Kedudukan Bahasa Indonesia – Fungsi, Beserta Pengertiannya

Posted on

Kedudukan Bahasa Indonesia – Fungsi, Beserta Pengertiannya

Laelitm.com – Kita menggunakan bahasa Indonesia sejak dilahirkan dan besar dengan bahasa ini, kedudukan bahasa Indonesia ini bahkan telah tertera di dalam Sumpah Pemuda yang dikemukakan pada tanggal 28 Oktober 1928, yang membuat hari itu dikenal pula dengan hari Sumpah Pemuda.

Isi dari Sumpah Pemuda tersebut menerangkan dan juga menegaskan jika bahasa Indonesia adalah Bahasa Persatuan yang juga memiliki fungsi sebagai bahasa nasional yang menjadi identitas dan jati diri bangsa dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Fungsi Bahasa Indonesia

  1. Sebagai Alat Mengungkapkan Ekspresi Diri

Bahasa Indonesia digunakan sebagai alat untuk mengungkapkan ekspresi diri dengan mengungkapkan perasaan yang sedang dirasakan atau pun hendak ditunjukkan pada orang lain sehingga dengan penggunaan bahasa Indonesia bisa membuat orang lain mengerti apa yang kamu maksudkan.

  1. Sebagai Alat Komunikasi

Untuk melakukan sebuah komunikasi makan harus menggunakan bahasa yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, komunikasi sendiri adalah proses kelanjutan dari ekspresi diri yang akan disampaikan pada orang lain untuk mendapatkan respon balik.

  1. Sebagai Adaptasi dan Integrasi

Manusia adalah makhluk sosial yang selain berkomunikasi tapi juga dituntut untu bisa berbaur dan juga menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan yang ada di sekitar. Sehingga dengan adanya bahasa dapat mempermudah semua orang untuk berbaur dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada di sekitar atau lingkungan yang sedang didatangi. ketika mendatangi atau beradaptasi dengan lingkungan sosial tertentu seseorang dapat memilih untuk menggunakan bahasa yang sesuai dengan situasi dan juga kondisi yang tengah dihadapinya. Maka di sini lah, peran bahasa Indonesia dibutuhkan

  1. Sebagai Kontrol Sosial

Bahasa digunakan sebagai kontrol sosial, dengan begitu kehadiran bahasa bisa memberikan kontrol bagi perilaku atau tingkah laku mau pun sikap yang silakukan oleh seseorang.

Kedudukan Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah kedudukan Bahasa Indonesia dan penjelasannya :

  1. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional

Fungsi dari Bahasa Indonesia di dalam kedudukannya adalah sebagai bahasa nasional.

A.)Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Lambang kebanggaan kebangsaan

Bahasa Indonesia sesungguhnya mencerminkan nilai nilai sosial dan budaya yang mendasari rasa kebangsaan, dan atas dasar dari kebangsaan ini bahasa Indonesia harus dipelihara oleh kita semua dan juga untuk mengembangkan serta jangan lupa untuk senantiasa dibina dengan rasa bangga di dalam menggunakan bahasa Indonesia.

B.)Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Lambang Identitas Nasional

Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai identitas bagi masyarakat untuk membina serta mengembangkannya sehingga bersih dari unsur – unsur bahasa Asing karena bahasa Indonesia adalah lambing kebangaan dari Indonesia dan masyarakatnya.

C.)Bahasa Indonesia Memiliki Fungsi Sebagai Alat Perhubungan Antar Warga, Daerah dan Juga Antar Budaya.

Keberadaan Bahasa Indonesia bisa digunakan untuk alat komunikasi dalam berinteraksi atau berkomunikasi dengan masyarakat yang berada di daerah atau digunakan sebagai bahasa penghubung antar warga, daerah dan juga budaya.

D.)Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai alat untuk menyatukan berbagai suku bangsa dengan beragam latar belakang sosial budaya dan bahasanya masing – masing sehingga bisa bersatu ke dalam satu kesatuan kebangsaan Indonesia.

Dengan adanya bahasa Indonesia dapat memungkinan berbagai macam suku bangsa untuk mampu mencapai keserasian hidup sebagai bangsa yang bersatu dan tak perlu juga untuk meninggalkan identitas kesukuan serta kesetiaan kepada nilai – nilai sosial budaya dan juga latar belakang bahasa daerah.

  1. Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Negara

Bahasa Indonesia memiliki fungsi di dalam kedudukannya sebagai bahasa Negara :

A.)Bahasa Indonesia Memiliki Fungsi Sebagai Bahasa Resmi Kenegaraan

Bahasa Indonesia memiliki fungis resmi sebagai kenegaraan yang digunakan di dalam segala upacara, peristiwa, kegiatan kenegaraan baik dalam bentuk lisan mau pun bentuk tulisan.

B).Bahasa Indonesia Memiliki Fungsi Sebagai Bahasa Pengantar di Dalam Dunia Pendidikan

Bahasa Indonesia adalah bahasa pengantar yang dipergunakan di berbagai lembaga pendidikan mulai dari taman kanak – kanak hingga di perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia.

C).Berfungsi Sebagai Alat Penghubung Pada Tingkat Nasional Untuk Kepentingan Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembangunan

Bahasa Indonesia digunakan tak hanya sebagai alat komunikasi timbal balik antara pemerintah dan juga masyarakat luas, akan tetapi bahasa Indonesia juga digunakan sebagai penghubung di dalam masyarakat yang sama dengan latar belakang sosial budaya dan bahasanya.

D). Berfungsi Sebagai Alat Pengembangan Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Sebagai bahasa yang digunakan bahasa Indonesia merupakan satu satunya alat yang memungkinkan semua orang untuk membina dan mengembangkan kebudayaan nasioal sehingga mempunyai ciri – ciri dan identitas sendiri yang dapat membuatnya berbeda dengan kebudayaan dari daerah lain.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai fungsi dan penjelasan kedudukan bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :