Kualitatif – Pengertian, Jenis, perbedaan dengan Kuantitatif

Posted on

Kualitatif – Pengertian, Jenis, perbedaan dengan Kuantitatif

Kualitatif – Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai metode penelitian kualitatif, jika sebelumnya kita telah belajar dengan memahami apa itu metode penelitian kuantitatif mulai dari penjelasan hingga jenis jenisnya maka kali ini kita akan mengulas lebih lengkap mengenai metode penelitian kuantitatif. Kira-kira apa ya, metode penelitian kuantitatif ini? Bagi anda yang ingin mengetahuinya, jangan lewatkan pembahasan kali ini karena artikel ini akan membahas lengkap mengenai metode penelitian kuantitatif mulai dari pengetian jelasnya, jenisnya hingga apa yang membedakan metode penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kualitatif. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya, simak ya!

Dalam memahami pengertian kualitatif bagi beberapa orang bisa dibilang cukup sulit terutama jika dibandingkan dengan kuantitatif. Berikut kami sudah siapkan pengertian kualitatif, jenis-jenis kualitatif, dan perbedaan kualitatif dengan kuantitatif.

Pengertian kualitatif

Pengertian Kualitatif yaitu sebuah nilai yang terkandung pada sebuah benda yang mana penilaiannya dilakukan dengan berdasarkan kualitas dan mutu yang terkandung didalamnya. Sedangkan pengertian penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan utamanya untuk memperoleh suatu wawasan topik tertentu.

Jenis-jenis penelitian kualitatif

Jika dilihat memang metode penelitian kualitatif ini sendiri tentu saja memiliki perbedaan yang cukup jelas dan terlihat apabila dibandingkan dengan metode penelitian kuantitatif yang berbasis pada perhitungan angka dan statistika, penelitian kualitatif memiliki dasar deskriptif guna memahami suatu fenomena dengan lebih mendalam. Metode penelitian kualitatif sendiri menggunakan landasan teori untuk dijadikan sebagai panduan guna memfokuskan penelitian, serta menonjolkan proses dan juga makna yang terletak di dalam fenomena tersebut.

Sesudah anda memahami pengertian kualitatif, selanjutnya akan membahas jenis-jenis penelitian kualitatif. Berikut jenis-jenis penelitian kualitatif yang digunakan pada penelitian ilmu sosial, termasuk juga dalam ilmu komunikasi:

  1. Fenomenologi

Kata fenomenologi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yang merupakan kata phainomenon dan memiliki arti sebagai penampakan diri, sementara itu logos yang berarti akal. Sehingga dalam belajar fenomenologi yakni mengkhususkan pada penelitian fenomena serta realitas yang ada untuk kemudia dikaji dan mendapatkan penjelasan yang berada di dalamnya. Pada Fenomenologi mempunyai dua makna: (1) sebagai filsafat sains dan (2) sebagai metode penelitian, yang bertujuan untuk mencari makna atau arti yang berasal dari pengalaman kehidupan.

  1. Studi Kasus

Sama seperti namanya yaitu metode penelitian studi kasus, meneliti suatu kasus atau fenomena tertentu secara mendalam yang digunakan untuk mempelajari keadaan, latar belakang, keadaan, dan interaksi yang terjadi dalam masyarakat dan dileliti secara mendalam. Pada penelitian studi kasus dilakukan untuk fenomena atau kejadian yang diteliti saja, bukan dilakukan untuk menarik kesimpulan terhadap fenomena dari suatu populasi/kumpulan tertentu. Dalam penelitian studi kasus bisa meneliti beberapa orang, tidak hanya satu. Agar mendapat data yang valid penelitian studi kasus menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumenter yang nantinya dianalisis kedalam suatu teori.

  1. Metode Historis

Metode historis yaitu penelitian yang berfokus pada peristiwa-peristiwa lampau yang sudah berlalu dan menggunakan data sumber sejarah yang masih ada. Yang dapat diperoleh dari laporan verbal, catatan sejarah, artifak, maupun orang yang masih hidup yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Metode historis ini sendiri memiliki ciri lain yakni kajian penelitian yang banyak bergantung pada data observasi orang lain yang pertama melakukan penelitian, serta tidak hanya data observasi yang dimiliki oleh peneliti itu sendiri. Sumber data yang digunakan harus bersifat akurat, objektif, sistematis, juga otentik yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya berasal dari sumber yang tepat.

  1. Metode Teori Dasar/Grounded Theor

Metode teori dasar atau Ground Theor adalah sebuah penelitian untuk menemukan suatu teori atau menguatkan teori yang sudah ada dengan mengkaji kaidah dan prinsip dasar yang ada untuk dibuat kesimpulan dasar yang akan membentuk prinsip dasar dari suatu teori itu.

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Perbedaan yang paling mendasar pada penelitian kualitatif dan kuantitatif adalah pada alur teori dan data, dimana pada kualitatif bersumber pada teori yang sudah ada dan berasal dari data lapangan yang nantinya akan muncul toeori yang berasal dari data tersebuy, sedangkan penelitian kuantitatif berasal dari teori yang sudah dibuktikan dengan menggunakan data lapangan.

Jika dilihat dari beberapa segi, penelitian kualitatif dan kuantitatif mempunyai perbedaan:

  1. Dari desain Penelitian;
  2. Dari analisis Data;
  3. Istilah Subjek Penelitian;
  4. Cara Memandang Fakta;
  5. Pengumpulan Data;
  6. Representasi Data;
  7. Implikasi Hasil Riset;
  8. Macam Metode;
  9. Tujuan Penelitian, dan
  10. Jenis Data.

 

Demikian ulasan mengenai pengertian kualitatif, jenis – jenis kualitatif hingga perbedaan kualitatif dengan kuantitatif semoga dapat membantu anda dan menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di metode pembelajaran berikutnya.

 

Artikel Lainnya: