Kalimat Berita

Posted on

Kalimat Berita

Kalimat Berita adalah sebuah kalimat yang memiliki bentuk dari salah satu jenis kalimat yang berisikan mengenai sebuah informasi atau pun sebuah peristiwa yang dipaparkan, kalimat ini sendiri memiliki tujuan untuk dapat menyampaikan sebuah informasi pada pembaca dan juga pendengarnya untuk bisa mengetahui tentang sebuag informasi mau pun sebuah peristiwa yang tengah terjadi pada saat ini.

Ciri-ciri Kalimat Berita

Kalimat berita sendiri memiliki beberapa ciri ciri khas yang dapat digunakan untuk membedakannya dengan kalimat lain yang ada di bawahnya sebagai berikut ini :

  1. Kalimat berita selalu diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan sebuah tanda titik ( . ).
  2. Apabila Kalimat Berita ini dinyatakan di dalam bentuk lisa maka intonasi atau tinggi rendahnya nada yang digunakan untuk menyampaikan kalimat ini memiliki sifat datar atau lebih netral.
  3. Kalimat Berita ini sendiri biasanya berisikan mengenai sebuah pemberitahuan mengenai suatu informasi tertentu.
  4. Kalimat Berita biasanya juga disertai dengan sebuah fakta atau bukan hanya opini dari seseorang atau sebuah kelompok saja.

Jenis – Jenis Kalimat Berita

Kalimat Berita dibedakan menjadi beberapa jenis dan berikut ini adalah jenis jenis dari Kalimat Berita yang disertai dengan penjelasan dan contohnya :

  1. Kalimat Berita Berdasarkan Isinya

Kalimat Berita Positif

Kalimat Berita positif ini adalah salah satu dari bentuk Kalimat Berita yang berisikan mengenai sebuah pemberitahuan tentang suatu informasi bukannya berisikan tentang sebuah pegingkaran atau penyangkalan mengenai sebuah informasi yang ada. intinya Kalimat Berita ini tidak mengangdung kata penyangkalan seperti tidak atau bukan.

Contoh :

Faisal merupakan pemenang lomba badminton tunggal putera ke Jakarta.

Karena lelah setelah bekerja keras akhirnya keluarga Pak Rudi memutuskan untuk berlibur ke Bali.

Lusa di sekolah akan diadakan loma puisi.

 

Kalimat Berita Negatif

Kalimat Berita yang satu ini adalah bentuk Kalimat Berita berita yang berisikan sebuah pengingkaran atau penyangkalan mengenai suatu hal atau suatu informasi tertentu dan Kalimat Berita negatif ini adalah kebalikan dari Kalimat Berita positif sehingga di dalam Kalimat Berita ini memiliki ciri khas dengan menggunakan kata tidak dan bukan yang merupakan kata pengingkaran atau penyangkalan.

Contoh :

Rupanya pria yang berkacamata itu bukanlah pacar Sari

Andi tidak masuk sekolah lebih dari satu minggu

Ternyata suara yang merdu yang kita dengar kemarin bukan suata Kila

 

  1. Kalimat Berita Berdasarkan Penyampaiannya

Kalimat Berita Langsung

Kalimat Berita langsung merupakan salah satu Kalimat Berita yang memuat tentang suatu peristiwa atau kejadian yang beradal dari kutipan mau pun ujaran dari seseorang yang kemudian disampaikan kembali secara persis sesuai dengan yang aslinya. Ciri dari Kalimat Berita yang satu ini adalah bisa dilihat dari intonasi yang digunakan di dalam kalimat kutipan yang memiliki nada lebih tinggi jika dibandingkan dengan kalimat pengiringnya.

Contoh :

Ayah berpesan, “ Kiki tidak boleh keluar rumah karena dia sedang dihukum”.

Pak Guru selalu mengatakan “Kami harus menjadi orang yang berguna bagi Nusa, Bangsa dan juga Agama”.

Kalimat Berita Tak Langsung

Kalimat Berita tak langusng adalah salah satu kalimat berita yang disampaikan oleh orang lain namun hasilnya tak sama persis dengan penutur aslinya, karena informasi yang didapatkan tidak langsung disampaikan kembali oleh orang yang menyampaikannya sehinga Kalimat Berita ini akan menggunakan kalimat yang berbeda namun dengan isi yang tetap sama. Kalimat Berita ini memiliki ciri khas yakni intonasi yang menurun di akhir kalimat.

Contoh :

Pak Polisi telah menjelaskan jika mereka sudah menangkap pelaku begal yang sudah sangat meresahkan warga selama dua minggu ini.

Pak Guru memberikan pengumuman di depan kelas mengenai acara kerja bakti yang akan diadakan pada sabtu ini sehingga murid murid diminta untuk membawa peralatan seperti cangkul, ember dan alat pel.

Wakil Menteri telah memberikan klarifikasi jika dirinya tak terlibat dalam kasus suap yang sedang dihadapi rekannya.

 

Nah, jadi sekarang sudah tahu dong apa itu Kalimat Berita beserta dengan contoh. Semoga bermanfaat ya.

 

Artikel Lainnya :