Hukum Gravitasi Newton Dalam Ilmu Fisika

Posted on

Hukum Gravitasi Newton Dalam Ilmu Fisika

Laelitm.com – Hukum Gravitasi Newton dalam ilmu Fisika akan kita bahas dengan lengkap pada kesempatan kali ini. Nama Newton sendiri tentunya memang sudah tidak asing lagi bagi kita.

Karena Newton merupakan nama belakang dari Sir Isaac Newton yang merupakan salah satu ilmuwan dan juga tokoh fisika terkemuka yang sangat terkenal berkat pengetahuannya yang masih digunakan hingga kini.

Bahkan penemuan dari Newton ini membuat hidup manusia modern menjadi lebih mudah. Sehingga jangan heran jika akhirnya nama Newton diabadikan menjadi salah satu rumus fisika.

Salah satunya adalah Hukum Gaya Gravitasi Newton. Lalu, apa sih Hukum Gaya Gravitasi Newton ini?

 

Pengertian Hukum Gaya Gravitasi Newton

Gaya Gravitasi Bumi yang terdapat di dalam ilmu fisika merupakan gaya tarik bumi terhadap benda yang berada di atas permukaannya kea rah pusat bumi.

Misalnya seperti melemparkan benda mau pun barang ke atas maka pastinya benda tersebut akan jatuh kembali ke bawah.

Hal ini dikarenakan gaya tarik benda yang dilemparkan jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan gaya tarik bumi pada benda tersebut.

Gravitasi bumi ini sendiri pertama kali dikemukakan oleh salah seorang ahli fisikawan, ahli matematikawan, ahli astronomi dan juga teolog yang bernama Sir Isaac Newton.

Newton sendiri lahir pada tahun 1643 dan wafat pada tahun 1727, merupakan ilmuwan berkebangsaan Inggris.

 

Sejarah Hukum Gaya Gravitasi Newton

Sir Isaac Newton sendiri menemukan hukum gravitasi Newton ini pada saat dirinya melihat apel yang jatuh dan membuatnya berpikir jika ada suatu gaya yang ada di dalam bumi dan belum banyak diketahui, gaya ini lah yang menyebabkan benda yang awalnya diam menjadi bergerak.

Hingga akhirnya Sir Isaac Newton pun sadar jika gaya tersebut lah yang membuat bulan selalu berada di dekat planet bumi dan tetap ada di dalam lintasan orbit yang mengelilingi planet bumi.

Dari keyakinan ini lah akhirnya Newton menyebutkan jika ada gaya gravitasi di dalam bumi serta menetapkan jika gaya gravitasi pasti ada di antara semua benda, baik benda yang ada di bumi mau pun di luar angkasa.

 

Bunyi Hukum Gravitasi Newton

Bunyi dari hukum gaya gravitasi Newton adalah:

 

 

Teori mengenai hukum gaya gravitasi Newton ini sendiri telah dikembangkan menjadi lebih jauh lagi dan menemukan jika setiap benda angkasa akan saling tarik menarik dan hal ini bisa menjelaskan mengapa bumi harus berputar terus menerus mengelilingi matahari untuk mengimbangi gaya tarik menarik grvitasi bumi dan matahari.

Sehingga dengan menggunakan fenomena tarik menarik gravitasi ini juga bisa menjelaskan mengapa meteor yang mendekat ke bumi yang berasal dari luar angkasa akan jatuh dikarenakan tertarik oleh gaya gravitasi bumi.

Di dalam tulisannya yang berjudul Journal Philosophiae Naturalis Principia Mathematica yang dirilis pada ditanggal 5 Juli 1687 menjelaskan lebih lengkap mengenai gaya gravitasi di dalam bentuk rumus.

 

Rumus Gravitasi Newton Fisika Dasar

Setelah Newton menemukan teori gravitasi yang menjelaskan mengapa semua benda yang dilemparkan baik ke atas atau pun ke segala arah. Maka benda tersebut akan kembali jatuh ke bumi, hal ini diakibatkan oleh gaya gravitasi yang ada di dalam bumi.

Tak hanya bumi saja yang diyakini memiliki gaya gravitasi, semua benda juga dinilai memiliki gaya gravitasi baik benda yang berada di bumi atau pun benda asing yang berasal dari luar angkasa memiliki gaya gravitasi.

Akan tetapi gaya gravitasi yang dimiliki oleh bumi jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan gaya gravitasi yang dimiliki oleh benda.

Setelah itu Newton juga telah menemukan sebuah rumus yang digunakan sebagai salah satu cikal bakal ilmu pengetahuan modern saat ini. Rumus ini pun diberi nama rumus gravitasi Newton berikut ini lah rumusnya.

 

Fungsi Gravitasi

Gaya gravitasi memiliki kaitan erat dengan hukum gravitasi dan rumusnya, sedangkan fungsi gravitasi adalah :

1.) Gravitasi Matahari

Gaya gravitasi matahari yakni 274 m/s2 dengan fungsi untuk membuat bumi dan benda langit dapat berputar di porosnya. Fenomena ini disebut dengan rotasi bumi.

Benda-benda langit yang mengelilingi dan berputar pada matahari di dalam orbitnya juga dipengaruhi oleh gravitasi matahari. Fenomena ini disebut dengan revolusi.

2.) Gravitasi Bulan

Bulan mempunya gaya 1,62 m/s2 pada gaya gravitasinya dan berfungsi ketika bulan mengelilingi bumi dalam orbitnya. Karena jika bulan berada di posisi terkedat dengan bumi, maka akan mengakibatkan air laut menjadi pasang.

Kondisi ini diakibatkan oleh adanya gravitasi bulan yang menarik air laut kea rah bulan dan memberikan pengaruh pada ketinggian ombak dan juga permukaan air laut.

3.) Gravitasi Bumi

Bumi sendiri mempunyai gaya gravitasi sekitar 6,67 × 10-11 N. Gaya gravitasi dari bumi berfungsi untuk membantu proses rotasi dan revolusi bumi yang dipengaruhi tidak hanya oleh gaya gravitasi bumi namun juga oleh gaya gravitasi matahari.

Gaya gravitasi bumi juga membuat bulan sebagai satelit satu-satunya bumi dapat berputar di porosnya. Tidak hanya satelit alami seperti bulan, satelit buatan manusia seperti satelit Palapa milik Indonesia juga bisa mengitari bumi sesuai orbitnya juga karena adanya gaya gravitasi pada bumi.

Semua benda yang memiliki massa di bumi dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi, manusia dan seluruh makhluk yang ada di seluruh permukaan bumi. Dapat berjalan dan bergerak secara baik berkat adanya gravitasi yang ada di dalam bumi.

 

Dengan adanya rumus hukum gravitasi dari Newton, penerapan gravitasi dapat dimanfaatkan untuk banyak kepentingan ilmu pengetahuan. Dan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh makhluk di dalamnya.

Demikian penjelasan kali ini mengenai hukum gaya gravitasi Newton dalam ilmu Fisika beserta dengan rumusnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

 

Artikel Lainnya :