Jenis-Jenis Magnet Didalam Ilmu Fisika

Posted on

Jenis-Jenis Magnet Didalam Ilmu Fisika

Laelitm.com – Anda pasti mengetahui apa itu magnet atau bahkan pernah memanfaatkan magnet untuk digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis – jenis magnet di dalam ilmu fisika yang wajib anda ketahui, karena magnet sendiri sering sekali kita manfaat untuk segala macam aktifitas sehari – hari, bahkan untuk kegiatan sederhana sering sekali memanfaatkan magnet.

Magnet sendiri adalah sebuah benda yang dapat atau memiliki kemampuan untuk menarik benda – benda lainnya yang berada di dekatnya. Mungkin setiap hari anda pun sering melihat magnet, contohnya seperti dompet yang anda gunakan biasanya menggunakan penutup yang dapat menempel tanpa harus mengikat dompet tersebut dengan sebuah tali sehingga kehadiran magnet ini dapat membuat dompet bisa terkunci atau tertutup tapi tetap  tidak mengganggu keindahan dompet tersebut.

Selain dompet masih ada banyak sekali benda yang mengandung magnet agar lebih mudah untuk digunakan seperti gunting, obeng, pengeras suara, kulkas dan masih banyak yang lainnya.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa di dalam kehidupan sehari – hari magnet sangat membantu anda di dalam semua kegiatan bahkan didalam kendaraan bermotor pun tanpa anda sadari juga mempunyai magnet yang berada di dalam dynamo pengisian atau yang disebut dengan aki atau di tempat yang lainnya.

Sehingga di dalam perkembangannya di dalam kehidupan manusia magnet ini sangatlah penting dan mulai berkembang dengan pesat karena di zaman sekarang ini hampir semua benda membutuhkan magnet. Sedangkan itu, magnet sendiri memiliki dua jenis yakni magnet alam dan magnet buatan.

Apa itu magnet alam dan buatan serta apa perbedaannya? Mungkin selama ini anda hanya mengetahui magnet saja tanpa tahu jika sebenarnya magnet memiliki dua jenis yang berbeda yang bisa dipelajari. Tak bisa dipungkiri jika bagi orang awam magnet hanya memiliki satu jenis.

Maka dari itu, untuk kali ini kita telah memberikan penjelasan mengenai jenis – jenis magnet yang wajib untuk anda ketahui terutama bagi anda seorang pelajar yang sedang mencari materi pembahasan ini, karena magnet juga menjadi materi yang sering sekali dipelajari di sekolah.

Jenis – Jenis Magnet

Tanpa anda tahu, sebenarnya magnet dibedakan menjadi dua jenis yakni magnet alam dan magnet buatan, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk anda.

Magnet alam

Jenis magnet yang pertama adalah magnet alam yang adalah magnet yang telah memiliki sifat kemagnetan secara alami, alami di sini sendiri memiliki arti tidak ada campur tangan dari manusia yang membuatnya, contoh dari magnet alam adalah gunung yang berasal dari magnesia yang dapat menarik berbagai macam benda yang terdapat di sekitarnya.

Magnet Buatan

Jenis magnet yang berikutnya adalah magnet buatan yang merupakan magnet yang sengaja dibuat oleh manusia dan magnet ini sendiri secara umum dibuat dengan menggunakan bahan – bahan yang mengandung magnetik yang kuat contohnya seperti baja dan juga besi.

Akan tetapi magnet buatan ini juga dibagi kembali menjadi dua jenis yakni :

  1. Magnet Tetap Atau Permanen merupakan magnet yang mempunyai sifat kemagnetan yang tetap atau permanen sehingga tidak bisa hilang sifat kemagnetannya ini meski proses dari pembuatannya telah dihentikan.
  2. Magnet Sementara Remanen merupakan magnet yang mempunyai sifat kemagnetan yang hanya sementara saja karena sifat magnet yang dimilikinya hanya sementara saja dan akan hilang sifat kemagnetannya ini pada saat pembuatannya selesai.

Jadi sudah tahu kan, jika magnet memiliki beberapa jenis yakni magnet alami dan magnet buatan.

Selain itu magnet secara umum bisa anda temukan di dalam kehidupan anda sehari – hari karena magnet memiliki fungsi sebagai pelengkap beberapa macam kebutuhan anda, magnet yang biasa digunakan oleh manusia di kegiatan sehari – hari adalah magnet buatan, sementara magnet alam masih belum bisa untuk dimanfaatkan dalam kegiatan sehari – hari seperti magnet buatan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai jenis – jenis magnet dan penejelasannya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan artikel kami yang berikutnya.

Artikel Lainnya :