Majas Antiklimaks – Contoh Kalimat Mengandung Majas Antiklimaks

Posted on

Majas Antiklimaks – Contoh Kalimat Mengandung Majas Antiklimaks

Laelitm.com – Setelah membahas mengenai materi tentang majas sarkasme, kali ini kita akan membahas mengenai majas antiklimaks. Majas ini memang tak terlalu populer jika dibandingkan dengan majas yang lainnya, seperti majas personifikasi, majas metafora atau pun majas hiperbola yang sangat populer karena majas tersebut sering sekali digunaka  baik di dalam karya sastra mau pun di dalam kehidupan sehari – hari.

Majas sendiri merupakan gaya bahasa yang sengaja dipilih untuk memperindah sebuah karya sastra, namun dalam prakteknya majas juga biasa digunakan di dalam kehidupan sehari – hari pada saat berkomunikasi. Maka majas menjadi salah satu materi yang paling sering dibahas di bangku sekolah.

Seperti yang sudah dijanjikan di atas, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai majas antiklimaks. Lalu apa sih, majas antiklimaks ini?

Pengertian Majas Antiklimaks

Majas antiklimaks adalah suatu majas yang menggunakan berutan urutan gagasan yang berjenjang turun dan semakin menurun intensitasnya, majas ini sendiri merupakan kebalikan dari majas klimaks yang menggunakan kata – kata yang urutannya dari yang paling ke rendah ke yang paling tinggi. Sehingga majas antiklimaks bisa dilihat dari ciri – ciri kata yang – kata yang digunakan urutanya dari yang paling tinggi ke yang paling rendah, urutannya seperti 3 – 2 – 1.

Meski memiliki urutan kata – kata yang berbeda, majas antiklimaks dan klimaks masih memiliki persamaan, persamaannya yakni kedua majas ini sama sama termasuk dalam majas penegasan.

Berikut ini kami telah menyediakan contoh kalimat majas antiklimaks, simak di bawah ini untuk lebih mengetahui lebih banyak mengenai majas ini.

Contoh Kalimat Yang Mengandung Majas Antiklimaks

  1. Keluarga Pak Darma merupakan fans berat sepak bola, mulai dari bapaknya, kakaknya hingga anak bungsunya yang masih berusia 10 tahun merupakan fans berat dari Club Sepak Bola asal Inggris Arsenal.
  2. Semua karyawan di perusahaan ini mulai dari direktur, manager, staff hingga karyawan yang masih magang wajib mengikuti acara liburan ke Pulau Dewata yang telah diatur oleh perusahaan.
  3. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, mulai dari pemerintah hingga rakyat biasa harus saling bahu membahu sebelum lingkungan di Negara ini menjadi rusak akibat sampah.
  4. Film tersebut memenangkan piala Citra 2019 karena selain jalan caeita yang bagus, film tersebut juga dimainkan oleh deretan pemain film terkenal Indonesia mulai dari aktor senior hingga aktor pendatang baru yang sedang naik daun.
  5. Konser Blackpink di Indonesia dipastikan akan sangat meriah melihat tiket konsernya mulai dari VVIP, VIP hingga festival sudah habis terjual hanya dalam waktu beberapa jam saja.
  6. Upacara bendera di alun alun kota dihadiri oleh Jendral, Letjen, Mayjen hingga Brigjen yang hadir untuk memperingati hari jadi TNI.
  7. Harga BBM yang naik lagi membuat semua golongan masyarakat mulai dari kalangan atas, menengah hingga bawah mengeluh karena harga harga lainnya ikut naik.
  8. Toko ini menjual semua peralatan dan perlengkapan musik lenkap mulai dari harga yang paling mahal yakni jutaan rupiah, hingga yang paling murah yakni hanya ratusan ribu rupiah.
  9. Pekan ini diadakan pentas seni yang wajib diikuti oleh seluruh siswa dari sekolah menengah atas, menengah bawah hingga sekolah dasar.
  10. Kebun binatang ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di kota ini, pengunjungnya pun bervariatif mulai dari kalangan umum hingga pelajar menengah bawah dan menengah atas.
  11. Warung makan ini telah buka sejak puluhan tahun lalu, pelanggannya pun berasal dari banyak kalangan mulai dari pekerja kantoran, mahasiswa hingga pelajar yang suka makan siang di sana karena selain rasanya enak harganya juga murah.
  12. Rapat untuk memperingati tujuh belasan akan diadakan malam ini, semua wajib hadir mulai dari ketua RW, Ketua RT hingga tokoh pemuda di desa ini.
  13. Menjelang malam pergantian tahun semua orang berteriak untuk menhitung mundur mulai dari sepuluh hingga satu untuk menandai datangnya tahun baru.

 

Cukup mudah kan, membuat kalimat yang mengandung majas antiklimaks, selain itu majas ini juga secara tidak langsung sering sekali ditemukan di dalam kehidupan sehari – hari hanya saja mungkin anda tidak menyadarinya karena belum mengetahui mengenai majas antiklimaks ini.

Artikel Lainnya :