Hubungan Internasional – Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Posted on

Hubungan Internasional – Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Hubungan Internasional adalah hubungan yang dijalin oleh suatu Negara dengan Negara lain atau hubungan yang dibangun oleh beberapa Negara dengan suatu tujuan yang sama. Selayaknya mamusia yang membutuhkan sebuah hubungan baik secara individu mau pun secara kelompok dengan orang lain, Negara juga membutuhkan sebuah hubungan dengan Negara lain atau beberapa kelompok Negara lain dan tentu saja dengan sebuah tujuan, yakni untuk mencapai suatu kesepakatan bersama.

Meski sebenarnya sebuah hubungan internasional yang terjadi antara sebuah Negara dengan Negara atau kelompok Negara lain yang bertujuan untuk saling mendapatkan keuntungan, akan tetapi hubungan internasional juga bisa terjadi akibat perselisihan, penjajahan dan permusuhan yang terjadi antara sebuah Negara dengan Negara lainnya.

Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional juga bisa disebut dengan hubungan antar bangsa yang merupakan sebuah interaksi yang terjadi antar manusia dari bangsa satu dengan bangsa lainnya secara individu mau pun bekelompok yang dilakukan baik secara langsung atau tidak langsung, hubungan ini bisa sebuah persahabatan, perselilihan, permusuhan atau peperangan yang terjadi di antara Negara tersebut.

Tujuan Hubungan Internasional

Sebuah hubungan yang dijalin tentunya mempunyai tujuan, sama halnya dengan hubungan internasional yang terjalin antara satu Negara dengan Negara lain atau kelompok Negara lain tentunya ada sebuah tujuan yang ingin digapai dari hubungan tersebut. Baik dalam hubungan persahabatan dan permusuhan yang terjalin di antara Negara tersebut pastinya ada maksud dan tujuan yang ingin dicapai.

Berikut ini adalah tujuan yang hendak dicapai oleh hubungan internasional antar Negara :

  1. Guna mmacu di dalam pertumbuhan ekonomi di setiap Negara
  2. Guna menciptakan rasa saling pengertian antarbangsa di dalam membuna dan juga menegakkan suatu perdamaian.
  3. Guna menciptakan sebuah keadilan serta kesejahteraan bagi seluruh rakyat di dunia.
  4. Guna menjalin sebuah hubungan internasional antar Negara yang saling bersangkutan.
  5. Guna menjalin kerjasama di berbagai bidang baik bidang politik, ekonomi dan budaya.
  6. Bertujuan untuk memenuhi suatu kebutuhan warga di negaranya.
  7. Bertujuan untuk membuka peluang di dalam pemasaran produk di dalam negeri mau pun ke luar negeri.
  8. Untuk dapat memperlancar sebuah hubungan ekonomi antarnegara.

Manfaat Hubungan Internasional

Sama halnya dengan sebuah tujuan yang hendak dicapai oleh hubungan internasional yang dijalin, hubungan internasional ini juga memiliki manfaat bagi Negara Negara yang melakukannya. Meski tentu manfaatnya akan berbeda beda tergantung dari Negara itu sendiri, akan tetapi dari sudut pandang Indonesia, ini lah manfaat yang bisa didapat oleh Indonesia dengan adanya hubungan internasional yang dijalin di antara Negara Negara lain.

  1. Manfaat Ideologi

Adalah sebuah manfaat yang bisa diperoleh untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan juga Negara.

  1. Manfaat Politik

Yaitu manfaat yang memiliki tujuan guna menunjang pelaksanaan kebijakan politik serta hubungan luar negeri yang diabdikan guna kepentingan nasional utamanya untuk kepentingan pembangunan di segala bidang.

  1. Manfaat Ekonomi

Adalah manfaat untuk menunjang upaya guna meningkatkan pembangunan ekonomi nasional.

  1. Manfaat Sosial – Budaya

Merupakan sebuah upaya yang dilakukan guna menunjang upaya pembinaan serta pengembangan untuk meningkatkan nilai nilai sosial budaya dari sebuah bangsa, dan di dalam upaya penanggulangan terhadap setiap bentuk ancaman, hambatan tantangan, gangguan hingga kejahatan internasional yang mungkin saja bisa terjadi pada saat melakukan pelaksanaan pembangunan nasional.

  1. Manfaat Perdamaian dan Keamanan Internasional

Adalah manfaat yang diperoleh untuk menunjang upaya pemeliharaan dan pemulihan perdamaian, keamanan dan juga stabilitas internasional.

  1. Manfaat Kemanusiaan

Adalah manfaat untuk menunjang upaya pencegahan dan juga penanggulangan di setiap bentuk bencana dan juga rehabilitasi dan akibat – akibatnya.

  1. Manfaat Lainnya

Adalah manfaat untuk meningkatkan pernanan dan citra bangsa di forum internasional dan hubungan antar Negara dan juga kepercayaan masyarakat internasional.

Kira – kira itu lah, pengertian, tujuan dan juga manfaat dari sebuah hubungan internasional yang dijalin oleh sebuah Negara dengan Negara atau kelompok Negara lain yang memiliki kepentingan dan visi serta misi yang sama sehingga menyatukan Negara tersebut untuk melakukan sebuah hubungan yang saling bermanfaat satu sama lain.

Artikel Lainnya :