Interjeksi Adalah – Pengertian,  Jenis,  Fungsi dan Contoh

Posted on

Interjeksi Adalah – Pengertian,  Jenis,  Fungsi dan Contoh

Laelitm.com – Interjeksi adalah sebutan lain bagi kata seru. Nah, apa sih kata seru atau interjeksi ini? Bagi kamu yang belum tahu, sangat tepat sekali jika kamu datang ke website kami ini karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai interjeksi atau kata seru mulai dari pengertian, jenis, fungsi hingga contohnya yang disediakan lengkap untuk anda semua. Simak yuk penjelasannya berikut ini

Pengertian Interjeksi atau Kata Seru

Interjeksi atau yang biasa disebut dengan kata seru adalah kata – kata yang biasanya digunakan untuk menggambarkan sebuah perasaan seseorang seperti marah, sedih, gembira, sakit, heran, kagum, terkejut dan masih banyak yang lainnya.

Interjeksi merupakan kata yang digunakan untuk mengungkapkan rasa hati atau perasaan manusia, kata ini juga bisa digunakan untuk menguatkan ungkapan ekspresi yang ingin disampaikan oleh penulis mau pun pembicara.

Bisa dibilang interjeksi digunakan untuk menyatakan sebuah emosi yang diekspresikan ke dalam sebuah kalimat dan jika secara umum interjeksi adalah bentuk dasar dan tidak berkaitan dengan kata lain.

Interjeksi tak hanya bisa digunakan di dalam bentuk tulisan akan tetapi dalam bentuk percakapan akan tetapi harus memperhatikan jenis interjeksi yang akan digunakan pada tulisan mau pun pembicaraan. Interjeksi sendiri biasanya digunakan di dalam percakapan yang tidak formal dan cenderung tidak dianjurkan untuk bahkan harus dihindari untuk digunakan ke dalam konteks normal baik tulisan mau pun pembicaraan.

Jenis – Jenis Interjeksi Kata Seru

Berikut ini adalah jenis jenis interjeksi yang wajib kamu ketahui :

1.Berdasarkan Bentuknya

Jika berdasarkan bentuknya kata seru atau interjeksi bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini :

Interjeksi Kata Biasa

Kata seru asli yang tak dikaitkan dengan kata lain, misalnya seperti ah, oh, ih, wah, wow, duh, oh, huh dan lain sebagainya.

Interjeksi Kata Biasa

Kata seru yang diambil atau bisa juga berasal dari kata seperti berikut ini, ayo, sial, celaka, masa, aduh dan lainnya.

Interjeksi Gabungan

Kata ini berasal dari gabungan dua kata contohnya,  tak mungkin, apa boleh buat dan lainnya.

Interjeksi Tiruan Bunyi

Kata ini berasal dari imitasi bunyi atau menggunakan bunyi sebagai sebuah alat untuk mengungkapkan perasaan seperti, bum, krik, dor, brang, brrr dan lainnya.

Interjeksi Ungkapan

Kata ini berasal dari bahasa keagamaan contohnya seperti, alhamdulilah, syukurlah, astaghfirullah, masya Allah, innalillahi subhanallah, puji Tuhan, puji syukur.

2.Berdasarkan Fungsinya

Bedasarkan dengan fungsinya interjeksi dibedakan menjadi :

Ungkapan Keheranan : wah, aduh, masa, amboi, onde mande.

Contoh kalimat : Onde mande cantik nian gadis yang pakai kerudung merah itu ya.

Ungkapan Kekesalah : sial, brengsek, bangsat, disar, ih, ah.

Contoh kalimat : Brengsek sekali pria itu beraninya bawa kabur uang tabunganku setelah ketahuan selingkuh dengan sahabatku sendiri.

Ungkapan Syukur : alhamdulilah, syukurlah, puji Tuhan, Untung.

Contoh kalimat : Alhamdulillah dapat rejeki nomplok hari ini, kita bisa makan enak ya nak, sering sering saja seperti ini.

Ungkapan Pengharapan : mudah mudahan, insya Allah, semoga.

Contoh kalimat : mudah mudahan hasil ujian ku bagus, kalau sampai jelek malu akau pada teman teman.

Ungkapan Kekagetan : astaga, masya Allah, astagfirullah, gila, alamak.

Contoh kalimat : alamak kaget aku melihatmu tiba tiba saja masuk ke kamar tanpa ketuk pintu dulu.

Ungakapan Ajakan : ayo, yuk, mari, ayolah.

Contoh kalimat : ayo cepat kita sudah ditunggu sama guru pembimbing, jangan sampai telat kalau telat bisa bisa kita tidak bisa lulus tahun ini dan mengulang tahun depan.

Ungkapan Panggilan : hey, hai, halo, woy

Contoh kalimat : woy sini lempar bolanya, jangan diam saja mau main apa tidak. Kalau tidak mau main lebih baik keluar saja kau dari lapangan dasar tidak becus.

 

Jadi sudah tahu kana pa itu interjeksi atau kata seru? Semoga dengan pembahasan di atas bisa menambah ilmu pengetahuan kamu semua mengenai pengertian kata seru, jenis – jenis, fungsi beserta dengan contohnya. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya ya.

Artikel Lainnya :