Hubungan Internasional – Pengertian, Badan Hukum, Tujuan

Posted on

Hubungan Internasional – Pengertian, Badan Hukum, Tujuan

Laelitm.com – Setiap Negara pastinya memiliki hubungan dengan Negara lainnya, baik hubungan kerja sama mau pun persahabatan yang dijalin antar dua Negara atau beberapa Negara dalam suatu perkumpulan. Hubungan antar Negara ini sendiri disebut dengan hubungan internasional dan memiliki banyak sekali keuntungan bagi kedua belah pihak atau Negara – Negara yang saling bersahabat atau menjalin hubungan kerja sama.

Jika membicarakan mengenai hubungan internasional, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hubungan internasional mulai dari pengertian hubungan internasional, badan hukum yang melindunginya dan juga apa saja tujuan dari setiap hubungan kerja sama atau persahabatan yang dilakukan oleh beberapa Negara tersebut. Maka tidak usah berlama – lama lagi, mari kita simak ulasan lengkapnya pada artikel yang sudah kami siapkan di bawah ini!

Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional merupakan hubungan yang dilakukan antarnegara atau pun antarindividu dari Negara yang berbeda di bidang tertentu yang memiliki kepentingan mau pun tujuan bagi kedua belah pihak yang berada di dalam hubungan tersebut.

Setiap Negara tentunya tak akan bisa dilepaskan dari sebuah hubungan internasional dikarenakan setiap Negara pastinya mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing – masing. Maka dari itu hubungan internasional digunakan untuk saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing – masing.

Contohnya apabila sebuah Negara yang maju dalam bidang teknologi namun tak memiliki lahan untuk pertanian karena tergolong sebagai Negara kecil. Sehingga Negara tersebut memiliki kekurangan untuk memajukan pertanian di negaranya, maka Negara ini akan memilih Negara agraris yang memiliki lahan pertanian luas untuk diajak bekerja sama dengan cara Negara tersebut akan memberikan bantuan teknologi guna mengelola bidang pertanian dengan syarat Negara tersebut juga harus memasok bahan hasil pertanian ke Negara mereka.

Seperti yang Rusia dan Indonesia lakukan, Rusia memasuk pesawat perang ke Indonesia dan Indonesia sepakat untuk membayar menggunakan hasil pertanian seperti kopi dan pala. Ini merupakan contoh kecil dari hubungan internasional. Karena hubungan internasional tak hanya untuk mendapatkan keuntungan satu sama lain atau bekerja sama, tapi juga persahabatan, sengketa, permusuhan dan peperangan termasuk ke dalam hubungan internasional.

Badan Hukum Internasional

Dengan adanya hubungan internasional maka harus ada badan hukum yang melindungi hubungan antar Negara Negara di dunia. Dan berikut ini adalah badan hukum internasional yang ada.

  1. Pengadilan Kriminal Internasional untuk Rwanda
  2. Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa
  3. Komite Hak Asasi Manusia
  4. Pengadilan Kriminal Internasional untuk Bekas Yugoslavia
  5. Pengadilan Hak Asasi Manusia Inter-Amerika
  6. Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa
  7. Pengadilan Kriminal Internasional

Hukum

  1. Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut
  2. Mahkamah Afrika
  3. Mahkamah Internasional
  4. Mahkamah Eropa

Organisasi Antarnegara Umum

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Perserikatan Bangsa – Bangsa atau yang disingkat dengan PBB merupakan sebuah organisasi internasional yang mendeskripsikan dirinya sebagai asosiasi pemerintahan seluruh dunia yang memiliki kewajiban untuk memberikan fasilitas kerja sama pda hukum internasional, keamanan internasional, pembangunan ekonomi hingga kesetaraan sosial.

Organisasi Kerja Sama  Islam (OKI)

OKI atau Organisasi Kerja Sama Islam adalah sebuah organisasi internasional yang terdiri dari 57 negara yang menjadi anggotanya yang memiliki tujuan untuk menjadi corong kolektif bagi suara dunia Muslim dan juga bertujuan untuk melindungi segala kepentingan dan juga menjamin kemajuan serta kesejahteraan umat muslim di dunia.

Badan Organisasi Internasional Lainnya

  1. Uni Afrika
  2. ASEAN
  3. Liga Arab
  4. Liga Bangsa-Bangsa
  5. CIS
  6. Uni Eropa
  7. G8
  8. G20
  9. Organisasi Negara-Negara Amerika

Institusi Ekonomi Dunia

  1. Organisasi Perdagangan Dunia
  2. Bank Dunia
  3. Bank Pembangunan Asia
  4. Bank Pembangunan Afrika
  5. Bank of International Settlements
  6. Bank Pembangunan Inter-Amerika
  7. Dana Moneter Internasional
  8. Bank Pembangunan Islam

Tujuan Hubungan Internasional

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika hubungan antar Negara pastinya memiliki tujuan. Dan berikut ini adalah tujuan dari hubungan internasional:

  1. Memacu pertumbuhan ekonomi di setiap Negara.
  2. Memenuhi kebutuhan seluruh warga Negaranya.
  3. Memperlancar sebuah hubungan ekonomi yang dilakukan.
  4. Menciptakan rasa pengertian antar bangsa di dalam membina dan juga menegakkan perdamaian.
  5. Menciptakan keadilan dan juga kesejahteraan bagi seluruh dunia.
  6. Membuka peluang di dalam pemasaran produk di dalam negeri ke luar negeri.
  7. Menjalin hubungan internasinal yang baik antar Negara yang saling berhubungan atau bekerja sama.
  8. Menjalin hubungan kerjasama di bidang politik, sosial, ekonomi hingga budaya.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, jika hubungan internasional memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh Negara yang bersangkutan meski tak semua hubungan internasional akan berjalan dengan baik seperti hubungan persengketaan, peperangan dan juga permusuhan yang merugikan warga Negara yang bersangkutan.

Artikel Lainnya :