Kalor Jenis Air – Pengertian, Cara Menghitung, Satuan, Contoh

Posted on

Kalor Jenis Air – Pengertian, Cara Menghitung, Satuan, Contoh

Kalor merupakan panas yang bisa berpindah dari benda yang memiliki kelebihan kalor menuju benda yang kekurangan kalor. Kalor jenis merupakan banyaknya kalor yang diperlukan atau pun diserap oleh sekitar 1 gram zat yang digunakan untuk menaikkan suhu sekitar 1⁰C. Kalor jenis sendiri juga bisa diartikan dengan kemampuan dari suatu benda untuk dapat melepaskan atau pun menerima kalor.

 

Kalor jenis air adalah 1 J/g°C, ini berarti :

  1. Untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1°C diperlukan kalor sebesar 1 kalori
  2. Untuk menaikkan suhu 1 kg air sebesar 1°C diperlukan kalor sebesar 1 kalori
  3. Untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1°C diperlukan kalor sebesar 1 joule.
  4. Setiap kenaikan suhu 1 kg air sebesar 1°C diperlukan kalor sebesar 1 joule.

 

Tahukah kenapa saat memegang gelas berisi air panas, tangan kita ikut kepanasan?  Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan kalor yang berpindah dari mulanya air lalu kemudian dipindahkan ke dalam gelas hingga akhirnya berada di tangan anda. Dari sini, sudahkah anda mengetahui apa itu kalor? Jika masih bingung, artikel ini akan memberikan pembahasannya lebih lanjut mengenai pengertian lengkap kalor, rumus beserta dengan contoh soal yang bisa anda gunakan untuk melatih kemampuan, dan jika belum bisa mengerjakannya dengan benar, kami juga menyediakan jawaban yang bisa anda cek di bawahnya. Berikut ini adalah pengertian lengkap mengenai kalor.

 

Pengertian Kalor dan Rumusnya

Kalor merupakan bentuk energi yaitu energi panas, dikarenakan bentuk energy maka di dalam sistem SI kalor mempunyai satuan joule.

Kesetaraannya:

1 kal = 4,2 joule atau

1joule = 0,24 kal

Artinya di dalam sistem SI, kalor jenis ini sendiri bisa didefinisikan sebagai kalor yang bisa dibutuhkan 1 kg benda agar suhunya menjadi naik menjadi 1K.

Seperti yang telah dijelasnya tentang kalor yakni yang merupakan panas yang bisa berpindah dari benda yang memiliki kelebihan kalor menuju benda yang kekurangan kalor. Kalor biasanya dinyatakan dalam suhu. Dalam satuan internasional, kalor dinyatakan dengan Joule. Satuan lainnya dinyatakan dengan kalori. Nah, sobat juga perlu tahu pernyataan ini:

Kalori sendiri didefinisikan sebagai banyaknya kalor yang diperlukan untuk bisa memanaskan sekitar 1 kg air sebesar 1⁰C.

1 kalori nilainya sama dengan  4.2 joule dan 1 joule nilainya sama dengan 0.24 kalori

Kalor jenis merupakan banyaknya kalor yang diserap atau pun diperlukan oleh 1 gram zat untuk menaikkan suhu sebesar 1⁰C. Kalor jenis ini sendiri juga bisa diartikal sebagai kemampuan pada suatu benda untuk bisa melepas atau pun menerima kalor.

 

Contoh Soal

  1. Apabila ada sebanyak 300 gram air yang dipanaskan dengan menggunakan suhu 30oC hingga suhunya berubah menjadi 50oC. Apabila kalor jenis air ini adalah 1 kal/goC atau 4.200 J/kg K,

Maka coba anda tentukan:

A.Banyaknya kalor yang diterima air tersebut (dalam kalori).

B.Banyaknya kalor yang diterima air tersebut (dalam joule).

 

Dari contoh soal di atas apakah anda sudah bisa untuk memecahkannya, jika tidak anda merasa tidak bisa atau bahkan kurang yakin, anda bisa melihat cara penyelesainnya di bawah ini.

 

Penyelesaian:

Diketahui:

m = 300 g = 0,3 kg

∆T = 50oC – 30oC = 20oC

c = 1 kal/goC = 4.200 J/kg K

 

Ditanyakan: Q dalam kalor dan joule

Jawab:

A) Menentukan jumlah kalor dalam kalori

Q = mc∆T

Q = 300 g × 1 kal/goC × 20oC

Q = 6.000 kalori

 

Jadi, banyaknya kalor yang diterima air tersebut adalah 6.000 kalori.

 

B) Menentukan jumlah kalor dalam joule

Q = mc∆T

Q = 0,3 kg × 4.200 J/kg K × 20 K

Q = 6.000 kalori

Q = 25.200 joule

 

Perlu anda ingat karena sangat penting, bahwa perubahan suhu dari satuan celcius dan Kelvin ini nilainya sama sehingga tidak perlu anda melakukan konversi satuan terlebih dahulu pada saat menghitungnya.

 

Atau anda juga bisa menggunakan kesetaraan di antara kalori dan joule yang diketahui jika:

1 kalori = 4,2 joule sehingga:

Q = 6.000 × 4,2 joule = 25.200 joule.

 

  1. Suatu zat cair bermasa 10 kg dipanaskan dari suhu 25°C menjadi 75°C membutuhkan panas sebesar 5000 Joule. Maka kalor jenis air tersebut adalah

Penyelesaian :

Diketahui :

m =10 kg

Q =5000 joule

T1 =25° C

T2 =75° C

Ditanya : c…?

Jawab :

Q =m.c. ΔT

ΔT =T2-T1

ΔT =75°C-25°C

ΔT =50°C

c =Q/m.Δt

c =5000 j/(10 kg.50°C)

c =10 J/kg°C

 

Sudah tahu kan, apa itu pengertian kalor dan penjelasan lengkapnya? Anda juga bisa berlatih dengan contoh soal yang kami diberikan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan tunggu kami di pembahasan selanjutnya ya!

 

Artikel Lainnya: