Kurva Permintaan – Pengertian, Hukum, Contoh dan Gambarnya

Posted on

Kurva Permintaan – Pengertian, Hukum, Contoh dan Gambarnya

Laelitm.com – Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai kurva permintaan mulai dari pengertian, hukum, dan juga contoh yang akan disertai dengan gambarnya. Apa itu kurva permintaan? Mari simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Permintaan dan Penawaran

Permintaan dan penawaran merupakan dua kekuatan yang secara bersamaan menggerakkan perekonomian, akan tetapi dalam artikel kali ini kita hanya akan membahas mengeri hukum dan kurva permintaan.

Permintaan

Permintaan sendiri memiliki pengertian sebagai sejumlah barang dan jasa yang diinginkan untuk bisa dibeli oleh seseorang guna memenuhi kebutuhan mereka pada berbagai tingkat dan juga waktu tertentu.

Jenis – Jenis Permintaan

Permintan sendiri bisa dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

  1. Permintaan absolute adalah permintaan terhadap sebuah barang dan juga jasa yang secara umum disertai atau pun tidak disertai dengan kemampuan untuk membeli.
  2. Permintaan efektif merupakan permintaan terhadap barang dan juga jasa yang disertai dengan kemampuannya untuk bisa membeli.

Hukum Permintaan

Hukum permintaan adalah hukum yang menyatakan apabila harga suatu barang atau jasa mengalami penuruna maka permintaan barang atau jasa tersebut akan naik dan begitu juga sebaliknya pada saat harga suatu barang atau jasa meningkat maka jumlah barang atau jasa yang diminta pun akan ikut berkurang juga.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

Di dalam hukum permintaan dijelaskan jika harga berpengaruh terhadap jumlah mau pun barang atau jasa yang diminta. Meski pun begitu ada beberapa faktor lainnya juga yang bisa mempengaruhinya. Berikut ini merupakan faktor – faktor yang bisa mempengaruhi permintaan :

  1. Harga Barang Itu Sendiri

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika hukum permintaan, harga barang mau pun jasa itu sendiri yang dapat berpengaruh terhadap jumlah yang diminta.

  1. Pendapatan Masyarakat

Peningkatan pendapatan akan dapat meningkatkan jumlah barang mau pun jasa yang dimininta dan hal ini akan terjadi pada barang normal, akan tetapi pada barang inferior contohnya seperti nasi jagung, peningkatan pendapatan justru dapat mengurangi jumlah barang atau pun jasa yang diminta.

  1. Intensitas Kebutuhan

Apabila semakin penting barang atau pun jasa dalam memenuhi kebutuhan seseorang maka jumlah permintaannya pun akan semakin meningkat, contohnya seperti permintaan payung pada saat musim penghujan datang akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan musim kemarau, begitu pula sebaliknya ketika musim kemarau tiba maka permintaan es batu meningkat jika dibandingkan musim penghujan.

  1. Jumlah Penduduk

Apabila semakin besar jumlah penduduk pada suatu Negara maka akan semakin besar pula permintaannya terjadap barang mau pun jasa.

  1. Selera

Peningkatan selera yang terjadi pada suatu jenis barang mau pun jasa akan dapat meningkatkan permintaan terhadap barang mau pun jasa tersebut jika dibandingkan dengan jenis barang atau jasa yang lainnya, contohnya seperti permintaan terhadap beberapa benda yang berhubungan dengan boyband Korea meningkat karena akhir – akhir ini banyak sekali remaja Indonesia yang menggandrungi artis – artis Korea terumata K-Pop.

  1. Barang Pengganti

Pada saat harga dari sebuah barang meningkat maka masyarakat akan mencari barang pengganti yang membuat ketersediaan barang pengganti menjadi mempengaruhi jumlah dari barang atau pun jasa yang diminta. Contohnya ketika harga susu sapi menjadi lebih mahal maka masyarakat akan berusaha mencari penggantinya seperti susu kedelai yang dianggap merupakan barang substitusi dari susu sapi akan mengalihkan pembeliaannya ke susu kedelai sehingga hal ini akan membuat permintaan dari susu kedelai meningkat.

Kurva Permintaan

Kurva permintaan merupakan kurva yang menggambarkan fungsi antara harga dan juga jumlah barang yang diminta. Perubahan pada harga barang tersebut akan menjadi penyebab pergeseran sepanjang kurva permintaan, coba lihat pada gambar A. Sedangkan perubahan pada faktor – faktor lain yang akan menjadi penyebab dari pergeseran kurva, silahkan lihat pada gambar B.

Gambar A

Penjelasan : pergerakan dari A ke B disebabkan karena penurunan harga yang menjadi penyebab dari kuantitas meningkat.

Gambar B

Penjelasan : peningkatan selera ini akan berakibat pada pergeseran kurva ke kanan atas sehingga dengan kuantitas yang sama seseorang akan bisa membayar dengan jumlah yang lebih tinggi untuk sebuah barang mau pun jasa yang diminta.

Contoh Soal

Di bawah ini yang bukan merupakan ciri dari penawaran adalah :

a. Meningkat ketika harga barang atau jasa tersebut meningkat

b. Menurun ketika harga barang atau jasa tersebut menurun

c. Dipengaruhi selera

d. Dipengaruhi teknologi

e. Dipengaruhi harapan akan harga di masa mendatang

Jawaban :

Dari contoh soal di atas dapat ditentukan jika jawaban yang benar adalah c, dipengaruhi oleh selera karena selera dapat mempengaruhi permintaan konsumen akan tetapi tidak mempengaruhi penawaran produsen.

Artikel Lainnya: