Gram Ke Kg – Gram Ke Ons – Rumus Beserta Contoh Soal

Posted on

Gram Ke Kg – Gram Ke Ons – Rumus Beserta Contoh Soal

Gram Ke Kg – Gram Ke Ons – Artikel kali ini akan membahas mengenai materi yang sudah sangat familiar di sekitar kita, yakni konversi dari gram ke kg dan dari gram ke ons. Materi ini sendiri sudah sangat sering kita temukan dalam materi pembelajaran matematika dan sudah dipelajari sejak duduk di sekolah dasar, karena materi pembelajaran ini merupakan materi yang paling sering kita temukan di dalam kehidupan sehari – hari. Banyak sekali hal di kehidupan sehari – hari kita menggunakan penerapan materi ini untuk mempermudah kegiatan kita, terutama dalam menghitung massa atau berat jenis suatu benda.

Gram Ke Kg – Gram Ke Ons? Pastinya semua orang pernah mendapatkan pertanyaan ini karena pertanyaan ini sering muncul di dalam kehidupan sehari – hari. Namun meski banyak sekali orang yang sudah mengetahui jawabannya dengan mudah, ternyata masih banyak juga orang yang tidak bisa menjawab pertanyaan ini sehingga sering merasa kebingungan pada saat harus menjawab pertanyaan ini, entah itu dikarenakan telah lupa atau memang tidak tahu jawabannya.

Untuk itu artikel ini akan membahas materi ini secara lengkap mulai dari pengertian lengkapnya hingga bagaimana cara untuk mencari jawabannya dengan menggunakan rumus dan contoh soal yang sudah kami sediakan di artikel ini. Mari kita simak penjelasan lengkapnya.

Pengertian Kg

Kilogram atau biasa disingkat dengan kg adalah satuan kilogram yang berasal dari salah satu satuan massa atau pun berat yang berada di dalam sebuah sistem internasional atau SI.

Kg adalah simbol resmi untuk digunakan dalam satuan kilogram, satuan dasar untuk massanya atau berat adalah gram. Lalu kira – kira I kilogram ada berapa gram ya? beberapa satuan massa lainnya yang yang berbasis gram contohnya seperti milligram (mg), centigram (cg), decigram (dg) dan masih banyak yang lainnya.

Massa kilogram standar kilogram ini dinilai hampir sama dengan massa 1 liter air.

Pada dalam penggunaannya di kehidupan sehari – hari, massa sebuah benda ini disamakan denga berat, meski sebenarnya keduanya adalah hal yang sangat berbeda. Bisa dilihat dari nilai konsepnya, di dalam konteks sains massa sendiri merujuk pada banyaknya jumlah partikel yang ada di dalam suatu objek sementata berat sendiri merujuk pada gaya yang dialami oleh suatu benda yang diakibatkan adanya suatu gaya gravitasi yang ada. apabila sebuah objek yang mempunyai massa satu kilogram akan mempunyai sebuah berat di antara 9.78 newton dan 9.83 newton, hal ini sendiri akan tergantung pada gravitasi di tempat tersebut.

Pengertian Gram

Gram ialah sebuah satuan massa yang berasal dari bahasa Yunani atau bahasa Latin yakni gramma yang memiliki arti satuan dari massa, g sendiri adalah simbol dari gram.

Di bawah ini adalah satuan gram ke satuan massa yang lainnya:

1 miligram     = 0.001 gram

1 sentigram   = 0.01 gram

1 desigram    = 0.1 gram

1 dekagram   = 10 gram

1 hektagram = 100 gram

1 kilogram    = 1000 gram

Pengertian Ons

Ons di dalam bahasa Inggris biasanya ditulis dengan ounce yang memiliki arti satuan massa yang mempunyai beberapa definisi yang bergantung pada sistem satuannya.

 

Apabila merujuk pada gambar di atas maka bisa disimpulkan jika konversi dari masing – masing berat ke gram adalah seperti di bawah ini :

Kilogram disingkat kg, 1 kg = 1.000 g

Hectogram disingkat hg, 1 hg = 100 g

Decagram disingkat dag, 1 dag = 10 g

Decigram disingkat dg, 1 dg = 0,1 g

Centigram disingkat cg, 1 cg = 0,01 g

Milligram disingkat mg, 1 mg = 0,001 g

Rumus Cara Menghitung Gram ke Kg

Rumusnya adalah …. Gram : 1000 = …. kg

 

Sehingga jika ditanyakan 10.000 gram berapa kg? Maka jawabannya adalah

Maka, pertanyaan:

10.000 : 1000 = 10 kg

Contoh Soal

1.)Jika ada sebuah balok batangan yang memiliki berat 17.000 gram. Maka hitunglah berat balok batangan tersebut ke dalam kg.

Cara Penyelesaiannya :

Jika diketahui balok batangan memiliki berat 17.000 gram

Maka jika diubah beratnya mejadi kg, cara penyelesainnya adalah sebagai berikut ini :

17.000 : 1000 = 17 kg

Maka berat balok batangan adalah 17 kg

Maka, berat sabun mandi tersebut dalam gram adalah 170 gram

 

2.)Jika ada satu kemasan kacang kapri yang mempunyai berat sekitar 16.000 gram, dan kacang kapri ini akan dibagi rata menjadi 4 kantong plastik, maka berapa kg kah berat dalam satu kantong plastik?

Cara Menyelesaikannya:

Jika diketahui berat kacang kapri adalah 16.000 gram dan akan dimasukkan ke dalam 4 kantong plastik. Maka penyelesaiannya adalah:

Berat kacang kapri diubah menjadi kg 16.000 gram : 1000 = 16 kg.

Kemudian dibagi ke dalam 4 kantong plastik 16 : 4 = 4 kg

Sehingga di dalam kantong plastik akan berisi sekitar 4 kg.

Artikel Lainnya: