisa menginspirasi sahabat belajar semua untuk membuat media pembelajaran yang unik dan menarik.