Majas Klimaks – Penjelasan Dan Contohnya

Posted on

Majas Klimaks – Penjelasan Dan Contohnya

Laelitm.com – Majas Klimaks mulai dari pengertian, penjelasan hingga contoh kalimatnya akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai majas antiklimaks maka kali ini kita akan membahas mengenai majas klimaks yang merupakan kebalikan dari majas antiklimaks. Ya, kedua majas ini memang memiliki persamaan dan perbedaan yang begitu jelas terlihat.

Persamaan dari kedua majas ini adalah majas klimaks dan majas antiklimaks sama–sama dalam majas penegasan bersama majas repetisi yang juga baru saja kita bahas pada artikel sebelumnya.

Sedangkan perbedaan majas klimaks dan anti klimaks terletak pada penggunaan katanya. Dimana majas klimaks merupakan majas yang menggunakan kata berurutan dari tingkat yang lebih tinggi ke tingkat yang lebih rendah, sementara majas antiklimaks menggunakan kata–kata dari tingkatan paling tinggi ke yang lebih rendah.

Itulah perbedaan dan persamaan majas klimaks dan antiklimak, lalu apa sih majas klimaks ini? Bertikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

 

Pengertian Klimat

Majas klimak merupakan suatu gaya bahasa yang secara umum menggunakan kata untuk menyatakan suatu hal secara runtut dan berurutan dari dari tingkat yang paling rendah ke tingkat yang paling tinggi hingga bisa mencapai makna memuncak.

Tingkatan ini disebut dengan hirarki yakni dari tingkatan yang lebih rendah menuju ke tingkatan yang lebih tinggi dan terus makin tinggi.

Majas sendiri memang merupakan gaya bahasa atau pemilihan kata yang biasa digunakan di dalam sebuah karya karena tujuan dari penggunaan majas adalah untuk memperindah suatu karya sastra yang sifatnya dramatik dan bahkan terkesan melebih – lebihkan dari makna sebenarnya.

Akan tetapi tak semua majas hanya bisa digunakan di dalam karya sastra karena ada majas yang biasa dan lazim digunakan untuk percakapan sehari–hari.

Salah satu contohnya ya seperti majas klimaks ini yang akan dengan mudah anda temukan di dalam percakapan sehari–hari atau sebenarnya anda sering menggunakan majas klimaks ini akan tetapi anda tidak menyadarinya.

 

Penjelasan Majas Klimaks

Contoh : Setiap hari jalanan ini selalu saja macet yang disebabkan oleh pengendara sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang memenuhi jalan ini sehingga membuat arus lalu lintas semakin padat dan macet.

Artinya : Penjelasan pada contoh kalimat yang ada di atas menggunakan majas klimaks bisa dilihat dari urutan yang ditunjukkan oleh kalimat tersebut yang menggunakan kalimat “pengendara motor, mobil, bus hingga truk”. Pernyataan runtun ini menunjukkan dari kendaraan yang paling kecil hingga yang paling besar.

Agar lebih jelas lagi kami juga telah menyediakan contoh kalimat yang mengandung majas klimaks bagi anda di bawah :

 

20+ Contoh Kalimat yang Mengandung Majas Klimaks

1.) Ayo ikuti lomba menyanyi yang dibuka secara umum bagi semua kalangan baik yang muda hingga yang tua boleh ikut dalam lomba ini.

2.) Mulai dari kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas ingin pemerintah segera memperbaiki krisis ekonomi yang terjadi agar harga bahan pokok tidak semakin melonjak tinggi.

3.) Pada pemilihan umum kali ini rakyat akan memilih pemimpin desa, kota, gubernur, DPR, MPR dan presiden mereka pada hari yang sama.

4.) Bayi ini sangat sehat perkembangannya telah melewati masa tengkurap, merangkap, duduk dan berdiri hingga berusaha untuk berjalan semua sudah bisa dia lakukan.

5.) Toko itu sedang memberikan diskon besar–besaran mulai dari 5%, 10%, 25% hingga 50%.

6.) Seorang Ayah pasti inginkan anaknya untuk menjadi anak yang mulia bagi orang tua, bangsa dan agama.

7.) Kepala desa mengundang pengurus organisasi pemuda, Ketua RT hingga Ketua RW untuk hadiri rapat acara 17 Agutusan di desa mereka.

8.) Semua orang sedang larut dengan pertunjukkan yang mereka saksikan, semua kalangan mulai dari anak–anak, remaja, dewasa hingga orang tua sangat mengagumi pertunjukkan seni tari yang dilakukan oleh pemuda desa mereka.

9.) Pada upacara kali ini dibuka dengan pidato dari Ketua RT, Ketua RW hingga Kepala Desa yang satu persatu menyampaikan pesan untuk semakin mempererat tali persaudaraan di tengah–tengah banyaknya isu mengenai perselisihan seperti sekarang ini.

10.) Ajang pencarian bakat teater itu diikuti oleh semua kalangan dari yang muda sampai yang tua.

11.) Baik kalangan bawah, menengah, bahkan kalangan atas mengeluhkan atas kenaikan yang terjadi pada harga kebutuhan pokok rumah tangga.

12.) Manusia mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan semasa hidupnya mulai dari kandungan, bayi, anak–anak, remaja, dewasa, hingga usia lanjut.

13.) Ramai sekali tempat rekreasi ini, sampai tempat parkir sudah dipenuhi oleh banyak kendaraan sejak siang mulai dari sepeda, motor, mobil, hingga bus.

14.) Toko murah menjual barang–barang yang dibanderol dengan harga yang sangat murah dari ribuan, puluhan, ratusan, dan jutaan, sehingga banyak macam pilihan yang dapat kamu beli di sana.

15.) Untuk memajukan perekonimian Indonesia, kita membutuhkan peran petanim buruh, karyawan hingga pengusaha mikro untuk menggerakkan roda ekonomi.

16.) Harapan setiap orang tua terhadap anaknya sungguh mulia, orang tua ingin agar anak–anaknya menjadi anak yang berguna bagi keluarga, nusa, dan bangsa.

17.) Para kepala keluarga, ketua RT, ketua RW, dikumpulkan oleh kepala desa untuk membahas keamanan desa yang akhir–akhir ini membuat onar.

18.) Organisme multiseluler ini tersusun mulai dari sel, jaringan, organ, hingga sistem organnya.

19.) Manusia mempunya warna kulit yang beragam mulai dari putih, kuning langsat, kecoklatan hingga hitam yang dipengaruhi oleh melamin di dalam kulit manusia.

20.) Ukuran baju yang kami miliki ukuran yang lengkap mulai dari S, M, L, XL, hingga XXL.

21.) Dari buku kita bisa mendapatkan ilmu dengan cara membaca, memahami lalu menerapkannya di kehidupan kita setiap hari.

22.) Kupu-kupu adalah salah satu hewan yang mengalami proses metamorfosa lengkap mulai dari telur, ulat, kepompong hingga kupu-kupu dewasa.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai majas klimaks mulai dari pengertian, penjelasan hingga contoh kalimatnya, selamat belajar ya!

 

Artikel Lainnya :