Kata Arkais – Pengertian, Makna, dilengkapi contohnya

Posted on

Pengertian Kata Arkais dan Contohnya yang Harus Anda Ketahui

Bagi generasi muda saat ini, tentu kata arkais masih terdengar asing di telinga anda bukan? Bahkan anda bertanya-tanya apakah ada kata tersebut? Istilah yang satu ini sendiri memang jarang atau bahkan sudah tidak digunakan bagi masyarakat umum. Kecuali bagi mereka yang ingin mempelajari kata arkais ini sendiri. Bagi anda yang masih asing dengan istilah yang satu ini, anda bisa langsung menyimak penjelasan dibawah ini.

Pengertian kata Arkais
Pengertian kata Arkais

 

Pengertian kata Arkais

Apabila anda pernah membaca sajak atau pantun lama, tentu akan sering menemukan kata arkais ini. Menurut kamus besar bahasa Indonesia sendiri, kata arkais dapat diartikan sebagai sesuatu yang memiliki hubungan dengan masa lalu dengan ciri-ciri kuno dan tua. Bahkan bisa diartikan sebagai kata yang tidak lazim digunakan atau sudah kelewat zaman.

Kata ini sendiri berasal dari bahasa Yunani. Kata ini biasanya dimanfaatkan untuk menjadi awalan pada beberapa istilah ilmiah seperti dengan arkeologi. Kendati sudah jarang ditemukan lagi, kata arkais ini ternyata juga masih banyak dimanfaatkan didalamkarta sastra kontemporer. Beberapa pengarang seperti Guntur Alam dan Berny Arnas ternyata kerap menggunakan kata arkais pada setiap karya seni mereka.

Penggunaan kata arkais dalam karya seni ini ternyata juga mampu menghidupkan kembali kosa kata yang banyak dalam bahasa Indonesia agar semakin dikenal oleh pemuda-pemudi jaman sekarang. Sebagai contohnya, anda bisa menyimak kalimat berikut “dia berdiri bedegap seakan takut dengan apa yang ada didepannya”.

Didalam kalimat tersebut, anda akan menemukan adanya satu kata arkais yakni bedegap. Bedegap disini bisa diartikan  kuat dan tegap. Tak hanya itu saja, contoh kalimat yang menggunakan kata arkais yang lainnya adalah “lelaki yang kepalanya dipenuhi api itu ingin mengasam pemuda yang merengap tak karuan didepan hidungnya.

Ada dua kata arkais didalam kalimat tersebut yakni mengasam dan merengap dimana mengasam memiliki arti balas dendam. Sedangkan merengap mempunyai arti mengah-mengah, mengap, mengap, lelah dan lainnya.

Contoh kata arkais dan maknanya

Agar anda semakin mengetahui apa saja kata arkais yang ada didalam bahasa Indonesia, berikut ini contoh dan artinya.

  1. Ahkam : undang-undang, hukum
  2. Anju: cobaan akan melangkah, melompat, ancang-ancang
  3. Anggara: buas, liar
  4. Bad: angina
  5. Bahala: bengkak bernanah pada selangkangan
  6. Bagul: menggendong, mendukung
  7. Banang: besar pada jenisnya
  8. Balabad: atas angina, angina pegunungan, angina darat
  9. Bedegap: tegap, kuat
  10. Begu: hantu hutan
  11. Belabas: kain sutra berbenang emas
  12. Belangah: terbuka dengan lebar-lebar, ternganga dan menganga
  13. Berenggil: menonjol
  14. Cabar: hilang dayanya, tidak manjur, kurang ingatan, lalai, kurang hemat
  15. Caduk: mengangkat atau menaikkan bisa kepala hingga ujung belalai
  16. Caring: melanggar
  17. Cempelik: permainan judi dengan dua keeping mata uang yang dilempar ke atas
  18. Daduk: mengemis
  19. Damal: maju dengan perlahan
  20. Dawat: tinta
  21. Dedau: berteriak
  22. Embal: belum kering atau lembab
  23. Gerbas-gerbus: berbunyi berdesau-desau
  24. Geracak: berbunyi seperti air menggelegak
  25. Giris: ketakutan dan sangat takut
  26. Hamun: caci maki yang sangat kasar
  27. Inca-binca: kacau balau

Demikian pengertian dan contoh kata arkais yang sudah jarang digunakan masyarakat jaman sekarang. Sebenarnya masih ada contoh banyak kata arkais yang ada, namun cukup 27 kata tersebut sudah sangat bisa menjadikan contoh agar kita semua bisa paham dan mengerti dengan seksama.

Artikel Lainnya :