Isi Tritura – Latar Belakang, Kabinet, Tujuan dan Dampak

Posted on

Isi Tritura – Latar Belakang, Kabinet, Tujuan dan Dampak

Isi Tritura – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai isi Tritura, latar belakang, kabinet hingga tujuan dan dampak yang dialami. Tritura sendiri adalah Tri Tuntutan Rakyat yang disampaikan para mahasiswa pada pemerintahan di masanya. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak pembahasannya di bawah ini ya.

Latar Belakang Tritura

Tritura atau Tri Tunturan Rakyat sendiri yang melatar belakangi terjadinya gerakan 30 September atau yang biasa dikenal dengan G30SPKI, karena kejadian ini sendiri didalangi oleh PKI. Setelah kejadian yang terjadi pada 30 September tersebut, ada banyak sekali ormas – ormas utamanya yang berasal dari kelompok mahasiswa mengadakan aksi demonstrasi secara  besar – besaran guna menuntuk pada pemerintah mengenai beberapa hal.

Tuntutan ini lah yang akhirnya disebut dengan Tritura yakni Tri Tuntutan Rakyat atau Tiga Tuntutan Rakyat. Salah satu tuntutannya adalah dengan membubarkan PKI yang ada kaitannya dengan tragedi 30 September. Akan tetapi pemerintah pada saat itu tidak serma merta langsung mengambi tindakan yang tegas terhadap PKI karena selain ekonomi sedang memburuk, harga – harga juga semakin melambung tinggi sehingga menambah keresahan yang terjadi pada rakyat.

Maka pada tangga 25 Oktober 1965 dibentuklah Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia yang biasa dikenal dengan KAMI, yang kemudian diikuti oleh kesatuan – kesatuan aksi yang lainnya, sebut saja Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI), Kesatuan Aksi Buruh Indonesia (KABI), Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI), Kesatuan Aksi Wanita Indonesia (KAWI), dan juga Kesatuan Aksi Guru Indonesia (KAGI).

Oraganisasi – organisasi yang dibentuk tersebut melalukan demonstrasi secara besar – besaran, namun meski begitu pemerintah tak kunjung segera mengambil sebuah tindakan sehingga pada tanggal 10 Januaari 1966 KAMI dan KAPPI menjadi pelopor dalam kesatuan aksi di dalam Front Pancasila yang mendatangi DPR – GR untuk menuntut tiga tuntutan rakyat yang dikenal dengan Tritura.

Berikut Ini Isi Tritura (Tri Tuntutan Rakyat)

  1. Pembubaran PKI (Partai Komunis Indonesia)
  2. Pembersihan kabinet dari unsur-unsur G 30 S / PKI.
  3. Penurunan harga/perbaikan ekonomi.

Tiga tuntutan yang ada di atas merupakan dasar yang menjadi keresahan rakyat Indonesia pada saat itu. Selain pembubaran PKI dan juga ormas – ormasnya serta pembersihan cabinet  G30 S PKI, rakyat juga menuntut mengenai ekonomi yang pada saat itu sedang mengalami krisis yang mengakibatkan semua kebutuhan naik secara signifikan. Sehingga Rakyat Indonesia menginginkan perubahan ekonomi utamanya pada penurunan harga – harga kebutuhan.

Pada akhinya tujuan dari Tri Tuntutan Rakyat atau Tritura bisa terwujud dengan keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966 yang disebut Supersemar yang memberikan perintah pada Jenderal Suharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia atau PKI dan juga ormas – ormasnya. Tak hanya itu saja, Supersemar juga mengamanatkan untuk bisa meningkatkan perekonomian Indonesia sehingga bisa terwujud kesejahteraan sosial dan juga ekonomi bagi seluruh Rakyat di Indonesia.

Tujuan Tritura (Tri Tuntutan Rakyat)

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi jika tujuan utama dari Tritura ini adalah untuk membubarkan PKI dan juga ormas – ormasnya dan yang terpenting adalah untuk membersihkan cabinet dari unsur – unsur G 30 S PKI. Tak hanya itu saja, tujuan utamanya juga adalah untuk meminta pemerintah menurunkan harga dan menstabilkannya kembali serta memperbaiki perekonomian Indonesia karena rakyat telah dibuat menderita dengan melambungkah harga – harga terutama harga pokok.

Ketiga hal yang dituntut tersebut memang sangat meresahkan dan membuat rakyat merasa menderita. PKI sendiri telah mencoreng sejarang Bangsa Indonesia dengan melakukan penculikan beberapa tokoh penting dan membunuh mereka semua. PKI juga menguasai cabinet pemerintahan sehingga merusak perekonomian di Indonesia kala itu.

Plopor Tritura (Tri Tuntutan Rakyat)

Tritura tentu tidak akan berjalan tanpa adanya pelopor yang maju ke barisan depan untuk melakukan demo secara besar – besaran pada 10 Januari 1966. Berikut ini pelopor yang ada di balik Tritura.

  1. Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI)
  2. Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI)
  3. Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI)
  4. Kesatuan Aksi Buruh Indonesia (KABI)
  5. Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI)
  6. Kesatuan Aksi Wanita Indonesia (KAWI)
  7. Kesatuan Aksi Guru Indonesia (KAGI)

Demikian penjelasan mengenai Trituran atau Tri Tuntutan Rakyat mulai dari latar belakang, tujuan hingga pelopor dari gerakan ini.

Artikel Berikutnya