Macam – Macam Bangun Ruang – Penjelasan dan Rumusnya

Posted on

Macam – Macam Bangun Ruang – Penjelasan dan Rumusnya

Macam – Macam Bangun Ruang – bangun ruang merupakan bangun matematika yang mempunyai volume atau pun sisi yang juga sering disebut dengan bangun tiga dimensi karena bangun ruang memiliki tiga buah komponen utama yakni mempunyai sisi, titik sudut dan kemudian rusuk. Sisi adalah bidang yang terdapat pada bangun ruang yang menjadi batas di antara bangun ruang dengan ruangan yang terdapat di sekitarnya. Sementara rusuk merupakan pertemuan dua sisi yang merupakan ruas garis yang terdapat pada bangun ruang, dan titik sudut adalah titik hasil dari pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih.

Bangun ruang sendiri selalu kita pelajari sejak masih duduk di bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi karena materi ini sering sekali dibahas bahkan dimasukkan ke dalam soal ujian.

Tahu kah, anda jika bangun ruang sendiri terdiri atas beberapa jenis, yang macam – macam jenis bangun datar dan penjelasannya bisa anda lihat di bawah ini :

Macam – Macam Bangun Ruang

Berikut ini merupakan beberapa macam bangun ruang yang akan dijelaskan dalam artikel ini, yang meliputi penjelasan serta rumusnya lengkap bagi anda. Nah, simak sampai habis ulasan di bawah ini ya!

1.Balok

Balok adalah bangun ruang yang mempunyai 3 dimensi yang dibentuk oleh 6 buah persegi panjang yang semuanya saling tegak lurus, contohnya seoerti jika anda melihat lemari yang ada di rumah anda merupakan salah satu contoh dari bangun ruang balok yang bisa anda temukan dengan mudah di sekitar anda. Berikut ini adalah rumus

Rumus Luas Permukaan Balok

L = 2 ( p.l + p.t + l.t )

Rumus Volume Balok

V = P.l.t

Keliling Balok

K = 4 ( p + l + t )

 

2.Kubus

Kubus adalah salah satu bangun ruang yang mempunyai panjang rusuk yang sama atau bangun yang mempunyai enam buah sisi yang sama dan juga sebangun, kubus juga termasuk ke dalam bangun ruang tiga dimensi. Berikut ini adalah rumus bangun ruang kubus :

Rumus Diagonal Sisi Kubus

Ds = s√2

Rumus Diagonal Ruang Kubus

Dr = s√3

Rumus Volume Kubus

Volume Kubus = s x s x s atau V = S³

 

3.Limas

Bangun ruang yang berikutnya adalah limas yang memiliki alas segi dengan sisi sisi tegak yang memiliki bentuk segitiga dengan satu sisi, dua rusuk dan satu titik sudut. Berikut ini adalah rumusnya.

Rumus Luas

1/2 x a x t

Rumus Permukaan Limas

alas + jumlah seluruh sisi tegak

Rumus Volume Limas

V= 1/3 x ( 1/2 x Panjang X Lebar ) X Tinggi

 

4.Prisma Segitiga

Berikutnya adalah prisma segitiga yang termasuk ke dalam bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai alas serta atap dengan bentuk segitiga yang memiliki ukuran sama. Berikut ini adalah rumusnya :

Rumus Luas Prisma

2 x Luas Alas + Luas Selimut (Selubung)

Rumus Volume Prisma

V = Luas Alas x Tinggi

 

5.Kerucut

Kerucut memiliki bentuk lingkaran dengan selimut yang mempunyai irisan dari lingkaran. Berikut ini adalah rumusnya :

Rumus Volume Kerucut

Rumus Luas Alas Kerucut

L = π.r²

Rumus Luas Permukaan Kerucut

L = π.r² + π.r.s

L = πr. (r + s)

Rumus  Luas Selimut Kerucut

L = π.r.s

 

6.Tabung

Tabung sendiri dibatasi sisi lengkung dengan menggunakan dua buah lingkaran dan merupakan bangun ruang tiga dimensi yang memiliki tutup serta alas yang memiliki bentuk lingkaran dengan ukuran yang sama, sementara pada bagain selimutnya mempunyai bentuk persegi panjang. Berikut ini rumua tabung :

Rumus Volume Tabung

Π . r² . t

Rumus Luas Permukaan Tabung

2.πr² + 2πr . t

 

7.Bola

Bola adalah salah satu bangun ruang yang permukaannya mempunyai jarak yang sama dengan titik pusat dan bola tersebut adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sisi lengkung sehingga untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat rumus bola di bawah ini :

Rumus Luas Bola

L = 4.π.r²

Rumus Volume Bola

V = 4/3.π.r³

Demikian penjelasan kali ini mengenai macam macam bangun ruang yang ada, semoga bermanfaat bagi anda semua. Sampai jumpa pada penjelasan berikutnya.

Artikel Lainnya :