Huruf Kapital – Pengertian dan Tata Cara Penggunaannya

Posted on

Huruf Kapital – Pengertian dan Tata Cara Penggunaannya

Laelitm.com – Pastinya kamu sudah sering sekali menemui bahkan sering menggunakan huruf kapital pada saat menulis sebuah karya sastra, catatan biasa bahkan menuliskan kalimat pada sebuah status dan pesan singkat yang hendak kamu kirimkan melalui media sosial mau pun platform chatting. Namun apakah kamu sudah tahu apa sih, huruf kapital ini? Karena jangan sampai kamu asal menggunakannya saja namun tak mengetahui fungsi dan cara penggunaan huruf kapital yang benar.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai huruf kapital mulai dari pengertian dan bagaimana cara menggunakan huruf kapital dengan benar. Nah, langsung saja ya simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Huruf Kapital

Huruf kapital atau yang juga dikenal dengan huruf besar yang merupakan salah satu huruf yang memiliki ukuran atau bentuk khusus jadi huruf kapital atau huruf besar bukanlah huruf yang memiliki ukuran besar saja ya. Karena pada dasarnya setiap huruf memiliki dua bentuk yakni huruf kapital atau huruf besar dan huruf kecil. Misalnya :

Contoh bentuk huruf kapital adalah : A, B, C, D, E, F, G dan seterusnya.

Contoh huruf biasa adalah : a, b , c, d, e, f, g dan seterusnya.

Memang ada beberapa huruf yang bentuk huruf huruf kapital atau huruf besarnya nyaris sama dengan huruf kecilnya, contohnya “ S “ dan “ s “, “ P “ dan “ p “ atau “ K “ dan “ k “. Jika diperhatikan bentuk dari huruf kapital dan huruf kecilnya sama saja namun jika diperhatikan dengan seksama tetap saja memiliki perbedaan yakni ukuran dari huruf kapital lebih besar dan bentuknya pun lebih tegas jika dibandingkan dengan huruf kecilnya.

Huruf kapital atau huruf besar ini sendiri biasanya digunakan sebagai huruf pertama  dari kata pertama di dalam sebuah kalimat, huruf pertama dari nama, huruf pertama dari nama kota dan lain sebagainya.

Tata Cara Penggunaan Huruf Kapital

Di dalam penggunaan huruf kapital atau huruf besar ini turut diatur di dalam penulisan Bahasa Indonesia dan ada beberapa aturan dari penggunaan huruf kapital yang telah dijadikan sebagai pengetahuan umum sehingga wajib untuk diketahui atau dipelajari.

Seperti pada awal kata dari sebuah kalimat harus menggunakan huruf kapital, selain itu di dalam penggunaan huruf kapital ini tidak hanya terdapat pada konyeks kalimat tersebut namun juga pada beberapa konteks penulisan yang jarang menjadi fokus perhatian di dalam penulisan.

Untuk itu kami telah merangkum dengan lengkap mengenai tata cara penggunaan huruf kapital yang baik dan benar. Berikut ini adalah tata cara penggunaan huruf kapital :

  1. Sebagai huruf pertama pada ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan termasuk ke dalam kata gantinya dan kitab suci seperti : Allah, Maha Esa, rahmat – Nya, Quran dan lainnya.
  2. Sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, bangsawan dan keagamaan yang diikuti dengan nama orang, contohnya seperti : Sultan Hasanuddin, Haji Syafi’i, Imam Malik dan lainnya.
  3. Sebagai huruf pertama pada nama jabatan dan nama pangkat yang diikuti dengan nama orang, instansi dan temat, contohnya seperti : Doktor Rendy, Bupati Banyuwangi, Menteri Olahraga dan Pemuda.
  4. Sebagai huruf pertama pada unsur unsure nama orang seperti : Khadijah, Ustman dan lainnya.
  5. Sebagai huruf pertama dari nama hari, bulan, tahun, hari raya dan peritiwa bersejarah, contohnya seperti : Senin, Juli, Hari Raya Idul Fitri.
  6. Sebagai huruf pertama untuk menyebut nama bangsa, bahasa dan suku, contohnya seperti : Indonesia, suku Badui, bahasa Inggris.
  7. Sebagai huruf pertama untuk semua nama geografi contohnya seperti, Selat Bali, Laut Jawa, Samudra Atlantik, Gunung Ijen.
  8. Sebagai huruf pertama nama Negara, lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan dan juga dokumen resmi contohnya seperti : undang undang Pendidikan, Keputusan Presiden, Mahkamah Agung, Republik Indonesia.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara menggunakan huruf kapital dengan benar serta pengertian dari huruf kapital. Jadi huruf kapital tak hanya huruf yang memiliki bentuk besar saja ya namun ada fungsi dan kegunaan di dalamnya.

Artikel Lainnya :