Kalimat Konjungsi Pertentangan – Pengertian dan Contohnya

Posted on

Kalimat Konjungsi Pertentangan – Pengertian dan Contohnya

Laelitm.com – Kalimat konjungsi merupakan kata tugas yang memiliki kegunaan untuk menghubungkan antarklausa, antarkalimat hingga antarparagraf. Kalimat konjungsi ini sendiri biasanya diletakkan di tengah kalimat sedangkan untuk kata penghubung akan diletakkan pada antarkalimat yang berada di awal kalimat, atau bisa juga diletakkan setelah tanda titik, tanda seru atau pun tanda tanya.

Sedangkan kata penghubung untuk antar paragraf akan diletakkan di awal paragraf.

Kata konjungsi memiliki beberapa jenis, dan yang akan kita bahas kali ini adalah kalimat konjungsi pertentangan. Nah, apa itu kalimat konjungsi pertentangan? Sahabat belajar pastinya sudah penasaran kan, yuk simak di bawah ini penjelasan lengkap mengenai kalimat konjungsi pertemtangan mulai dari pengertian hingga contohnya lengkap untuk sahabat belajar.

Pengertian Kalimat Konjungsi Pertentangan

Kalimat konjungsi pertentangan ini sendiri merupakan kalimat yang isinya saling berlawanan satu sama lain dengan pernyataan dengan pernyataan yang lainnya.

Biasanya sih, kalimat konjungsi pertentangan ini menggunakan kata kata seperti namu, padahal, sebalinya dan akan tetapi.

Jika dilihat sekilas kalimat pertentangan memiliki kemiripan dengan kalimat perbandingan. Tapi jika dilihat sekilas pastilah ada perbedaan. Perbedaannya terletak pada artik dari kedua kalimat tersebut.

Kalimat pertentangan memiliki arti untuk menghubungkan sesuatu yang berbeda dalam satu kalimat.

Sedangkan pada kalimat perbandingan memiliki tujuan untuk membandingkan dua hal yang berbeda dengan satu objek.

 

20+ Contoh Kalimat Konjungsi Pertentangan

  1. Ayah memang pulang semalam untuk membawa kue ulang tahun, namun akhirnya pergi lagi karena Ayah harus kembali bekerja.
  2. Kiki yang malas hanya nonton tv saja sedangkan kakaknya yang rajin sedang mengerjakan PR Sekolahnya.
  3. Meskipun Rina merupakan anak yang bekebutuhan khusus namun Rina tidak pernah menyerah, dirinya bahkan berhasil menang lomba berenang di sekolahnya melawan anak anak normal lainnya.
  4. Karena terlalu banyak bermain, prestasi akademik Ani pun mulai menurun pada semester ini, sebaliknya dengan prestasi akademik Kakaknya yang mengalami peningkatan hingga berhasil menjadi juara kelas.
  5. Padahal jarak rumah ke sekolah sangat dekat tetapi Andi selalu minta untuk dijemput oleh Ibunya.
  6. Ibu sedang mengepel ruang tamu sedangkan adik sedang belajar di depan teve.
  7. Fadil sangat menyukai anjing sebaliknya Fadlan sangat takut dengan anjing.
  8. Padahal aku ingin liburan ke Malang pada libur semester ini akan tetapi niat ini harus diurungkan karena kondisi kesehatan ibu yang tiba tiba menurun sehingga aku harus menjaga dan merawatnya.
  9. Tari sangat suka memakan buah durian sedangkan Ibunya tidak suka dengan aroma buah durian apalagi memakannya.
  10. Meski Lani sudah lama mengenal dan berteman dengan Rudi, tapi dirinya selama ini tidak pernah mengenal dengan baik temannya itu karena sifat Rudi yang sangat tertutup.
  11. Sebenarnya uang tabungan ku yang ku dapat dari menyisakan uang saku akan aku belikan tas baru namun adik sakit sehingga aku harus merelakan uang itu digunakan untuk membantu ibu membayar biaya rumah sakit adik ku.
  12. Ayah ku bekerja sebagai buruh tani sedangkan ibu ku bekerja sebagai pengumpul barang bekas.
  13. Meski hujan deras mengguyur lapangan namun ribuan penonton tetap asyik menikmati konser yang sedang berlangsung sambil diguyur di bawah hujan mereka menyanyi dan menari bersama – sama.
  14. Aku ingin sekali membelikan kado ulang tahun untuknya, akan tetapi aku masih bingung dan tidak tahu harus membelikan kado apa yang tepat dan pastinya disukainya.
  15. Karena pintar Kakak berhasil masuk ke Universitas Indonesia sedangkan adik hanya mampu masuk ke universitas swasta.
  16. Aku ingin sekali datang dan hadir ke acara reuni sekolah namun sayang aku sedang berada di luar kota sehingga tidak dapat hadir di reuni sekolah dan bertemu dengan kawan kawan lama.
  17. Pada saat berpapasan di jalan, aku menyapanya namun dia justru pura pura tidak melihatku dan seolah tidak mengenalku padahal aku dan dia dulu teman baik saat masih bersekolah di sekolah dasar.
  18. Johnnie adalah anak yang riang sedangkan Susan adalah anak yang pendiam dan suka menutup diri sehingga terlihat murung setiap waktu.
  19. Ternyata aku masih saja telat datang ke sekolah padahal aku sudah berusaha untuk datang lebih pagi daripada biasanya.
  20. Aku ingin membersihkan rumah dan mengepel lantai tapi tidak bisa ku lakukan karena ada adik yang bermain di lantai.

 

Demikian contoh kalimat konjungsi perbandingan menutup pembahasan kita pada kali ini, sampai jumpa di pembahasan berikutnya.