Kata Baku Adalah – Pengertian, Jenis dan Contohnya

Posted on

Kata Baku Adalah – Pengertian, Jenis dan Contohnya

Laelitm.com – Kata baku adalah sebuah kata yang sudah sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang telah lama ditentukan.

Pengertian Kata Baku

Jika dilihat secara sederhana pengertian dari kata baku adalah sebuah kata yang benar di dalam aturan mau pun ejaan kaidah Bahasa Indonesia yang bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau biasa disebut dengan KBBI.

Kata baku sendiri memiliki beberapa jenis, berikut ini adalah jenis jenis beserta dengan contohnya.

Jenis – Jenis Kata Baku

  1. Verba

Di dalam bahasa Indonesia terdapat dua dasar yang digunakan di dalam pembentukan kata verba yakni dasar tanpa afiks yang telah mandiri karena telah memiliki makna dan bentuk dasar yang berafiks atau turunan. Menurut bentuknya verba sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa macam seperti di bawah ini :

– Verba Dasar Bebas contohnya : “pulang, makan, mandi, minum”

– Verba Berafiks contohnya : “bernyanyi, bertaburan, ajari”

– Verba Berproses Gabungan : “terbayang – bayang, bernyanyi – nyanyi”

 

  1. Adjektiva

Merupakan kategori yang ditandai oleh kemungkinan untuk dapat bergabung dengan partkel tidak, mendampingi nomina dan didampingi oleh partikel seperti lebih, sangat, agak.

Contohnya :

Adil = sangat adil

Bagus = sangat bagus

Deras = sangat deras

Agung = sangat agung

Bahagia = sangat bahagia

Disiplin = sangat disiplin

 

  1. Nomina

Nomina merupakan kategori yang secara sintaksis tak memiliki potensi untuk bergabung dengan partikel tidak, dan memiliki potensi untuk didahului oleh partikel dari.

Contohnya :

– batu

– radio

– kertas

– kemarin

 

  1. Pronominal

Merupakan kategori yang memiliki fungsi untuk dapat menggantikan nomina, yang digantikan tersebut biasa disebut dengan antiseden.

Pemakaian Pronomina

  1. Di dalam ragam non standar, jumlah pronominal akan lebih banyak jika dibandingkan yang terdaftar, hal ini dikarenakan penggunaan non standar tergantung dari daerah penggunanya.
  2. Di dalam bahasa kuno juga terdapat pronominal contohnya seperti patih dan baginda.
  3. Semua pronominal hanya bisa mengganti nomina orang, nama orang mau pun hal hal lain yang dipersonifikasikan seperti : “ Kita telah kehabisan uang, biarlah saya bekerja untuk mencari nafkah mulai hari ini”.

 

  1. Numerelia

Yakni kategori yang menyatakan jumlah tertentu. Kategori ini sendiri dibagi menjadi beberapa macam yakni :

  1. Numerelia utama (koordinat)
  2. Numerelia tingkat
  3. Numerelia kolektif

 

  1. Adverbia

Merupakan kategori yang bisa mendampingi adhektiva, numerelia atau proposisi di dalam konstruksi sintaksis, did alam kalimat “ia sudah pulang” kata sudah adalah adverbial bukan karena mendampingi verba pulan namun karena telah memiliki potensi untuk mendampingi ajektiva. Sehingga sekalian banyak adverbial bisa mendampingi verba di dalam konstruksi sintaksis akan tetapi keberadaan verba tersebut bukan menjadi adverbia.

Adverbial sendiri tak boleh dikacaukan dengan keterangan dikarenakan adverbial adalah konsep kategori sementara keterangan adalah konsep fungsi.

Berikut ini contohnya :

Alangkah – Gus – pula

Agak – Hmpir – rada-rada

Agak-agak – Hanya – saja

Amat sangat – Harus – saling

 

  1. Kata Tugas

Kategori kata tugas ini sendiri hanya mempunyai arti gramatikan dantak emmiliki arti leksikal, arti suatu kata tugas sendiri ditentukan bukan hanya oleh kata tersebut secara lepas tapi juga oleh kaitannya, dengan kata lain di dalam frase mau pun kalimat.

Ciri – ciri dari kata tugas adalah jika hampir smeuanya tidak bisa menjadi dasar untuk dapat membentuk kata lain apabila verna “datang” maka kita bisa menurunkan kata lain seperti mendatangi, mendatangkan dan juga kedatangan.

Bentuk bentuk seperti “menyebabkan” dan juga “menyampaikan” tidak dapat diturunkan dari kata tuga “sebab” dan “sampai” akan tetapi dari nomina  “sebab” dan verba “sampai” yang memiliki bentuk sama namun dengan kategori yang berbeda. Sementara itu kelas kata tugas merupakan kelas kata tertutup.

 

Baru tahu kan, jika kata baku adalah kata yang sering digunakan di dalam kehidupan sehari hari namun kata ini pun merupakan kata yang telah benar di dalam KBBI, kaidah bahasa mau pun ejaannya. Kata baku ternyata juga memiliki jenis yang sudah dijelaskan di atas.

Artikel Lainnya :