Kosa Kata Baku dan Tidak Baku – Penjelasan Lengkapnya

Posted on

Kosa Kata Baku dan Tidak Baku – Penjelasan Lengkapnya

Kosa Kata Baku dan Tidak Baku merupakan salah satu jenis satuan yang paling kecil di dalam bahasa akan tetapi memiliki peran yang sangat penting baik dalam penggunaan dan manfaatnya. Apabila berpedoman dengan EYD maka ada dua jenis kosa kata yakni kosa kata yang baku atau benar dan kosa kata tidak baku yakni kosa kata yang salah akan tetapi sering digunakan.

Sebenarnya kata – kata yang sesuai dengan EYD telah tercantum di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang biasa dikenal dengan KBBI merupakan kata yang baku atau kata yang benar sedangkan kata yang tidak sesuai dengan kaida Bahasa Indonesia yang baik dan benar disebut dengan kata tidak baku.

Kedua jenis kata ini sendiri memiliki sifat yang tidak abadi karena merupakan ilmu yang dinamis, maka dari itu semakin berkembangnya zama maka akan muncul lagi kata kata baru yang dapat menjadi kata baku mau pun kata tidak baku. Begitu pula dengan kata baku yang lama dapat berubah menjadi kata tidak baku.

Faktor dan Penyebab Munculnya Kata Tidak Baku

Ada banyak sekali yang tidak menyadari bahwa mereka menggunakan kata yang tidak baku di dalam kegiatan sehari hari termasuk di dalam percakapan. Sehingga kata tidak baku terasa menjadi kata yang benar karena terbiasa untuk digunakan sehari hari baik dalam percakapan mau pun tulisan.

Kata tidak baku sendiri bisa muncul dikarenakan beberapa faktor, lalu apa saja sih faktor yang membuat kata tidak baku muncul? Berikut ini adalah faktor – faktornya :

  1. Banyak orang yang menggunakan bahasa tidak baku tidak ingin memperbaiki kesalahan kata kata yang digunakan dengan mencari tahu kata apa yang baku dan benar dan terus menggunakan menggunakan kata tidak baku sebagai kata yang dianggapnya benar.
  2. Banyak orang yang akhirnya terpengaruh dan terbawa arus oleh orang orang yang sering menggunakan kata tidak baku, seperti apotik, atlit, antri yang masih sering salah dalam penggunaan bahkan kata tersebut menjadi kata yang umum digunakan sehingga membuat kata tersebut seolah merupakan kata yang benar.
  3. Hingga akhirnya banyak orang yang tidak tahu menggunakan bahasa tidak baku dan menganggap bahwa penulisan kata kata yang tidak baku tersebut merupakan kata yang benar atau kata yang baku.
  4. Selanjutnya akan membuat banyak orang terbiasa menggunakan bahasa atau kata yang tidak baku di dalam kehidupan sehari – hari.
  5. Kata tidak baku juga muncul akibat perkembangan zaman dengan munculnya kata gaul hingga kata alay yang sebenarnya bertentangan dengan kaidah bahasa Indonesia.

Penggunaan Kata Baku

Kata baku ini sering disebut juga dengan kata resmi sehingga tak mengerankan jika penggunaan kata baku sering digunakan untuk kepentingan yang lebih formal seperti :

  1. Karya tulis ilmiah
  2. Pidato resmi
  3. Acara kenegaraan
  4. Pertemuan resmi
  5. Surat lamaran kerja
  6. Surat dan dokumen negara
  7. Artikel koran

 

Contoh Kata Baku dan Tidak Baku

Untuk lebih jelasnya kami juga sudah menyediakan contoh kata yang baku dan kata yang tidak baku di dalam tabel di bawah ini. Yuk, intip apa kamu masih sering salah dalam menggunakan kata baku.

Kata Tidak BakuKata Baku
AgamisAgamais
AnalisaAnalisis
AntriAntre
ApotikApotek
AstronotAstronaut
BalsemBalsam
BisBus
BolpenBolpoin
BudgetBujet
CabeCabai
CideraCedera
CoklatCokelat
DomainDomein
DramatisirDramatisasi
DzikirZikir
ExportEkspor
EmpekEmpek
FotosintesaFotosinstesi
FrustasiFrustrasi
GhoibGaib
GoaGua
HakekatHakikat
IjinIzin
IsteriIstri
JamanZaman
JendralJenderal
JusJuz
KantungKantong
KatringCatering
KomersilKomersial
LegalisirLegalisasi
LobangLubang
MabokMabuk
MaagMag
MampetMampat
MangkokMangkuk
MieMi
OmsetOmzet
PasportPaspor
PengrajinPerajin
QolbuKalbu
RamadhanRamadan
RangkingRanking
ResikoRisiko
RohRuh
RubahUbah
SambelSambal
SeksamaSaksama
SateSatai
SurveySurvei
TahtaTakhta
TapeTapai
TaubatTobat
TaxiTaksi
TentramTenteram
TolerirToleransi
UstadzUstaz
VaritasVarietas
YurisdiksiJuridiksi
Zam – ZamZamZam

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai kosa kata baku dan tidak baku yang telah kami rangkum secara lengkap di atas, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :