Kata Baku dan Tidak Baku – Penjelasan Beserta Contoh Lengkapnya

Posted on

Kata Baku dan Tidak Baku – Penjelasan Beserta Contoh Lengkapnya

Laelitm.com – Pastinya kamu pernah mendengar kata baku dan tidak baku bukan, di dalam pelajaran sekolah atau aktivitas sehari – hari. Kata baku dan kata tidak baku merupakan dua hal yang berbeda akan tetapi masih banyak orang yang tidak tahu apa perbedaannya sehingga sering mengabaikan pentingnya penggunaan kedua kata ini di dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya saja di dalam pembuatan surat surat penting. Nah, untuk membahasnya lebih lanjut, mari kita lihat pengertian dari kata baku dan tidak baku di bawah ini beserta dengan contohnya.

A. Kata Baku

Pengertian

Kata baku adalah sebuah kata yang dipergunakan dan telah sesuai dengan pedoman mau pun kaidah bahasa yang telah ditentukan sebelumnya, pengertian sederhananya adalah sebuah kata yang benar did ala aturan atau pun ejaan kaidah Bahasa Indonesia dan sumber utama dari kata baku ini tidak lain dan tidak bukan adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa disingkat dengan KBBI.

Kata baku ini sendiri secara umum sangat sering digunakan untuk kalimat yang bersifat resmi baik di dalam sebuah tulisan mau pun di dalam sebuah pengungkapan kata – kata yang dilakukan secara langsung.

Jika kata baku adalah kata yang digunakan dan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang telah ditentukan sebelumnya dan suatu kata dapat disebut dengan kata tidak baku apabila kata tersebut tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia.

Suatu kata menjadi tidak baku bukan hanya dikarenakan oleh salah penulisannya saja akan tetapi bisa juga disebabkan oleh hal lain seperti pengucapan yang salam dan juga penyusunan suatu kalimat yang tidak benar.

Jika kata baku banyak digunakan di dalam acara resmi maka kata tidak baku lebih sering digunakan dalam kegiatan sehari hari yang tidak resmi.

Ciri-Ciri Kata Baku

Kata baku sendiri memiliki ciri – ciri sebagai berikut ini :

  1. Ciri ciri yang pertama dari kata baku adalah kata ini tidak dipengaruhi oleh bahada darah.
  2. Kata baku juga tidak dipengaruhi oleh bahasa asing.
  3. Kata baku menggunakan pemakaian imbuhan secara eksplisit.
  4. Kata baku juga merupakan bahasa percakapan namun biasanya digunakan dalam percakapan yang bersifat resmi.
  5. Menggunakan kontek kalimat yang sesuai.
  6. Kata baku tidak terkontaminasi dan rancu.

Contoh Kata Baku

Berikut ini adalah kata baku yang sering tidak dipahami jika kata di bawah ini merupakan kata baku yang benar. Contohnya seperti :

  • Bus
  • Objek
  • Ptaktik
  • Pasif
  • Karena
  • Foto
  • Biosfer
  • Aktif
  • November
  • Apotek
  • Negeri
  • Teknik
  • Daftar
  • Nasihat
  • Atlet

Contoh Kalimat Baku

  1. Setiap hari aku berangkat ke Sekolah dengan menggunakan bus Kopaja.
  2. Ayah menyuruh saya untuk membeli obat di apotek.
  3. Sejak kecil saya bercita – cita untuk menjadi atlet badminton.

B. Kata Tidak Baku

Pengertian

Kata tidak baku adalah kata yang digunakan dan tidak sesuai dengan pedoman mau pun kaidah bahasa yang telah ditentukan sebelumnya, kata tidak baku biasanya digunakan di saat percakapan sehari – hari atau pun yang disebut di dalam bahasa tutur.

Kesalahan pada penggunaan kata kata ini tidak semuanya disengaja karena ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan kemundulan kata tidak baku ini. Dan berikut ini adalah penyebabnya :

  1. Pengguna bahasa tidak mengetahui bentuk penulisan yang benar dari kata yang dimaksudnya.
  2. Meskipun sudah mengetahui jika kata tersebut salah atau pun tidak baku tapi banyak orang yang tak berusaha untuk memperbaiki kesalahan dalam penggunaan dari sebuah kata sehingga kata baku akan selalu ada dan kesalahan ini menjadi hal yang wajar bahkan ada beberapa kata tidak baku yang justru lebih banyak digunakan karena dianggap sebagai kata yang baku.
  3. Karena banyak orang yang tidak peduli bahkan tidak berusaha untuk membenarkan kata tidak baku yang digunakan maka akan banyak orang yang ikut terpengaruh sehingga terbiasa untuk menggunakan kata tidak baku.

Contoh Kata Tidak Baku

Berikut ini adalah beberapa contoh kata tidak baku :

  1. Praktek
  2. Bis
  3. Apotik
  4. Atlit
  5. Karna
  6. Obyek
  7. Nasehat
  8. Negri
  9. Tekhnik
  10. Nopember

Contoh Kalimat Tidak Baku

Dokter itu baru buka praktek di jam 5 sore.

 

Nah, jadi sekarang sudah tahu kan, apa saja perbedaan kata baku dan tidak baku beserta dengan contoh kata dan contoh kalimatnya.

Artikel Lainnya :