Kata Kerja Mental

Posted on

Kata Kerja Mental

Laelitm.com – Pernahkah sahabat belajar mendengar tentang kata kerja mental? Kata kerja mental sendiri merupakan salah satu jenis kata kerja yang ada di dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan pembahasan mengenai kata kerja mental mulai dari pengertian, ciri ciri hingga contoh lengkapnya.

Nah, tidak perlu menunggu lama – lama lagi, yuk kita cari tahu pengertia kata kerja mental.

Pengertian Kata Kerja Mental

Kata kerja mental sendiri juga biasa dikenal dengan sebutan verba tingkah laku yang merupakan jenis kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu respon atau pun sikap dari seseorang pada suatu tindakan, pengalaman mau pun mengenai sebuah keberadaan.

Sahabat belajar dapat mengenali kata kerja mental ini dengan mudah karena apabila dilihat secara umum, kata kerja mental ini memiliki kandungan kata kerja atau pun tidak dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara.

Cara yang pertama adalah dengan mencobanya dan cara kedua adalah dengan melakukan sebuah tes.

 

Ciri – Ciri Kata Kerja

Sama seperti jenis kata yang lainnya, kata kerja mental ini sendiri memiliki ciri ciri yang dapat sahabat belajar kenali dan bedakan dengan jenis kata kerja yang lainnya. Berikut ini adalah ciri ciri kata kerja mental yang wajib untuk diketahui oleh sahabat belajar.

  1. Kata kerja mental mempunyai arti sebagai suatu tindakan, kegiatan seperti makan, membaca dan menulis.
  2. Kata kerja mental ini memiliki makna proses contohnya seperti mengeskploitasi dan meleda.
  3. Memiliki kata kunci yang biasanya diikuti dengan nama atau menggunakan modul ( S – P – O ).
  4. Kata kunci biasanya diikuti demgan kata sifat atau pun kata keterangan, atau menggunakan bentuk S – P.
  5. Kata kunci dengan status mau pun makna staus tidak bisa ditambahkan pada awalan, contohnya kata suka.

 

10+ Contoh Kata Kerja Mental

Sudah tahu pengertian kata kerja mental, sudah tahu juga ciri ciri dan penjelasan lengkapnya, maka sekarang waktunya bagi sahabat belajar semua untuk melihat contoh kata kerja mental di bawah ini yuk. Agar dapat digunakan sebagai refrensi belajar sahabat semua.

  1. Untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2019 ini, sekolah mengadakan lomba pidato yang diikuti oleh seluruh siswa dan mengambil tema peran generasi milenial pada bangsa Indonesia.
  2. Kini, tak banyak orang yang mau melakukan gotong royong setiap pekan untuk membersihkan lingkungannya karena mereka semua terlalu sibuk bekerja sehingga lebih memilih untuk membayar orang agar membersihkan lingkungan tempat mereka tinggal sehingga sudah tidak ada lagi interaksi yang terjadi antar warga dan masyarakat.
  3. Ibu mengajarkanku untuk membuat kerajinan tangan yang cantik sehinngga membuat aku menjadi semakin terampil dan bermanfaat untuk masa mendatang karena keterampilan ini akan berguna pada masa mendatang.
  4. Dua hari yang lalu aku dan kakak ku membeli mesin cuci baru di pasar dekat kota untuk aku berikan pada ibu sebagai hadiah hari ulang tahun nya.
  5. Sejak kecil saya bercita – cita untuk menjadi guru dan dapat mengajarkan basa Indonesia di sekolah agar bisa memberikan ilmu yang berguna bagi generasi muda negeri ini.
  6. Setiap sebulan sekali Ayah pergi ke luar kota karena urusan pekerjaan dan setiap kali pulang Ayah selalu membawa buah tangan seperti baju dan makanan.
  7. Pada awal bulan ini Pemerintah secara resmi kembali menaikkan tarif dasar listrik yang baru.
  8. Berdasarkan dari seminar yang kami hadiri pekan lalu, kami sekarang mengerti bagaimana cara membuat dan menyajikan teh yang baik dan benar karena untuk menyajikan teh memang dibutuhkan teknik dan keahlian khusus untuk meraciknya dan kemudian menuangkannya ke dalam gelas baru setelah itu dihidangkan untuk tamu.
  9. Kakak menggunakan perhiasan emas yang dibelinya dengan menabung selama berbulan bulan dan kini Kakak sangat senang karena bisa membeli apa yang diinginkannya.
  10. Banyuwangi adalah kota yang indah yang dikelilingi dengan destinasi wisata yang menggoda.

 

Dari contoh kata kerja mental di atas mudah mudahan bisa memberikan ilmu pengetahuan yang baru bagi sahabat belajar ya.

Artikel Lainnya :