Jenis Jenis Sudut – Pengertian Beserta Contohnya

Posted on

Jenis Jenis Sudut – Pengertian Beserta Contohnya

Laelitm.com – Kata sudut tentu sering anda dengar dan dangat familiar karena sudut bisa ditemukan sehari – hari di sekitar kita akan tetapi masih banyak yang belum bisa membedakan berbagai macam sudut seperti sudut lancip dan juga sudut siku – siku sehingga dalam artikel ini kita akan membahas dengan jelas mengenai pengertian dan contoh sudut yang ada di dalam materi matematika sehingga membuat anda menjadi lebih mengetahui mengenai pengertian tentang sudut.

Salah satu contoh sederhana mengenai sudut adalah pada saat anda berada di dalam ruangan maka anda akan bisa melihat sudut ruangan yang sering disebut juga dengan pojok. Setiap rumah atau ruangan secara umum memiliki 4 sudut meski dengan perkembangan zaman sekarang ini telah ada ruangan yang hanya menggunakan 3 sudut hal ini tak bisa terlepas dari semakin majunya teknologi di dalam segala bidang

Pengertian Sudut

Sudut merupakan suatu daerah yang dibentuk dari dua buah garis lurus yang saling bertemu di satu titik pangkal yang sama dan titik itu sendiri biasanya disebut dengan titiki vertex.

Penamaan Sudut

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sudut dan jenis – jenisnya, coba perhatikan contoh gambar yang ada di bawah ini :

Apabila dilihat anda akan menemukan 4 buah titik sudut yang masing masingnya diberi nama T, U, V, W yang masing masing sudut diberi nama dengan nama sudut a, b, c dan juga d. Nama sudut tersebut dapat diletakkan persis di titik vertexnya akan tetapi jika sudut tidak diberi nama secara khusus maka bisa diganti dengan menggunakan nama titik sudutnya sendiri. Untuk cara memberikan nama sendiri dapat menggunakan 3 buah huruf yang merupakan titik vertek sebagai contoh menggunakan X,Y,Z

Jenis Jenis Sudut

  1. Sudut Siku – Siku

Sudut siku siku ini merupakan sudut yang sangat penting dan juga sering sekali dilihat di dalam kehidupan sehari hari anda. Contoh dari sudut siku siku ini sendiri adalah pintu rumah, lemari atau juga buku buku yang sering anda baca merupakan contoh dari sudut siku siku

Lambang dari sudut siku-siku ini adalah ⊥⌈⌉⌊⌋

  1. Sudut Lurus

Sudut yang berkutnya adalah sudut lurus. Untuk mengetahui sudut lurus anda bisa melihat gambar yang ada di bawah ini :

Ada dua buah segituga siku siku pada gambar di atas terdapat dua siku siku yang terhimpit oleh segitiga yang keduanya merupakan sisi siku siku yang terhimpit tersebut memiliki bentuk garis lurus di bagian tengahnya.

Kedua buah sudut siku siku yang terdapat pada gambar di atas jika dijumlahkan maka akan menghasilkan satu sudut lurus.

Jenis Jenis Sudut Lainnya

Selain jenis jenis sudut yang sudah disebutkan di atas masih ada sudut lain yang belum banyak diketahui. Berikut ini adalah jenis sudut lainnya yang wajib anda ketahui :

  1. Sudut Lancip merupakan sudut yang besarnya di antara 0º dan 90º atau 0º <α < 90º, α itu lah yang merupakan sudut lancip.
  2. Sudut Siku-Siku merupakan sudut yang mempunyai besar 90º
  3. Sudut Tumpul merupakan sudut yang memiliki besar di antara 90º dan 180º atau bisa juga 90º < α <180º , α itu lah yang merupakan sudut tumpul.
  4. Sudut Lurus merupakan sudut yang mempunyai besar 180º
  5. Sudut Refleks merupakan sudut yang mempunyai besar di antara 180º dan 360º, 180º < α < 360º

Sudah tahu kan, pengertian dan jenis jenis sudut matematika yang sering sekali anda temukan di sekitar kita dan di kehidupan sehari – hari. Semoga dari pembahasan di atas bisa membuat anda mendapatkan ilmu pengetahuan baru, karena meski sudut sering dijumpai setiap hari namun masih banyak yang belum mengetahui nama, pengertian bahkan jenis sudut yang ada.

Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya, karena kami akan selalu hadir untuk memberikan materi pembelajaran yang bermanfaat, jangan lupa untuk mampir lagi di website kami ya!

Artikel Lainnya :