Gurindam

Posted on

Gurindam

Laelitm.com – Pernahkan kamu mendengar tentang Gurindam? Gurindam sendiri adalah salah satu jenis puisi yang memang tak terlalu populer jika dibandingkan dengan jenis puisi lama seperti pantun. Akan tetapi Gurindam juga cukup penting loh, untuk dipelajari. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai gurindam. Siman di bawah ini ya.

Pengertian Gurindam

Gurindam sendiri merupakan salah satu bentuk karya sastra lama yang terdiri atas dua larik atau dua baris di dalam satu bait, gurindam sendiri memiliki ciri – ciri berirama a-a-b-b-c-c-d-d-e-e yang artinya masing masing baris di dalam bait sama akan tetapi tak boleh sama dengan bait gurindam selanjutnya.

Sudah tahu pengertian gurindam secara unmum dan untuk lebih jelasnya kami juga sudah menyediakan pengertia gurindam menurut beberapa ahli, berikut ini adalah pengertiannya :

  1. Jika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI gurindam sendiri adalah sebuah bentuk karya sastra yang berupa sajak dengan 1 baitnya terdiri dari 2 baris dan juga isinya merupakan nasihat atau pun bisa dibilang petuah.
  2. Sementara itu Ismail Hamid sendiri menyatakan jika Gurindam merupakan karya sastra yang berasal dari Bahasa Sanskrirt.
  3. Sedangkan Raja Ali Haji mengungkapkan jika Gurindam adalah salah satu puisi yang terdiri atas dua baris saja di dalam satu bait.
  4. Sedangkan itu Za’ba sendiri menyatakan mengenai definisi dari gurindam yakni sebuah bentuk puisi yang tak terikat.

 

Jika dilihat berdasarkan beberapa pengertian pengertian yang di atas sehingga dapat disimpullkan jika gurindam merupakan salah satu karya sastra yang berisikan mengenai nasihat, pengingat atau pun petuah yang dituangkan hanya ke dalam dua baris di dalam satu bait, gurinda ini juga berirama a-a-b-b-c-c-d-d-e-e-.

Asal muasal Gurindam ini sendiri adalah berasal dari kata Kamrimdan yang memiliki arti sebagai perumpamaan dan juga asal mula.

Ciri – Ciri Gurindam

Sudah tahu mengenai pengertian gurindam baik secara umum mau pun dari tokoh tokoh lainnya, maka tak akan lengkap jika belum mengatahui ciri ciri dari gurindam itu sendiri agar bisa membedakan gurindam dengan jenis puisi lama yang lainnya.

Secara umum gurindam sendiri memiliki ciri – ciri seperti di bawah ini :

  1. Di dalam satu bait gurindam terdiri dari dua kalmat atau pun dua baris saja.
  2. Gurindam terikat oleh rima di dalam setiap baitnya.
  3. Di dalam setiap bait gurindam bersajak A-A, B-B, C-C, D-D, hingga seterusnya.
  4. Gurindam sendiri terdiri dari banyak sekali bait.
  5. Pada setiap bait gurindam mempunyai kaitan atau hubungan sebab akibat.
  6. Gurindam memiliki makna yang mengandung nasihat.
  7. Setiap baris gurindam maksumal hanya terdiri dari 10 kata saja.
  8. Di dalam satu bait, pada baris pertama merupakan sampiran sedangkan di baris kedua langsung merupakan isi.

Contoh – Contoh Gurindam

Itu lah tadi ciri ciri dari gurindam, dengan mengetahui ciri – ciri dari gurindam maka kamu akan dapat membedakannya dengan puisi lama yang lainnya selain itu kamu juga akan dapat mengenali gurindam dengan sangat mudah jika kamu telah mengetahui ciri ciri dari gurindam itu sendiri.

Gurindam sendiri memiliki tema yang bervariasi, mulai dari tema jenaka, gurindam lucu, pahlawan, syair dan masih banyak yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya kamu juga bisa melihat contoh gurindam yang sudah kami siapkan, berikut ini adalah contoh gurindam :

Mengumpulkan harta bukanlah jalan hidup

Karena nanti tak kan dibawa saat mata telah tertutup

 

Siapa yang hendak bertanya

Bertanyalah pada ahlinya

 

Siapa hendak cari ilmu

Carilah seorang guru

 

Siapa yang belajar bersungguh sungguh

Maka keberhasilan akan terengkuh

 

Siapa yang berilmu janganlah angkuh

Jangan sampai membuatmu terjatuh

 

Jika hendak belahar kitab

Maka harus taat pada adab

 

Pada saat engkau tengah belajar

Maka kau harus tekun dan bersabar

 

Siapa yang tak berilmu

Layaknya kuris tak bertumpu

belajar bukan hanya raih ijazah

tapi juga untuk ilmu yang berfaedah

 

Nah, sudah tahu kan, apa itu gurindam mulai dari pengertiannya, ciri ciri hingga contoh gurindam itu sendiri. Gurindam memang memiliki bentuk yang nyaris sama dengan pantun namun perbedaannya ada pada jumlah barisnya.

Artikel Lainnya :