Majas Sarkasme Beserta Contoh Dalam Kalimat

Posted on

Majas Sarkasme Beserta Contoh Dalam Kalimat

Laelitm.com – Kita sudah sering sekali membahas mengenai materi majas, mulai dari pengertian majas hingga jenis – jenisnya. Majas sendiri sering sekali kita temukan di kehidupan sehari – hari baik secara langsung mau pun di dalam sebuah karya sastra. Ya, majas memang merupakan salah satu unsur yang wajib ada di sebuah karya sastra seperti novel, cerpen, puisi bahkan lirik lagu banyak sekali menggunakan majas yang bertujuan untuk memberikan keindahan bagi karya sastra tersebut sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat tersampaikan dengan dramatik dan indah serta dapat menyentuh perasaan pembacanya.

Majas sendiri memang menjadi materi yang sangat umum dibahas di sekolah sehingga anda pasti akan menemukan materi ini diajarkan di dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Majas memiliki banyak sekali jenis, untuk kali ini kita akan membahas salah satu majas secara detail yakni majas sarkasme.

Majas sarkasme termasuk ke dalam majas sindiran, meski majas ini sering sekali ditemukan di kehidupan sehari – hari tak hanya di dalam karya sastra saja, namun masih banyak yang tidak bisa membedakan antara majas sarkasme dan majas satire. Maka dari itu kita akan memberikan ulasan lengkap mengenai majas sarkasme. Simak di bawah ini penjelasannya.

Pengertian Majas Sarkasme

Jika berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sarkasme sendiri adalah suatu penggunaan kata – kata kasar atau pedas yang memang digunakan dengan tujuan untuk melukai hati orang lain. Majas ini juga bisa disebut dengan cemoohan dan ejekan.

Sementara menurut seorang sastrawan yang cukup terkenal yang berasal dari Rusia bernama Fyodor Dostoyevsky secara jelas mengungkapkan jika sarkasme ini adalah pelarian terakhir yang dilakukan orang – orang berjiwa sahaja dan murni pada saat rasa pribadi dan jiwa mereka secara kasar terluka maka mereka akan terpaksa untuk menggunakannya.

Karena majas sarkasme adalah majas atau gaya bahasa yang secara umum digunakan untuk menyinggung serta menyindir seseorang atau pun sesuatu secara langsung tanpa menggunakan kata kiasan yang bisanya menjadi ciri – ciri dari majas. Maka tak jarang jika dalam majas ini menggunaka kata binatang bukannya menggunakan kata yang berlawanan untuk menyampaikannya.

Contoh Kalimat

Agar lebih jelas lagi, kita juga telah menyiapkan contoh majas sarkasme dalam beberapa kalimat agar anda semakin mengerti mengenai majas sarkasme.

Berikut ini contoh kalimat yang mengandung majas sarkasme :

  1. Mengerjakan pekerjaan mudah seperti ini saja tidak bisa, lalu apa yang kau bisa selain menghabiskan waktu dan bermalas – malasan, dasar otak udang.
  2. Keahlian tidak punya, harta pun tak punya. Yang kau bisa hanya bermimpi di siang bolong.
  3. Aku merasa sangat sedih dan kecewa, sahabat yang sudah ku anggap bagai saudara sendiri justru mengkhianatiku dan bahkan menganggapku sebagai musush bebuyutan.
  4. Wajah pas pasan, dompet tipis, banyak gaya tapi suka menggoda wanita dasar playboy kelas teri.
  5. Memang tak tahu terima kasih, sudah diberi tumpangan untuk tinggal tapi malah mencuri.
  6. Anak itu tidak memiliki sopan satun, seperti tidak memiliki orang tua.
  7. Aku sangat tidak betah tinggal di lingkungan kumuh yang penuh dengan sampah dan maling yang berkeliaran siang malam.
  8. Lidah ku menjadi mati rasa karena mencicipi masakanmu yang tidak enak ini.
  9. Kapan kamu akan mulai belajar dari kesalahan dan bersikap dewasa serta tidak melakukan perbuatan tercela lagi yang akan membuat malu orang tua mu.
  10. Dasar laki laki tidak bertanggung jawab, kerjanya hanya bermalas malasan dan menghabiskan uang hasil kerja keras istrinya.
  11. Ada banayk sekali wanita di dunia ini kenapa kamu malah memilih wanita jalang itu untuk menjadi kekasihmu.
  12. Sadarlah dan mulai mencari pekerjaan jangan hanya menggantungkan hidup dari orang tua mu dasar anak tak berguna.
  13. Sudah bodoh suka melawan orang tua, menyesal sekali orang tua mu memiliki anak seperti ini.

 

Nah, itu dia contoh kalimat yang mengandung majas sarkasme. Coba sekarang aanda membuat kalimat yang mengandung majas sarkasme sendiri. Semoga bermanfaat ya, dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :