Isi Perjanjian Saragosa

Posted on

Isi Perjanjian Saragosa

Isi Perjanjian Saragosa – Pernahkah kamu mendengar tentang perjanjian saragosa? Apa pentingnya perjanjian saragosa bagi Indonesia? Jika anda belum tahu, tidak perlu khawatir karena kali ini kita akan membahas mengenai perjanjian saragosa mulai dari latar belakang hingga tokoh yang terlibat di dalam perjanjian ini. berikut adalah ulasan lengkapnya.

Latar Belakang

Perjanjian Saragosa ini dilator belakangi oleh adanya sebuah pertikaian yang terjadi antara bangsa Spanyol dengan bangsa Portugis di dalam keinginan untuk memonopoli perdagangan rempah – rempah yang berada di wilayah Maluku.

Pada saat tersebut mulanya bangsa Portugis yang terlebih dahulu tiba di wilayah Maluku di tahun 1612 Masehi sedangkan bangsa Portugis disambut hangat oleh Kerajaan Ternate yang pada saat itu tengah bertikai dengan kerajaan Tidore.

Keadaan pun menjadi semakin memanas di antara Kerajaan Ternate dan Kerajaan Tidore pada saat terbunuhnya Sultan Hairun yang merupakan Raja Ternate yang wafat dikarenakan oleh bangsa Portugis. Hal ini dikarenakan mulanya warga Ternate mengira jika yang membunuh Sultan Hairun adalah Kerajaan Tidore.

Maka dari itu Raja dari Kerajaan Ternate sendiri dimintai bantuan dari bangsa Portugis untuk membuat sebuah benteng pertahanan yang digunakan sebagai hadiah karena bangsa Portugis diizinkan untuk melakukan monopoli perdagangan di daerah tersebut.

Akan tetapi pada tahun 1521 Masehu bangsa Spanyol pun datang di wilayah Kerajaan Tidore guna melakukan sebuah Ekspedisi yang tersembunyi dan tindakan dari bangsa Portugis ke wilayah Maluku yang melakukan monopoli perdagangan dengan bertindak sewenang – wenang serta kejam pada masyarakat hingga berniat untuk menguasai wilayah tersebut.

Maka dari itu bangsa Portugis menganggap Spanyol sudah melanggar perjanjian sebelumnya yang pernah terjadi yakni perjanjian Torsesillar yang diketahui oleh Paus. Sehingga antara bangsa Portugis dan bangsa Spanyol akhirnya membuat perjanjian baru dan perjanjian ini disebut dengan Perjanjian Saragosa.

Tokoh Perjanjian Saragosa

Ada dua tokoh yang terlibat di dalam perjanjian saragosa ini yaitu masing – masing pihak yang berasal dari Portugis dan Spanyol. Bangsa Portugis diwakili oleh Raja John III sedangkan pihak dari bangsa Spanyol sendiri diwakili oleh Cesar Charles V. perjanjian ini sendiri ditandatangai pada 22 April 1529 Masehi yang diadakan di kota Saragosa Spanyol.

Isi Perjanjian Saragosa

Isi dari perjanjian Saragosa sendiri dimaksudkan untuk membuat Portugis dan Spanyol tidak lagi bertikai mengenai wilayah kekuasaan dan wilayah jajahan maka dari itu dibuatlah sebuah perjanjian yang dikenal dengan perjanjian Saragosa dan berikut ini adalah isi dari perjanjian tersebut :

  1. Bumi terbagi berdasarkan dari 2 pengaruh, yaitu Pengaruh bangsa Spanyol dan Pengaruh bangsa Portugis.
  2. Pada wilayah kekuasaan bangsa Spanyol terbentang dari Meksiko bagian barat sampai dengan kepulauan Filipina.
  3. Pada wilayah kekuasaan bangsa Portugis terbentang dari Brasil bagian timur sampai dengan kepulauan Maluku.
  4. Daerah bagian Barat garis Kota Saragosa adalah Derah kekuasaan Portugis.
  5. Dearah bagian Timur garis Kota Saragosa adalah Daerah kekuasaan Spanyol.

Dampak Dari Perjanjian Saragosa

Perjanjian saragosa ini pun memiliki dampak yang dapat dirasakan baik secara langsung mau pun secara tidak langsung dan berikut ini adalah dampak dari perjanjian saragosa tersebut pada Portugis dan Spanyol serta dunia :

  1. Munculnya pemikiran bagi sebagian orang yang menganggap jika bumi itu bulat bukannya datar.
  2. Wilayah Maluku menjadi salah satu kawasan perdagangan yang paling terkenal dan berpengaruh di dunia.
  3. Bangsa Portugis mulai untuk menanamkan kekuasaan di wilayah Maluku untuk memonopoli perdagangan rempah rempah.
  4. Bangsa Spanyol mengklaim jika bangsa Filiphina adalah daerah kekuasaannya karena bangsa Spanyol yang pertama kali menemukan kawasan ini.
  5. Rempah – rempah yang dihasilkan di Maluku menjadi salah satu komoditi paling terkenal di mata dunia.
  6. Kerajaan Ternate di Maluku akhirnya di ambil alih oleh Bangsa Portugis.

 

Sekarang sudah tahu kan, apa isi perjanjian Saragosa dan dampak yang terjadi setelah Portugis dan Spanyol melakukan perjanjian ini bagi Indonesia dan dunia. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kamu semua sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :