Karangan – Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Unsurnya

Posted on

Karangan – Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Unsurnya

Laelitm.com – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai ringkasan, maka kali ini kita akan membahas mengenai karangan. Apa itu karangan? Dan apakah karangan sama dengan ringkasan? Untuk lebih jelasnya kita simak saja yuk, ulasan di bawah ini karena kami telah menyiapak penjelasan lengkap meliputi pengertian karangan, jenis, fungsi, manfaat hingga strukturnya, lengkap hanya untuk kamu.

Pengertian Karangan

Karangan adalah sebuah bentuk tulisan yang mengungkapkan sebuah pikiran dan juga perasaan dari seroang pengarang di dalam satu kesatuan dan juga tema yang utuh. Karangan sendiri diartikan juga sebagai rangkaian dari hasil pemikiran mau pun ungkapan perasaan ke dalam sebuah bentuk tulisan yang teratur.

Jadi beda ya, karangan dan ringkasan. Jangan sampai salah loh, karena pastinya saat kamu sedang duduk di bangku sekolah, atau bagi kamu yang sekarang masih bersekolah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah ke atas pastinya sering sekali diminta untuk membuat karangan oleh guru kalian bukan. Contohnya saja membuat karangan mengenai liburan semester yang baru saja kalian lalui. Ke mana saja kamu selama liburan ini dan kegiatan apa saja yang kamu lakukan selama liburan. Semua bisa kamu tulis dan tuangkan ke dalam bentuk sebuah karangan.

Yuk, lebih lanjut membahas mengenai karangan.

Jenis-Jenis Karangan

Jika berdasarkan dengan tujuannya karangan sendiri dibagi menjadi beberapa jenis dan berikut ini adalah jeni jenis dari karangan :

  1. Karangan narasi adalah karangan yang menceritakan mengenai suatu peristiwa mau pun kejadi yang bertujuan agar pembaca seolah – olah mengalami kejadian yang diceritakan oleh penulis.
  2. Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan untuk membuat pemnaca seolah – olah melihat sendiri secara langsung objek yang digambarkan oleh penulis.
  3. Karangan eksposisi adalah karangan yang memaparkan sejumlah pengetahuan mau pun informasi, yang dipaparkan sejelas jelasnya serta mengemukakan data mau pun fakta untuk memperjelas pemaparannya.
  4. Karangan argumentasi adalah karangan yang memiliki tujuan untuk membuktikan suatu kebenaran yang terjadi sehingga membuat pembaca menjadi yakin tentang kebenaran dari karangan tersebut, selain itu pada karangan ini dibutuhkan pembuktian berupa data dan fakta yang solid dan meyakinkan.
  5. Karangan persuasi adalah karangan yang memiliki tujuan agar mampu untuk mempengaruhi pembaca, dan karangan ini pun membutuhkan data guna menunjang kebenaran dari karangan ini agar bisa menarik simpati pembaca.

Fungsi Atau Manfaat Karangan

Karangan sendiri tentu memiliki fungsi dan manfaat tertentu tak hanya bagi pembaca namun juga dari sisi penulis. Nah, kira – kira apa ya fungsi dan manfaat karangan. Berikut ini ulasannya.

  1. Guna mempermudah penulisan sebuah karya tulis agar manjadi lebih sistematis dan juga rapih sehingga mudah untuk dimengerti.
  2. Berfungsi untuk mencegah penulis keluar dari ide awal yang hendak dibahasnya di dalam suatu karangan yang hendak digarap.
  3. Membantu untuk mencegah penulis untuk membahas satu ide mau pun topik bahasan yang telah dibahas sebelumnya.
  4. Membantu untuk memudahkan penulis guna mencari informasi pendukun suatu karangan yang berupa data mau pun fakta.
  5. Berguna untuk membantu penulis dalam mengembangkan ide ide yang hendak ditulis di dalam suatu karangan agar karangan tersebut dapat menjadi lebih variatif dan juga lebih menarik.

Unsur-Unsur Karangan

Di dalam membuat sebuah karangan tentu bukan hanya asal menulis saja akan tetapi seperti karya tulis lainnya sebuah karangan yang baik tentulah harus memiliki empat unsur utama di dalamnya, yakni sebagai berikut ini :

1.Gagasan

Gagasan adalah pendapat, pengalaman mau pun pengetahuan yang ada di dalam pemikiran penulis yang kemudian dituangkan ke dalam sebuah karangan.

2.Tuturan

Merupakan bentuk dari pengungkapan gagasan sehingga bisa dipahami dan diterima oleh pembaca dan kepustakaan.

3.Tatanan

Tatanan adalah pengaturan maupun penyusunan gagasan dengan mengindahkan berbagai asas aturan dan juga teknik yang ada.

4.Wahana

Wahana adalah sarana pengantar gagasan berupa bahasa tulis terutama yang menyangkut kosa kata, retorika dan juga gramatika.

 

Nah, sudah tahu kana pa itu karangan mulai dari pengertian hingga unsur yang wajib ada di dalamnya. Semoga bermanfaat untuk kamu semua ya.

Artikel Lainnya :